• Wishlist

Sebelum Pilih Asuransi Mobil, Pastikan Pahami Hal Penting Ini

Sebelum Pilih Asuransi Mobil, Pastikan Pahami Hal Penting Ini

Dalam pembelian mobil, asuransi seharusnya jadi hal utama. Ketika membeli secara kredit, biasanya sudah satu paket. Namun bila Anda membeli kontan atau mobil bekas dengan usia tak lebih dari lima tahun, ada baiknya pertimbangkan asuransi. Sebab ketika mobil rusak atau dicuri, kerugian yang ditanggung pemilik sangat besar.

Maka, inilah fungsi asuransi untuk membantu meringankan beban Anda, saat mobil alami kendala. Di era digital ini, sudah makin menjamur perusahaan layanan asuransi. Bahkan kerap membuat calon konsumen bingung, memilih asuransi yang tepat. Lantas, apa saja yang perlu dipertimbangkan?

Pilih Asuransi Terpercaya

Ada banyak yang menjajakan asuransi mobil, dengan iming-iming segudang. Pastikan perusahaan itu diakui dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Misal ada Garda Oto Digital, ACA Insurance, Allianz, Autocillin Auto Insurance, Axa Insurance dan banyak lagi. Bandingkan terlebih dahulu besaran premi dan manfaat yang Anda peroleh. Jangan sampai salah melakukan kalkulasi.

Kondisi Mobil

Sebelum mendaftar asuransi perhatikan kondisi mobil Anda. Apakah ada kerusakan atau tidak. Perusahaan asuransi berhak menolak kerusakan terjadi yang berada di luar perjanjian polis asuransi.

Sesuai Kebutuhan

Ketika Anda hendak memilih asuransi, penting untuk memilah jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Misal All Risk, menjamin segala kerusakan mobil Anda. Jadi, konsumen bisa melakukan klaim meskipun mobil hanya tergores. Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO), hanya memberikan proteksi saat mobil rusak berat. Nilainya lebih dari 75 persen dari harga mobil. Atau bahkan ketika mobil hilang dicuri. Jadi, Anda tidak bisa mengklaim jika mobil Anda memiliki kerusakan kecil seperti baret atau penyok.

Biaya yang Tak Ditanggung

Jangan lupa sebelum memilih asuransi, Anda harus benar-benar teliti. Pahami baik-baik syarat dan ketentuan dari penyedia asuransi. Salah satunya, mengenai cover kerusakan mobil. Cermati apa saja biaya yang tidak dilindungi oleh asuransi. Sehingga Anda tidak mengalami kerugian. Jangan sampai karena kurang teliti, Anda harus membayar biaya besar saat klaim.

Premi

Besaran premi yang dibayarkan dipengaruhi oleh harga mobil di pasaran. Setiap mobil memiliki rate asuransi yang berbeda berdasarkan jenis mobil, tahun keluaran dan bahkan pelat mobil. Dengan memilih mobil yang memiliki harga tidak terlalu tinggi, maka premi yang dibayarkan pun tidak terlalu besar. Benefit memiliki asuransi, Anda tidak perlu khawatirkan biaya yang besar ketika terjadi risiko dengan mobil. Namun demikian, tetap harus berkendara dengan baik, atau safety defensive driving. (Alx/Odi)

Sumber: Asuransi Astra

Baca Juga: Tips Agar Harga Jual Mobil Tetap Bertahan