Panduan Pemula, Begini Cara Menyopir Mercedes-Benz C180 Avantgarde

Panduan Pemula, Begini Cara Menyopir Mercedes-Benz C180 Avantgarde

Mercedes Benz C180 saat ini menduduki titik termurah di jajaran sedan berlogo Three Pointed Star. Dibanderol Rp 759 juta off the road, boleh dipinang kalau ingin kenyamanan dan prestise khas jenama premium asal Jerman. Tapi sebelum itu, perlu diketahui ada sedikit perbedaan menyoal cara pengoperasian.

Tanpa Tuas Pengendalian di Konsol Tengah

Lazim dalam suatu mobil memiliki empat perangkat kendali mendasar. Sebut saja set pedal, setir, tuas transmisi, dan rem parkir. Semua berfungsi untuk menggerakkan dan mengarahkan mobil. Nah, secara konvensional, tuas transmisi dan rem parkir berada di konsol tengah. Tapi tidak ketika duduk di kokpit Mercedes Benz C180 Avantgarde – juga mayoritas Mercedes Benz modern lainnya. Di konsol tengah hanya tersedia kontrol sistem infotainment berupa kenop silinder dan touchpad.

konsol tengah

Selektor transmisi otomatis sendiri diposisikan seperti mobil zaman dahulu, bertengger di kolom setir. Tepatnya sebelah kanan, mencuat kontrol menyerupai tuas untuk lampu atau wiper pada mobil umumnya. Meski menganut seleksi gigi standar (P, R, N, D), orientasi gerakan tentu perlu disesuaikan.

Arahkan ke bawah dua klik untuk memilih D, atau ke atas untuk R – jangan lupa sambil menginjak rem. Sementara itu, dari jalan ke netral, posisikan ke tengah satu klik – misal dari R berarti ke bawah. Jangan bingung ketika mau menyuruh girboks untuk mengunci gerak saat parkir. Tekan tombol di ujung selongsong stalk guna menetapkan P.

Baca Review Tes: Road Test Mercedes-Benz C180: Seberapa ‘Mercedes’ kah Dia? (Part-1)

Penempatan kontrol membuat sakelar lampu dan wiper ikut berbeda posisi dari mayoritas kendaraan. Tuas sisi kiri kolom kemudi berfungsi mengatur wiper, windshield washer, dan lampu indikator. Sakelar lampu ada di area kanan dasbor, mejeng di bawah kisi AC. Memang tak akan banyak interaksi sebab lampu dapat beroperasi secara otomatis. Tapi kalau mau mengaktifkan mode parkir atau penerangan senja secara manual, di situlah tempatnya.

Interior Mercedes-Benz C180 Avantgarde Line

Kendali Rem

Ya, kebanyakan rem parkir masa kini memang sudah mengadopsi model switch. Tidak asing. Bukan lagi tarikan manual handbrake atau pedal ekstra di kaki. Begitu pula C180, rem parkir elektronik berbentuk menyerupai sakelar jendela terletak persis di bawah set kontrol lampu. Saat rem parkir terkunci dan Anda ingin melaju, tidak perlu berinteraksi dengan sakelar. Tinggal posisikan selektor transmisi, lalu pengunci piringan bakal membuka dengan sendirinya.

Jika sudah berjalan lalu berhenti di lampu merah biasanya kita memindahkan transmisi ke netral. Atau, seringkali terus menekan pedal rem hingga kembali melaju. Tentu sama sekali tidak merepotkan, namun cara ini bisa dipermudah oleh Brake Hold. Tidak bekerja secara otomatis, tekan pedal rem yang dalam hingga tulisan “Hold” menyala di panel instrumen. Di saat itu, mobil akan berhenti total tanpa perlu memilih netral atau menginjak pedal. Untuk kembali melaju, posisikan saja kaki ke pedal gas. Berfungsi juga hadirkan bantuan ekstra saat 'stop & go' di tanjakan.

Hal menarik adalah eksistensi Active Brake Assist. Misal pengemudi sedang ‘meleng’ atau kurang awas, si Cibo bakal memberikan peringatan jika ia mendeteksi risiko menyundul andai mobil di depan melambatkan laju. Begitu sopir bereaksi, secara otomatis tekanan rem ditambah jika dirasa kurang efektif. Atau, bisa jadi melakukan emergency braking bila tak ada respon dari pengemudi di bawah kecepatan 200 kpj. Sebagai catatan, sistem mampu bereaksi terhadap mobil stasioner dan pejalan kaki hingga kecepatan 60 kpj.

head unit

Sistem Infotainment

Instrumen berkendara berikut sarana hiburan ditampilkan melalui layar digital. Khususnya sistem infotainment, jangan harap monitor memiliki fungsi touchscreen. Ada bagusnya karena terkadang sistem layar sentuh perlu perhatian lebih saat dioperasikan. Lantaran jari bisa jadi tidak langsung tertuju ke titik yang diinginkan.

Nah, di C180 Avantgarde ini seluruh pengendalian monitor terlaksana lewat dua area terpisah. Di konsol tengah melekat sepaket alat kendali berupa silinder dengan gerakan memutar dan arah, lalu dipayungi oleh touchpad. Kenop putar Intuitif ketika harus mengetik sesuatu saat mencari stasiun radio misalnya.

Namun, bila sedang berjalan dan ingin melakukan sedikit pengaturan, tinggal otak-atik tombol dan touchpad di palang setir. Sebelah kiri untuk layar infotainment, audio, dan telepon, sementara kanan berfungsi mengarahkan halaman dalam panel instrumen atau cruise control. Lakukan segala pengoperasian sesuai kadarnya. Jangan sampai kehilangan fokus ke jalan. (Krm/Tom)

Baca juga: Lima Cara Mudah Membuat Mobil Lama Anda Jadi Modern

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store