Tips Mudah untuk Menjaga Nilai Jual Kembali Kendaraan, Manfaatkan Bengkel Resmi

Tips Mudah untuk Menjaga Nilai Jual Kembali Kendaraan, Manfaatkan Bengkel Resmi

Bicara budaya, memilih kendaraan di Indonesia selalu dihubungkan dengan harga jual kembali. Penilaian ini setidaknya akan selalu disertakan dalam memilih suatu kendaraan. Meski sadar akan keuntungan harga jual ini, sayangnya banyak yang tidak memahami cara menjaga agar suatu kendaraan tetap memiliki nilai jual yang tinggi.

Salah satu cara menjaga harga jual kembali ternyata cukup mudah. Pemilik kendaraan cukup merawat kendaraan secara berkala ke bengkel resmi sesuai dalam buku petunjuk perawatan kendaraan. Ini diungkapkan General Manager After Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto yang mengatakan perawatan berkala di bengkel resmi selain menjaga kendaraan dalam kondisi prima juga dapat dapat memberikan catatan lengkap terkait perawatan selama ini.

"Perawatan berkala dapat menjaga kondisi kendaraan yang pada akhirnya menentukan nilai jual kembali kendaraan dengan faktor kondisi fisik, riwayat kendaraan termasuk catatan kecelakaan dan catatan perawatan di bengkel resmi," ucap Boediarto.

mitsubishi bengkel

Lebih jauh Boediarto mengungkapkan perawatan berkala memiliki banyak manfaat untuk konsumen seperti memastikan kendaraan dalam kondisi aman melalui pemeriksaan dan perawatan rutin dapat mencegah terjadinya potensi kesalahan mekanik. Selain itu perawatan di bengkel resmi dapat memaksimalkan performa terbaik pada kendaraan dan meningkatkan kepuasan berkendara bahkan dapat menghemat biaya yang timbul bila ada kerusakan serius dan menghindari biaya perbaikan yang menguras kantong di masa mendatang.

Perawatan di bengkel resmi ini juga disarankan terus dilakukan meski masa garansi bawaan pabrikan telah habis masa berlaku. Kerap ditemui, pemilik kendaraan beralih ke bengkel non resmi setelah merasakan masa perawatan dari pabrikan selesai. Alasannya mayoritas soal dana perawatan. Ini justru memiliki resiko tersembunyi dalam hal pemeliharaan kendaraan.

"Perlu dipertimbangkan juga untuk para konsumen perawatan kendaraan di bengkel resmi ada beberapa keuntungan. Misal catatan sejarah kendaraan secara berkala tercatat rapi di sistem. Catatan ini membantu mekanik untuk melakukan tindakan mencegah kerusakan lebih parah di kemudian hari. Bengkel resmi selalu menyediakan suku cadang asli dan ini semua berdampak pada harga jual kembali yang tetap tinggi," ucap Head of After Sales Marketing and Promotion Section PT MMKSI, Tegar Adisura.

mitsubishi bengkel

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi juga mengungkapkan ada beberapa hal yang memang tidak bisa didapatkan di bengkel umum terkait perawatan. Misalnya saat penggantian pelumas yang terhubung pada sensor MID kendaraan.

"Biasanya ada pemberitahuan di MID kalau ada peringatan terkait hal tertentu. Di bengkel resmi itu bisa di reset dan diberitahukan ke sistem kalau masalahnya sudah diganti. Kalau di bengkel umum ini tidak bisa dan tentu berpengaruh pada sisi kenyamanan," ucap Rifat.

Mengambil contoh layanan Mitsubishi, bagi konsumen yang masa garansi bawaan kendaraannya sudah habis dapat memperpanjang dengan paket Smart. Khusus untuk model Xpander ditujukan pada model yang telah menempuh jarak 50.000 kilometer.

Pilihan paketnya ada dua kali perawatan berkala dimana paket ini terdiri dari perawatan berkala pilihah seperti oli mesin, filter oli, filter AC dan gasket. Selain itu ada gratis biaya jasa pergantian item tersebut yang bisa dimanfaatkan dalam dua kali perawatan berkala berlaku hingga 20.000 km atau 1 tahun dan perpanjangan garansi masa garansi hingga 1 tahun/ 30.000 km.

Masih ada paket empat kali berkala yang memiliki paket perawatan yang sama dengan paket dua kali dengan tambahan empat kali gratis biaya jasa pergantian yang berlaku hingga 40.000 km atau dua tahun serta mendapatkan perpanjangan garansi masa garansi hingga 1 tahun/ 30.000km. Paket enam kali mendapatkan gratis biaya jasa pergantian dan dapat dimanfaatkan dalam 6x perawatan berkala yang berlaku hingga 60.000 km / 3 tahun serta perpanjangan garansi masa garansi hingga 1 tahun/ 30.000km. (Sta/Raju)

Baca juga: Empat Tahun Mitsubishi Xpander, Jadi Pembeda di Segmen Low MPV

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil