THR Terbengkalai Lantaran Tak Jadi Mudik? Coba Manjakan Mobil Anda dengan Barang-Barang ini

THR Terbengkalai Lantaran Tak Jadi Mudik? Coba Manjakan Mobil Anda dengan Barang-Barang ini

Mungkin Anda familiar dengan pepatah bahasa Inggris “when life gives you lemons, make lemonade”. Boleh dibilang setiap individu bertanggung jawab atas kebahagiaannya sendiri. Minimal dari pola pikir dan cara bertindak. Ya, larangan mudik dan pandemi bisa jadi hal ‘kecut’ bagi sebagian banyak orang. Namun, bukan berarti tidak dapat diolah menjadi lebih ‘manis’ bukan?

Anda jelas bisa lihat kondisi ini dari sudut pandang berbeda agar suasana hati terasa lebih baik. Contoh anggaran pulang kampung dari Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak jadi terpakai. Itu dapat digunakan untuk keperluan lain, salah satunya adalah memanjakan mobil kesayangan. Mungkin sudah saatnya sang kendaraan tempur mendapatkan perhatian lebih. Untuk itu, coba simak dulu rekomendasi belanjaan berikut ini.

Cover mobil diperlukan untuk menyimpan mobil Ilustrasi cover mobil

Sarung Mobil Berkualitas

Sarung mobil memainkan peran penting dalam kesegaran penampilan kendaraan. Apalagi jika tempat tinggal tidak memungkinkan untuk menimpan mobil di area tertutup. Terpapar matahari dan hujan secara terus menerus berpotensi mengurangi kesegaran bahkan merusak cat. Belum lagi kabin yang terpapar cahaya matahari, bukan tidak mungkin dasbor malah rusak di kemudian hari.

Untuk itu, perlu untuk memiliki sarung mobil agar tidak langsung terpapar sinar matahari atau diguyur hujan. Tapi jangan asal memilih juga. Alih-alih mau koncling dan awet, yang ada malah baret. Disarankan mencari bahan lembut pada bagian dalam demi meminimalisir pergesekan. Pastikan sanggup memantulkan cahaya sekaligus mencegah panas menembus ke dalam. Biasanya terdiri dari tiga atau empat lapisan dengan bagian dalam berisi wool dan serat pencegah panas.

Baca juga: Fitur Mobil yang Bisa Dioptimalkan Saat Bulan Ramadhan

Selain itu, pastikan juga bahan tidak mudah luntur sekaligus kuat. Jangan sampai ketika dibuka, cat malah belang – bisa panjang urusannya. Banyak seleksi di pasaran mulai dari Rp 600 ribuan hingga Rp 1-2 jutaan tergantung merek dan dimensi. Sila pilih dari merek yang Anda percaya. Beberapa di antaranya ada Cover Super, Durable, Krisbow, dan Dupont Tyvek. Perhatikan juga saat memakainya, biasakan mencuci bersih dari kotoran sebelum tidur di balik selimut.

Ilustrasi cuci mobil Ilustrasi cuci mobil

Alat Mandi yang Lebih Layak

Memandikan mobil jadi salah satu kegiatan rutin wajib bila ingin tunggangan terus terlihat awet muda. Bisa dilakukan sesederhana menggunakan ember, selang air, spons sabun, dan lap pengering. Nah, dengan ekstra anggaran, kemampuan mencuci pun bisa lebih dari sebatas aplikasi sabun dan bilas. Coba lirik mesin cuci steam portable bertekanan tinggi.

Lewat semprotan bertekanan, kotoran membandel seperti lumpur mengeras sangat mudah dihilangkan. Pun bukan hanya membersihkan bodi, area kolong dapat dieksekusi lebih baik tanpa harus sering bolak-balik tempat cuci. Setidaknya kotoran pada kolong fender dapat dibilas dengan baik. Lagi, pastikan kualitas terbaik dan jangan lupa sesuaikan kebutuhan daya listrik komponen dan rumah.

Selain mesin semprotan air, dapat dipilih pula alat pendukung berkualitas dan tepat guna. Misal wash mitt microfiber untuk aplikator sabun cuci. Bisa juga tambah membeli saringan dasar ember sebagai wadah bilas dari sarung tangan cuci. Juga jangan ketinggalan kain serat mikro pengering sebagai pengganti kanebo.

Ilustrasi poles mobil Ilustrasi poles mobil

Peranti Detailing

Di tengah pandemi seperti ini boleh jadi tersisa banyak waktu luang untuk dimanfaatkan. Selain mencuci, coba lakukan detailing sendiri. Well, untuk pengerjaan sesekali mungkin tidak bisa dibilang murah. Siapkan dana sekitar Ro 500-600 ribu untuk membeli cairan kumpon abrasif dan wax bermerek. Contoh keluaran Meguiar’s, Menzerna, Mothers, dan lainnya bisa ditemukan pada e-commerce atau toko perkakas. Lengkapi juga persenjataan dengan mesin rotari untuk bantu meratakan permukaan cat.

Baca juga: Ikuti Cara Ini Agar Bekendara Tetap Fokus dan Bugar Sepanjang Bulan Puasa

Andai belum siap mengikis permukaan dengan rubbing atau polishing compound, bisa aplikasi wax yang lebih mudah. Cukup terjangkau pula, tak perlu mesin poles. Sebab hanya menambah lapisan ekstra, pada dasarnya tinggal terapkan material dengan applicator pad. Tunggu beberapa saat sampai sedikit mengering baru dilap dengan kain microfiber. Atau, bisa ikuti anjuran dari pabrikan.

Vacuum Cleaner Portable

Menjaga kebersihan kabin tidak melulu merepotkan. Tak perlu bujet setinggi langit pula. Siapkan saja vacuum cleaner portable seharga Rp 100-500 ribuan. Ringkas, tak memakan banyak ruang dan bisa disimpan di bagasi. Dapat dioperasikan lewat power outlet 12V dalam kabin pula. Remah atau pasir di lantai atau jok dengan mudahnya bisa langsung dihisap.

phone holder

Peningkat Fungsionalitas Kabin

Bujet THR yang tak terpakai mungkin juga dianggarkan untuk meningkatkan fungsionalitas pemakaian. Banyak aksesori universal tersedia baik itu di marketplace daring sampai ke toko perkakas. Misal cup holder tambahan bila dirasa tempat penyimpanan kurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Atau, holder smartphone bila head unit belum mendukung integrasi. Dapat pula meningkatkan kesegaran udara dengan air purifier tambahan.

Pakaian Baru

Modifikasi bisa jadi jalan keluar untuk menyegarkan pikiran. Mungkin itu yang Anda butuhkan, suatu penampilan baru. Batasannya sangat tergantung preferensi dan limitasi bujet masing-masing. Mau itu bergaya single tuner, sampai kustomisasi liar sangat mungkin dilakukan.

velg aftermarket

Namun untuk mendapatkan penampilan segar juga tidak perlu sampai habis-habisan dan memaksa. Contoh sebatas mengganti pelek atau menambah lip spoiler universal. Mainkan kreativitas agar tampil beda tanpa menguras kantong. Contoh aplikasi stiker bening di sein agar terlihat ala mobil AS. Atau, contoh paling nyata adalah gaya modifikasi “OEM Look”. Penampilan standaran saja dapat dibikin manis dan berbeda. (Krm/Tom)

Baca juga: Walau Mudik Dilarang, Anda Bisa Melakukan Perawatan Cairan Mobil Sendiri

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil