Ingin Mobil Tampil Segar Saat Lebaran? Kenali Opsi Perawatan Salon Berikut Ini

Ingin Mobil Tampil Segar Saat Lebaran? Kenali Opsi Perawatan Salon Berikut Ini

Penampilan keren saat merayakan Lebaran mungkin kurang afdol bila mobilnya kotor. Jelas tak harus beli baru agar bisa menikmati mobil berpenampilan segar – meski sebetulnya mampu. Sila kunjungi salon mobil terpercaya demi mengembalikan penampilan layaknya keluar dari diler. Tapi jangan sampai salah pilih perawatan, simak dulu ragam jenisnya berikut ini.

Cleaning

Hal paling mendasar dalam menjaga kesegaran tunggangan adalah dengan membersihkan secara berkala. Sangat mungkin untuk dilakukan dengan menggunakan shampoo mobil dan busa di rumah. Mudah memang, namun salon mobil bisa melakukannya lebih serius ketimbang sekadar guyur air sabun, lap sedikit, dan bilas. Dengan peralatan khusus, area yang sulit dibersihkan bisa dengan mudah mereka kerjakan.

Proses cleaning di salon meliputi pembersihan interior, eksterior, dan mesin. Jika tersedia pengangkat hidrolik, area kolong pun bisa terjamah. Selain itu, khusus pengerjaan mesin sewajarnya dilakukan dengan hati-hati dan tidak asal semprot. Di samping adanya komponen kelistrikan, bila air masuk ke ruang bakar bisa berbahaya bagi mesin.

Berbagai metode bisa Anda temukan untuk pengerjaan ini. Mulai dari cuci dengan alat steam, snow washing, hingga cara baru seperti waterless car wash. Ada baiknya membersihkan mobil dengan air mengalir agar kotoran berat luruh sebelum diusap kain dan tidak menimbulkan baret.

Car Detailing

Detailing

Cat mobil kusam atau ronanya meredup? Coba lakukan detailing di salon untuk mengoreksi cat. Jenis perawatan ini lazim dieksekusi dengan metode polishing alias mengikis permukaan cat agar kembali rata dari baret-baret halus. Juga dengan polishing, bercak di bodi bisa hilang. Tentu terlaksana setelah membersihkan secara menyeluruh hingga ke sela sempit mendetail. Tapi harus diingat, tidak perlu sering melakukan polishing. Pasalnya, obat poles bersifat abrasif sehingga bisa mengurangi ketebalan cat meski tidak banyak.

Lantaran polishing mengikis permukaan cat, maka perlu perlindungan tambahan agar tetap awet. Ibarat habis mandi dan ditelanjangi perlu pakai baju agar melindungi kulit. Untuk itu, setelah kilap kembali, baru kemudian diberikan pelindung seperti wax. Lapisan tambahan akan menutup permukaan bodi sekaligus memberikan kedalaman ekstra dari kilap itu sendiri.

Coating

Selain wax, perlindungan yang lebih awet bisa didapat dengan melakukan coating. Ini akan melapisi bodi dengan cairan tertentu. Terbagi atas dua jenis yakni Nano coating dan Ceramic coating. Nano coating bakal melapisi bodi dengan cairan berisi kandungan khusus berukuran nano. Sementara itu, ceramic coating akan memberikan proteksi tambahan dengan lapisan ceramic. Ini akan menjaga kilap lebih permanen dan tahan lama ketimbang wax.

Baca juga: THR Terbengkalai Lantaran Tak Jadi Mudik? Coba Manjakan Mobil Anda dengan Barang-Barang ini

Car Fogging

Fogging dan Fumigator

Paket detailing yang sering kita temukan biasanya termasuk pembersihan kabin secara menyeluruh. Eksekusinya bisa berbeda disesuaikan material pada interior apakah itu leather, vinyl, plastik, atau fabric. Tentu bukan sekadar eksterior terlihat segar, detailing interior bisa membuat suasana kabin kembali lagi seperti saat pertama mobil mengaspal.

Tapi selain detailing, ada langkah lain untuk menjaga kesegaran udara. Salah satunya fogging, bertujuan untuk membunuh bakteri pada interior. Gas khusus disebar dalam kabin lewat sirkulasi AC. Baru dari situ bisa dilakukan Fumigator. Berfungsi untuk menghindari mobil dari serangga yang bersembunyi. Sifatnya opsional, mau dilaksanakan atau tidak kembali lagi sesuai kebutuhan dan bujet.

Well, proses salon mobil terutama detailing dan coating menyeluruh biasanya membutuhkan waktu yang panjang. Bisa sampai seharian bahkan lebih agar kilap cat sempurna sekaligus semua area terjamah dengan baik. Pun biayanya tidak bisa dibilang murah dan tergantung pada ukuran masing-masing kendaraan. (Krm/Raju)

Sumber: Daihatsu,  scutokelapagading.com

Baca juga: Fitur Mobil yang Bisa Dioptimalkan Saat Bulan Ramadhan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil