Perawatan Kendaraan Paling Mudah, Perhatikan Kondisi Pelumas Mesin

Perawatan Kendaraan Paling Mudah, Perhatikan Kondisi Pelumas Mesin

Perawatan kendaraan salah satunya adalah dengan memperhatikan kondisi pelumas atau oli mesin. Pabrikan memiliki jangka waktu untuk penggantian oli yang sebaiknya perlu diketahui dan dipatuhi pemilik kendaraan.

“Untuk mesin, tips perawatan yang paling ampuh dalam merawat kendaraan adalah dengan melihat jarak tempuh atau waktu pergantian oli,” ucap Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar, dalam konferensi pers, Rabu (29/9/2021).

Menurut Rifat yang juga seorang pembalap dan aktif di dunia otomotif ini, pemilik kendaraan dapat melihat informasi pada MID yang ada di dalam kendaraan. Pemilik tinggal mengikuti panduan sesuai yang ada di buku pedoman pemilik baik itu soal waktu atau penggantian.

“Kalau oli masih bagus tapi sudah lama dan tidak dipakai, itu juga tidak baik. Kita harus memperhatikan buku manual. Jadi ingat penggantian oli dan waktu penggantian adalah dua hal yang perlu dikondisikan,” ucap Rifat.

Tips merawat mobil

Soal spesifikasi pelumas mesin, saat ini di pasaran sudah banyak pelumas yang menawarkan berbagai kelebihan. Namun menurut Rifat, pemilik kendaraan hanya perlu berpedoman pada spesifikasi dari pabrikan untuk mendapatkan oli terbaik untuk mesin kendaraannya.

Rifat memberikan contoh pada produk Xpander yang direkomendasikan pelumas dengan spesifikasi 0/20, serta Pajero dengan spesifikasi 10/30. Penggunaan pelumas baiknya tidak berbeda dengan spesifikasi saran pabrikan tersebut.

“Jangan coba-coba menggunakan spesifikasi yang berbeda dari saran pabrikan. Jadi pakai oli yang sesuai panduan di buku servis. Ada baiknya juga pemilik mengoptimalkan program garansi perawatan di kendaraan masing-masing,” ucap Rifat.

Baca juga: Biar Aman, Cek Komponen Mobil Anda di Rumah Secara Mandiri Jika Lama Tidak Digunakan

Tips merawat mobil

Rifat juga mengingatkan, perawatan kendaraan terutama sektor pelumas mesin, sebenarnya dapat dengan mudah dilakukan pemilik kendaraan. Bahkan saat berada di rumah untuk mengisi waktu luang.

Caranya adalah dengan memeriksa kondisi pelumas mesin secara berkala. Tinggal buka buku manual, lalu praktekkan. “Jadi kita tahu kondisi kendaraan kita sedikit. Caranya yang aman tunggu mesin dingin. Kemudian ambil dipstick yang berada di mesin, angkat lalu masukkan lagi. Persiapkan kapas rangkap tiga atau tisu untuk mengelap dipstick. Lihat kondisi kekentalan dan warna oli di tisu itu,” ucap Rifat.

Rifat juga mengingatkan bagi pemilik kendaraan yang gemar untuk mengganti oli pelumas sendiri. Jika dilakukan dengan benar dan aman tidak masalah. Namun kerap kali pemilik yang masih memiliki garansi kendaraan justru tidak memanfaatkan kemudahan ini dan lebih memilih mengganti pelumas di tempat lain.

“Baiknya tetap memanfaatkan garansi yang sudah ada. Kenapa tidak ke bengkel saja. Ganti oli di rumah juga bisa tapi ada satu hal yang jadi perhatian. Biasanya di bengkel kendaraan sudah tercatat di MID waktu penggantian oli, sedangkan jika dikerjakan sendiri sinyal tersebut tidak dikirim. Nanti bisa muncul lampu peringatan di dashboard. Tentu faktor kenyamanan nanti berkurang,” ucap Rifat. (Sta/Raju)

 

Baca juga: Ingat Tips Ini, Jangan Biarkan Tangki BBM Mobil Lama Diam dan Nyaris Kosong

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil