Mobil Istirahat di Rumah Karena Tak Mudik, Lakukan 8 Hal Ini Agar Tetap Aman

Mobil Istirahat di Rumah Karena Tak Mudik, Lakukan 8 Hal Ini Agar Tetap Aman

Pemerintah kembali mengeluarkan larangan melakukan perjalanan mudik Lebaran untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Anda memang masih diperbolehkan untuk melakukan perjalanan terbatas seperti hanya di dalam kota. Karena tak banyak digunakan, mungkin inilah waktu yang pasti untuk mengistirahatkan mobil Anda. Meski demikian lakukan beberapa hal agar mobil tetap aman saat ditinggalkan.

1. Cuci Mobil dan Bersihkan Kabin

Meski ditinggal di dalam rumah, mobil tetap bisa kotor oleh debu atau air hujan sehingga harus dibersihkan. Gunakan bahan yang ramah untuk bodi dan cat kendaraan. Jangan lupa dengan bagian roda untuk dibersihkan. Bagian dalam juga harus dibersihkan mengingat sering dipakai beraktivitas dan mencegah masuknya binatang liar.

Biasanya para pemilik mobil tak memperdulikan kondisi interiornya saat akan ditinggal lama. Sebelum ditinggal dalam waktu yang lama, bagian interior mobil wajib dalam kondisi bersih untuk mencegah bakteri timbul di karpet mobil, jok, bahkan kabel-kabel di dalam mesin. Bisa juga menggunakan sedikit pengharum ruangan untuk menjaganya agar kabin mobil tetap wangi. Jangan lupa, keluarkan barang pribadi seperti kartu etol, kacamata, pemantik api, power bank, sepatu, dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran.

Tips merawat mobil

2. Perhatikan Lokasi Parkir

Jika memungkinkan, Anda sebaiknya memarkir mobil di garasi karena lebih aman dan juga bersih. Apabila tak memiliki garasi di di rumah dan terpaksa memarkirnya di luar, pastikan lokasinya terhindar dari paparan sinar matahari langsung dan air hujan yang bisa membuat cat mobil cepat kotor, kusam, dan memudar. Manfaatkan car cover atau selimut mobil andai carport tidak ada atap. Belilah sarung mobil yang ukurannya pas supaya bisa menutup secara keseluruhan. Anda bisa mencari pelindung yang sudah dilengkapi dengan teknologi modern serat polyester. Tapi jika mobil diparkir di tempat dengan atap tertutup tak perlu lagi menggunakan sarung agar tak cepat lembab.

3. Tambah Tekanan Angin Ban

Pertama yang harus diperhatikan adalah ban mobil lantaran tugasnya yang berat, apalagi saat digunakan mobil sering diisi penuh oleh penumpang dan barang. Periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Jika tak digunakan dalam waktu lama, isi tekanan angin seluruh ban mobil sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan sekitar 5 PSI. Hal ini karena tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan lebih cepat berkurang. Selain ban dan angin, lakukan juga pemeriksaan ringan kondisi fisik ban dan pelek. Jangan dilupakan, ban cadangan juga wajib diperiksa. Sekaligus cek kondisi kaki-kaki mobil seperti shock absorber, per, lengan ayun, dan komponen penggerak roda.

4. Hindari Penggunaan Rem Parkir

Jangan gunakan rem tangan. Yap, banyak yang salah kaprah soal ini. Ada kasus dimana kampas rem menempel kuat ke bagian dalam teromol dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. Jika ini terjadi, maka Anda akan kerepotan ketika harus mengendarainya lagi. Oleh sebab itu, lepaskan rem parkir dan gunakan wheel chock khusus pengganjal ban mobil.

Baca juga: Ingin Mobil Tampil Segar Saat Lebaran? Kenali Opsi Perawatan Salon Berikut Ini

Tips merawat mobil

5. Isi Penuh Tangki Bensin

Selain itu, bahan bakar di dalam mobil yang ditinggal dalam jangka waktu lama tidak bisa dibiarkan kosong karena akan mengakibatkan oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin. Salah satu cara ampuh untuk menghindarinya adalah mengisi bensin beroktan tinggi secara penuh. Cara ini dapat mencegah tangki bahan bakar cepat berkarat.

6. Cek Aki dan Cairan

Jangan lupa untuk mengecek kondisi aki mobil Anda. Pastikan kondisinya prima saat ditinggalkan. Atau Anda bisa melepaskan aki dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung. Anda bisa bisa melakukan pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil, seperti ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Berikutnya adalah cairan yang menunjang kinerja kendaraan. Seperti minyak rem dan minyak kopling untuk mobil manual, jangan abaikan pula air aki dan air wiper. Lanjut ke oli mesin dan oli transmisi, termasuk minyak power steering. Kalau masih penuh artinya tidak ada kebocoran, kalaupun berkurang sedikit masih wajar karena adanya pemuaian.

7. Panaskan dan Jalankan Mobil

Meski lebih banyak tak digunakan, mesin mobil harus dipanaskan. Minimal lakukan seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Bawa mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu di satu titik.

Baca juga: THR Terbengkalai Lantaran Tak Jadi Mudik? Coba Manjakan Mobil Anda dengan Barang-Barang ini

Tips Cek Oli

8. Perbaiki Bodi dan Rawat Kabin

Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda dapat memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak. Dealer Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000, menggulirkan program body & paint yang diberi nama Kilau Toyota Pilihan. Melalui program yang berlaku antara 3 Mei–30 Juni 2021, Anda bisa memanfaatkan diskon biaya jasa perbaikan bodi sebesar Rp 300 ribu untuk perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal Rp 1,5 juta atau klaim asuransi minimal Rp 3,5 juta. Masih ditambah bonus diskon 5% untuk 104 parts yang diganti.

Perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal Rp 1 juta dan klaim asuransi minimal Rp 2,5 juta, memperoleh diskon biaya jasa perbaikan sebesar Rp 150 ribu dan tambahan diskon 5% untuk 104 parts yang diganti. Syarat dan ketentuan berlaku, silakan berkunjung ke fasilitas Body & Paint Auto2000 terdekat.

Selain itu, untuk merawat kondisi cabin & AC tetap bersih dan sehat. Anda dapat memanfaatkan product TMO Cabin Disinfectant dan TMO Evaporator Cleaner di bengkel-bengkel Auto2000 terdekat. Kondisi cabin dan AC yang terawat akan mendukung kenyamanan semua saat berkendara sendiri maupun bersama keluarga.

“Momen libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan dan merawat mobil kesayangan agar kembali prima. Segera manfaatkan program Kilau Toyota Pilihan untuk memperbaiki bodi mobil dengan keuntungan diskon biaya jasa dan parts. Atau kunjungi Auto2000.co.id untuk memanfaatkan program promo lain yang sesuai kebutuhan di masa libur Lebaran,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000. (Raju)

Baca juga: Walau Mudik Dilarang, Anda Bisa Melakukan Perawatan Cairan Mobil Sendiri

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil