Euro NCAP Umumkan Deretan Mobil Teraman 2015

Euro NCAP Umumkan Deretan Mobil Teraman 2015

Jakarta: Tugas para produsen otomotif di pasar Eropa tidak hanya melulu mengembangkan mobil dengan teknologi mesin baru yang ramah lingkungan dan fitur yang modern namun perlu juga memikirkan aspek keselamatan dalam berkendara. Sebuah lembaga penguji keselamatan berkendara di Benua Biru yang dikenal dengan European New Car Assesment Programme atau disingkat Euro NCAP telah mengumumkan mobil-mobil dengan tingkat keselamatan terbaik tahun 2015 di tiap kelasnya.

Badan independen ini juga menggunakan metode baru dalam hal uji tabrak secara frontal, yang mempengaruhi bentuk dan pemasangan pretensioner dan load limiter seat belt bagian belakang. Kemunculan teknologi rem otomatis juga mempengaruhi penilaian rating, seperti yang ditunjukan oleh Volvo.

Euro NCAP membagi penilaian berdasarkan kelas mobilnya, dan yang menarik, peraih gelar mobil teraman ini, tidak hanya dari produsen asal Eropa melainkan dari Amerika dan Jepang. Siapa sajakah mobil teraman 2015 tersebut?

Volvo XC90

XC90 tampak depan

Brand asal Swedia ini berhasil mengalahkan Audi Q7 dan Lexus RX dalam memperebutkan gelar Large-Offroad teraman di Eropa. Prestasi dari unit test Volvo XC90 D5 dengan kapasitas 7-seater ini menorehkan nilai perlindungan penumpang dewasa sebesar 97%, perlindungan anak kecil 87% atau terpaut 1% dibawah SUV asal Jerman Audi Q7, perlindungan ke pejalan kaki 72% dan dilengkapi 100% peranti pendukung keselamatan berkendara. Large-SUV ini juga meraih 5 bintang.

Mercedes-Benz GLC

Merccedes GLC tampak depan

Produsen otomotif Jerman yang satu ini tidak main-main untuk urusan keamanan, terlebih lagi pesaing terdekatnya merupakan rekan se-negaranya. GLC berhasil mengungguli BMW X1 sebagai Small-Offroad teraman di Eropa dengan catatan angka perlindungan penumpang dewasa 95%, perlindungan anak kecil 89%, perlindungan ke pejalan kaki 82% dan hanya dilengkapi 71% peranti pendukung keselamatan berkendara atau 6% dibawah X1. Untuk perolehan bintang, SUV mercedes 5-seater ini diganjar dengan bintang 5.

Jaguar XE

Jaguar XE paling aman

Setelah Swedia dan Jerman, kini giliran merek dari Britania yang unjuk gigi. Di posisi Large Family Car teraman versi EURO NCAP, Jaguar XE berhasil menduduki posisi tertinggi menyisihkan Toyota Avensis dan Audi A4. Adapun prestasi keselamatan sedan berlambang Jaguar ini ialah perlindungan penumpang dewasa 92%, perlindungan anak kecil 82% atau lebih rendah 3% dari yang didapat Avensis, perlindungan ke pejalan kaki 81% dan didukung 82% peranti pendukung keselamatan berkendara serta memperoleh 5 bintang.

Infiniti Q30

Infiniti Q30 tampak depan

Brand premium dari Nissan ini menyabet penghargaan sebagai Small Family Car teraman di benua Eropa, setelah berkompetisi dengan Renault Megane dan Opel/Vauxhall Astra. Premium compact hatchback Infiniti ini mendapatkan hasil raport NCAP sebagai berikut nilai perlindungan penumpang dewasa sebesar 84% atau kalah 4% dari Megane, perlindungan anak kecil 86%, perlindungan ke pejalan kaki 91% dan dilengkapi 81% peranti pendukung keselamatan berkendara. Untuk masalah bintang, Infiniti Q30 diberikan bintang 5.

Honda Jazz

Jazz 2015 teraman versi Euro NCAP

Pertarungan sengit terjadi di segmen Supermini teraman 2015 dikarenakan terdapat dua kontestan dengan perolehan rating Euro NCAP hampir seimbang yakni Honda Jazz dan Suzuki Vitara. Akan tetapi duel samurai ini dimenangkan oleh Jazz dengan catatan angka perlindungan penumpang dewasa 93%, perlindungan anak kecil 85%, perlindungan ke pejalan kaki 73% atau 3% tertinggal dari Vitara dan hanya dilengkapi 71% peranti pendukung keselamatan berkendara atau 4% dibawah Vitara. Hatchback honda ini juga memiliki 5 bintang NCAP.

Ford Galaxy

Galaxy bergerak

Bergeser ke Amerika, Ford Galaxy diapresiasi oleh EURO NCAP sebagai Large MPV teraman tahun 2016. Penghuni segmen ini selain Galaxy adalah Ford S-Max dan Renault Space. Menariknya, urutan pertama dan kedua di kelas ini dikuasasi oleh Ford dengan hasil catatan nilai keselamatan yang sama yaitu perlindungan penumpang dewasa 87%, perlindungan anak kecil 87%, perlindungan ke pejalan kaki 79% dan 71% peranti pendukung keselamatan berkendara serta memperoleh 5 bintang.

Volkswagen Touran

VW Touran tampak depan

Lagi-lagi produsen Jerman membawa gelar teraman EURO NCAP 2015 melalui VW Touran yang didampuk menjadi Small MPV teraman. Jika dibandingkan dengan pemain lain di kelasnya tahun kemarin, hanya MPV 7-penumpang ini yang meraih bintang 5 dikelasnya. Bagaimana dengan detail nilainya? Untuk besarnya perlindungan penumpang dewasa sebanyak 88%, perlindungan anak kecil 89%, perlindungan ke pejalan kaki 71% dan 76% pada peranti pendukung keselamatan berkendara.

Mazda MX-5

MX-5 terbaru Pada kategori terakhir yakni Roadster Sport teraman versi EURO NCAP 2015 terdapat Mazda MX-5. Di segmen ini tidak terlihat perlawanan yang berarti dari Audi TT dan BMW Z4. Adapun roadster dengan rancang bangun bodi KODO ini hanya meraih 4 bintang NCAP dengan perlindungan penumpang dewasa 84%, perlindungan anak kecil 80% atau lebih tinggi 12% dari Audi TT, perlindungan ke pejalan kaki 93% dan didukung 64% peranti pendukung keselamatan berkendara.

Baca Juga: 5 mobil terlaris yang dihentikan produksinya

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil