jakarta-selatan

Daihatsu Xenia 1.5 vs Wuling Cortez 1.5, Unggul Mana?

  • 19 Jan, 2019
  • 6068 Kali Dilihat

Pertama kali Daihatsu Xenia hadir dengan mesin 1.500 cc, harganya langsung melejit hingga Rp 200 jutaan. Dengan begitu, Xenia bisa langsung melawan Wuling Cortez 1.5L. Menarik, karena dengan banderol di kisaran sama, keduanya jelas berbeda fitur. Seperti apa komparasi Xenia 1.5 melawan Cortez 1.5?


Wuling Cortez 1.5


Harga & Varian


Mengingat Cortez 1.5L cuma punya pilihan transmisi manual, kita ambil Xenia 1.5 R Deluxe MT untuk komparasi. Harga Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe MT Rp 218,05 juta. Sedang Wuling Cortez 1.5L S Rp 195,8 juta dan Rp 205,8 juta untuk varian tipe C yang lebih komplet fiturnya. Dari situ, langsung tersimak Cortez masih lebih murah ketimbang Xenia.


Xenia baru punya pilihan banyak warna. Ada delapan: Pearl White, Bronze Metallic, dan Blue Metallic, Icy White, Classic Silver, Dark Red Metallic, Dark Grey Metallic dan Midnight Black. Sementara Cortez menawarkan lima pilihan: Burgundy Red, Sand Brown, Starry Black, Dazzling Silver dan Pristine White.


grand new xenia


Dimensi


Ukuran Xenia 1.5 tak berbeda. Masih dengan dimensi 4.190 x 1.660 x 1.695 mm (PxLxT). Jarak sumbu rodanya 2.655 mm dan 200 mm jarak dari permukaan tanah. Cortez berbekal dimensi 4.780 x 1.816 x 1.755 mm, wheelbase 2.750 mm dan ground clearance 170 mm. Punya dimensi dan jarak sumbu roda lebih panjang. Artinya, kabin Cortez lebih lapang dari Xenia.


Eksterior


Penampilan luar Xenia berwajah baru. Lampu depan LED, spion bisa dilipat, sein LED pada spion, pelek alloy 14 inci, body kit di sekujur tubuh, spoiler dengan lampu rem terintegrasi, antena shark fin dan banyak aksen krom bisa dijumpai pada Xenia 1.5.


Cortez 1.5 C sedikit lebih lengkap. Ada lampu proyektor yang bisa diatur ketinggian sorotannya, aksen krom, pelek alloy 16 inci, spoiler dengan lampu rem LED, roof rail, lampu kabut depan belakang, sein pada spion, sein belakang LED dan antena shark fin. Kalau diperhatikan, Cortez punya tampilan lebih elegan. Sejatinya Cortez bermain di segmen lebih mewah dari LMPV. Karena tersedia pilihan mesin 1.5, jadi bisa bersaing dengan Xenia.



Interior


Kabin Xenia didominasi warna hitam dengan pemanis beige pada trim dan dasbor. Kabin diklaim lebih senyap dan desain pola serta warna baru pada pembungkus jok. Pelipatan bangku kedua sangat mudah untuk akses baris ketiga. Kursi baris ketiga juga bisa dilipat 50:50 untuk menambah kapasitas bagasi. Sementara Cortez memakai warna krem sebagai warna dominan kabin. Bumbu pemanisnya warna hitam dan coklat. Dengan itu, Cortez tampil lebih premium ketimbang Xenia.


Kelengkapan kabin, Xenia punya infotainment layar sentuh, tombol AC digital, kontrol audio pada palang kemudi, power outlet depan dan baris kedua, AC double blower, 6-speaker dan tweeter. Cortez menawarkan 8-seater, layar MID 3,5 inci, infotainment layar sentuh, kontrol audio pada palang kemudi, AC double blower dan USB power outlet di tiap baris. Dari semua fitur, Xenia cuma unggul pada jumlah speaker, tweeter dan tombol AC digital.


kabin xenia baru


Safety & Comfort


Pilihan Xenia 1.5, fitur safety paling lengkap di antara varian lain. Selain dual SRS airbags, ada rem ABS+EBD, sensor parkir depan belakang, kamera parkir mundur dan immobilizer. Pelengkapnya ada pengingat sabuk keselamatan pengemudi, safety belt dengan pretensioner dan force limiter, side impact beam dan kunci pintu otomatis berdasarkan kecepatan.


Fitur safety Cortez 1.5 tak perlu diragukan. Dual SRS airbags, ABS + EBD, rem belakang cakram, pengingat sabuk keselamatan depan, ISOFIX, immobilizer dan auto door lock by speed.


Mesin Cortez 1.5


Performa


Di balik kap Xenia, bernaung mesin 4-silinder 1,5 liter dual VVT-i bertenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm. Penyalur daya transmisi manual 5-speed. Wuling membekali Cortez dengan mesin 4-silinder DVVT, 101 PS pada 5.800 rpm dan torsi 142 Nm pada rentang 3.800 - 4.400 rpm. Transmisi manual 6-speed dipercaya sebagai distributor tenaga. Dari angka, Xenia unggul tipis soal tenaga. Sedang Cortez unggul dengan transmisi manual 6-speed, karena bisa mendapat efisiensi bahan bakar dan kecepatan tinggi lebih baik.


Simpulan


Pemenangnya sudah jelas, Cortez 1.5L C telak lebih layak dipinang ketimbang Xenia 1.5 R Deluxe MT. Soal harga dan fitur, Cortez menawarkan paket yang lebih baik. Begitu juga dengan penampilan, Cortez lebih mewah luar dalam. Purnajual juga tak perlu ragu, karena Wuling berani kasih garansi 3 tahun/100.000 km dan 5 tahun untuk komponen mesin dan transmisi. (Tom/Odi)


Baca Juga: Baru Dirilis, Pilih Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia?

Komparasi Grand Xenia vs Cortez

Daihatsu Grand Xenia
Rp186,65 - Rp228,95 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Wuling Cortez
Rp202,8 - Rp271 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Grand Xenia vs Cortez
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi