New Honda HR-V 2018: Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Membelinya

New Honda HR-V 2018: Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Membelinya
Gambar
Review Pengguna

Posisi Honda HR-V masih kuat di klasemen Low SUV dan crossover. Penjualannya selalu tinggi dan menjadi salah satu favorit di segmen yang sedang berkembang ini. Versi facelift diluncurkan untuk kembali menguasai kelasnya. Hal itu terbukti dari data pemesanan yang mencapai ribuan, selepas peluncuran di GIIAS 2018 lalu.

Tentu saja New Honda HR-V 2018 membawa pembaruan agar konsumennya tidak kabur ke merek lain. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil ini, simak dulu 5 hal agar lebih meyakinkan Anda.

Apa yang Baru?

Sayangnya tidak banyak. Perubahan desain paling banyak terjadi di bagian wajah. Grille baru tampak lebih besar dan gagah, ditambah desain bemper yang berubah sampai rumah fog lamp. Fitur andalan di eksterior ada di penggunaan lampu Full LED di head lamp dan juga fog lamp. Tapi hanya untuk HR-V tipe 1.5L E Special Edition dan 1.8L Prestige. Tipe lain pakai lampu utama halogen dengan model proyektor.

Selain itu, desain pelek turut berubah. Tipe E sampai Prestige tampak kekinian dari rancangan pelek berwarna two-tone. Paling berbeda tipe S sebagai varian termurah. Desain bergaya propeler justru terlihat keren dan sama seperti HR-V spesifikasi Eropa. Tambahan lain, antena berganti model shark finn dan ada garnish krom di pintu bagasi.

Interior tak luput dapat penyegaran walau tidak ada desain yang berubah. Kabin HR-V tipe S dan E kini didominasi warna hitam. Jok tipe E mengombinasikan kulit dan kain. Sedangkan Special Edition sudah kulit semuanya, sampai membalut setir dan tuas transmisi. Khusus Prestige, berpadu dengan warna Ivory untuk dasbor, konsol tengah sampai door trim. Perubahan di kursi baris kedua, adanya tambahan head rest di tengah dan sabuk pengaman tiga titik.

Varian dan Harga

Varian utama tetap ada 3: tipe 1.5L S, 1.5L E dan 1.8L Prestige. Paling rendah tipe S, menggantikan tipe A yang sudah dihentikan. Pilihan mesin pun masih ada dua untuk menjangkau pasar lebih luas. Ada satu tambahan yakni 1.5L E Special Edition, yang mengisi celah antara tipe E dan Prestige. Perbedaan dengan tipe E biasa, ada di kelengkapan fitur yang mengambil beberapa dari Prestige.

Kenaikan harganya berkisar Rp 1,5 juta sampai Rp 12 jutaan. Paling murah HR-V 1.5L S M/T Rp 279,5 juta dan CVT Rp 289,5 juta. Tipe E sebagai varian terlaris dibanderol Rp 312,5 juta. Special Edition seharga Rp 329,5 juta dan termahal 1.8L Prestige Rp 395 juta. Belum ada kelanjutan edisi Mugen seperti di model sebelumnya.

Harga HR-V memang bervariatif dengan perbedaan harga sampai Rp 100 juta antara paling murah dan mahal. Ini dikarenakan Honda ingin menggapai target pasar lebih luas lewat dua pilihan mesin. Varian 1.5L masuk dalam persaingan melawan Chevrolet Trax dan Suzuki SX4 S-Cross. Sementara HR-V 1.8L, cocok bersanding bersama Mazda CX-3 dan Toyota C-HR.

Fitur Dasar sudah Komplet

Honda sama sekali tidak pelit memberi fitur untuk HR-V. Varian termurah (1.5L S), sudah dilengkapi fitur keselamatan seabrek: ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal dan Brake Override System. Rem parkirnya saja sudah model elektrik (Electronic Parking Brake) plus ada Auto Brake Hold. Namun airbag hanya ada 2, sama seperti tipe E.

Varian tengah (E dan E Special Edition) makin lengkap lagi. Menyalakan mesin menggunakan tombol (keyless ignition), ditambah paddle shift dan punya cruise control untuk sensasi berkendara lebih menyenangkan. Tombol AC Smart Touch begitu futuristik, layaknya tombol-tombol fungsi pesawat USS Enterprise di film Star Trek. Head unit monitornya pun sebesar 8-inci, yang dibuat bergaya mengambang.

Tipe Prestige tentunya semakin lengkap dari E. Selain lampu LED yang juga dimiliki Special Edition, jumlah airbag Prestige ada 6 buah dan terbentang Panoramic Roof di plafon. Beda harga yang sangat jauh, jelas karena ditopang mesin lebih bertenaga.

Crossover dengan Kabin Paling Lapang dan Praktis

Jika Anda butuh crossover dengan kabin nyaman dan lapang, HR-V menawarkan paling luas. Penumpang belakang disediakan ruang kaki dan kepala ekstra-lega. Ditambah lagi kepraktisan pengaturan kursi yang sama persis dengan Honda Jazz. Perlu ruang bagasi lebih besar, tinggal melipat sandaran jok yang rata lantai dan langsung tersedia area lapang dan datar. Pembagian 60:40 bisa disesuaikan kebutuhan antara membawa barang dan juga penumpang. Dudukan jok juga mampu dilipat ke atas atau juga dikenal sebagai mekanisme Ultra Seat.

Rasa Berkendara Tak Berubah

Tidak adanya perubahan teknis di HR-V terbaru, membuat rasanya masih sama saja. Impresi berkendara HR-V mirip Jazz karena memakai platform sama. Mesin dan transmisinya pun identik. Hanya ground clearance lebih tinggi yang membuat HR-V tidak sestabil Jazz. Karakter utama tetap sporty bawaan DNA Honda. Mobil ini enak diajak ngebut dan meliuk-liuk di tikungan. Imbas negatifnya, kenyamanan tidak seberapa. Soal ini, masih kalah dari Chevrolet Trax maupun Mazda CX-3. (Odi/Van)

Baca Juga: Honda HR-V 2019 Pakai Mesin Turbo

Jelajahi Honda HRV

Honda HRV Rp 301,6 - Rp 420,8 Juta Cicilan : Rp 6,88 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store