Tips Membersihkan Jok Mobil, Awas Perhatikan Bahannya

Tips Membersihkan Jok Mobil, Awas Perhatikan Bahannya

Jika Anda memiliki kendaraan, tentunya dihadapkan pada kewajiban untuk melakukan perawatan. Tak hanya tampilan luar dan mesin, tetapi juga interior. Salah satu yang utama adalah jok mobil. Sebagai penopang tubuh saat di dalam mobil, jok haruslah selalu berada dalam kondisi yang bersih agar terasa nyaman saat diduduki.

Tentunya tak menyenangkan jika jok terlihat kotor atau banyak remah-remah makanan bahkan noda minuman. Selain tak elok dipandang mata, terkadang hal itu juga menimbulkan bau tak sedap. Sama seperti bangku atau sofa di rumah. Tapi kadang ita dibuat pusing karena membersihkan jok mobil membutuhkan biaya cukup besar. Jangan khawatir karena sejatinya ada cara mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk membuat jok mobil terlihat bersih setiap saat.

Yang harus diingat, membersihkan jok tentu saja juga disesuaikan dengan material dari jok mobil itu sendiri karena setiap bahan butuh perawatan yang berbeda. Lalu, bagaimana cara ampuh membersihkan noda dan kotoran pada jok mobil? Simak informasinya berikut ini:

Tips Membersihkan Jok

Bahan Kain

Bagi Anda yang jok mobilnya terbuat dari bahan kain, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan pertama siapkan alat dan bahan pembersihnya terlebih dahulu. Alat dan bahan pembersih itu sendiri terdiri dari vacuum cleaner, detergen cair, ember, handuk, busa spons.

Proses membersihkan jok dimulai dengan bersihkan debu dan kotoran pada jok dengan menggunakan mesin vacuum cleaner. Kemudian, isi ember dengan air hangat lalu tuangkan detergen cair kedalamnya. Gunakan detergen untuk mencuci baju bayi. Setelah itu, rendam spons di dalam ember dan gosok secara perlahan ke jok mobil.

Dalam menggosok jok menggunakan spons ini, usahakan agar jok tidak terlalu basah dan hindari pemakaian jok berukuran besar. Hal ini supaya jok lebih cepat kering. Selesai menggosok jok mobil hingga bersih, usap menggunakan handuk yang telah dibasahi terlebih dahulu. Jangan digosok dengan keras. Langkah terakhir ini dilakukan guna menghilangkan residu dari deterjen cair.

Baca juga: Isi Kekosongan Libur Lebaran dengan Merawat Interior Mobil, Simak Tips Berikut ini

Tips Membersihkan Jok

Bahan Tenun

Cara kedua ini khusus untuk jok mobil yang terbuat dari bahan tenun. Alih-alih membawa kendaraan ke salon mobil atau membeli cairan pembersih khusus yang harganya cukup lumayan, Anda bisa membuatnya sendiri. Pertama campurkan air dengan cairan pencuci piring ke dalam ember. Kemudian, masukkan ke dalam botol penyemprot bekas yang sudah tidak terpakai. Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke jok mobil dengan radius 15-20 cm dari jok, dan gosok permukaan jok menggunakan sikat berbulu halus.

Lalu, bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih yang terlebih dahulu direndam di air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan pembilasan ini sesering mungkin. Untuk mengeringkan jok, Anda bisa menggunakan kain berserat.

Cara alternatif berikutnya, yakni dengan memarut sabun batang sebanyak enam sendok makan kemudian mencampurnya dengan dua sendok boraks. Aduk rata dan tambahkan dua cangkir air hangat secara bersamaan. Anda juga bisa menambahkan wewangian semacam lavender ke dalam campuran bahan tadi agar nantinya jok memiliki aroma harum.

Setelah dingin, aduk cairan hingga berbusa dan usapkan busa tersebut ke seluruh bagian jok. Setelah itu, sikat dengan menggunakan sikat berbulu halus. Bilas menggunakan lap bersih dan air hangat. Pastikan setiap satu per satu bagian sudah bebas dari noda dan kotoran sebelum pindah ke bagian jok yang lainnya.

Tips Membersihkan Jok

Bahan Kulit

Dibandingkan dengan dua bahan jok sebelumnya, jok mobil berbahan kulit membutuhkan perhatian ekstra untuk membuatnya tetap terlihat bersih. Pertama, bersihkan jok menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu, bersihkan jok dengan sabun deterjen cair khusus untuk kulit. Hindari penggunaan minyak kayu putih atau cairan pembersih yang sifatnya melunturkan warna.

Kemudian, pakailah kain bersih dan lembut untuk mengusap setiap bagian jok. Lalu, bilas jok untuk menghilangkan residu detergennya. Terakhir, usapkan kondisioner pada jok mobil agar bahannya senantiasa terawat dan tidak cepat rusak.

Baca juga: Mobil Istirahat di Rumah Karena Tak Mudik, Lakukan 8 Hal Ini Agar Tetap Aman

Tips merawat jok

Noda Minyak dan Lemak

Bagaimana jika sudh coba dibersihkan tapi tak hilang juga? Biasanya noda membandel sering Anda temukan menempel di jok mobil. Noda bekas minyak dan lemak ini ternyata mampu menimbulkan bau yang kurang sedap, ditambah jika minyak tersebut merupakan bekas makanan.

Ada satu cara yang dapat dilakukan ketika jok mobil Anda mengalami masalah ketumpahan minyak atau noda oli. Yaitu dengan menggunakan pengencer cat atau pembersih cat kuku. Pemakaian cairan aseton ini harus sangat hati-hati karena sangat keras dan bisa melunturkan cat dengan mudah. Sebaiknya, aseton hanya digunakan pada permukaan jok berbahan fabric saja. Oleskan pengencer ini ke bagian yang terkena lemak atau minyak dengan menggosokkan secara perlahan menggunakan kain.

Setelah itu taburkan garam ke atas noda tersebut sampai semalaman. Keesokannya bersihkanlah bagian yang telah diberi garam dan Anda akan melihat hasil akhir yang bersih. Aseton juga bisa situjukan kepada mobil dengan bahan jok kulit, namun harus dibersihkan dengan segera. Untuk melakukan pembersihan ini, gunakanlah bahan-bahan yang lembut untuk menggosok bagian-bagian yang kotor.

Penggunaan sikat gigi juga dianjurkan untuk membersihkan noda membandel. Jangan lupa juga gunakan baking soda untuk menghilangkan bau pada noda tersebut. Nah, membersihkan jok ternyata tak butuh biaya perawatan kendaraan yang menguras kantong kan? Selamat mencoba! (Raju)

Baca juga: Ingin Mobil Tampil Segar Saat Lebaran? Kenali Opsi Perawatan Salon Berikut Ini

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil