Lakukan 5 Hal ini Agar Mobil Anda Tidak Mengalami Penuaan Dini

Lakukan 5 Hal ini Agar Mobil Anda Tidak Mengalami Penuaan Dini

Anda memiliki kendaraan roda empat tentunya harus melakukan perawatan dengan teratur. Sebagian mungkin tak peduli dan ambil pusing. Selama mobil masih bisa berjalan, ya sudah. Kalau rusak tinggal dibawa ke bengkel, beres! Padahal merawat kendaraan adalah keharusan bagi Anda pemilik mobil. Ibarat wajah, tampilan kendaraan adalah yang pertama dilihat. Jangan sampai kendaraan Anda terlihat mengalami penuaan dini.

Panuaan dini? Yap, jika mobil asal dibersihkan dan dirawat penampilannya akan terlihat kusam. Artinya, mobil yang masih berusia satu tahun, sudah terlihat bak mobil lebih dari 4 tahun pakai. Tapi perawatan mobil perlu biaya yang banyak? Pertanyaan selanjutnya muncul. Meski memang harus ada biayanya tapi tidaklah banyak. Bukanlah lebih baik melakukan perawatan ketimbang kemudian harus masuk salon atau bengkel mobil lantaran tampilannya yang sudah lusuh bukan?

Anda sebenarnya bisa melakukan perawatan bodi mobil sendiri. Sangat sederhana, namun perlu kedisipinan dan perhatian lebih.

Baca juga: Lima Tips Mudah Menjaga Performa Ban, Tidak Perlu Alat Khusus

washing car

1. Mencuci Mobil

Ya benar, mencuci mobil merupakan langkah mendasar dalam menjaga penampilan mobil tetap menawan dan prima. Kedisiplinan berperan besar dalam urusan pencucian mobil. Kalau peralatan, pengetahuan, dan keinginan Anda minim, manfaatkan pencucian mobil profesional. Tidak terlalu mahal. Apalagi sebagai yang menyandang titel pencucian mobil profesional, mereka tahu betul apa saja yang harus dilakukan dan menggunakan bahan apa saja.

Jika mencuci sendiri pastikan air yang digunakan bersih. Siapkan alat yang dibutuhkan seperti sampo mobil, sikat plastik, kain lap dan kain mikrofiber. Pastikan juga air segera dilap dari bodi mobil karena air yang mengering juga bisa membahayakan cat.

2. Jangan Asal Berbusa

Saat mencuci mobil di pencucian atau mencucinya sendiri, pastikan cairan pembersihnya aman untuk bodi mobil. Jangan sembarang menggunakan sabun atau shampo. Jangan pernah menggunakan detergent atau sabun pencuci pakaian. Karakter dari detergent sendiri sudah sangat keras. Hasilnya memang kotoran bisa mudah terangkat. Namun berpotensi sangat tinggi merusak cat mobil Anda. Efeknya muncul setelah beberapa lama, menjadikan cat mobil terlihat usang dan hilang kilaunya, seperti mobil uzur.

Memilih shampo yang benar akan menjaga warna mobil Anda. Pilih shampo yang tidak mengandung silicone, lebih aman gunakan shampo berbahan alami atau organik. Pilih shampo mobil yang tidak mengandung detergen dan terakhir pilih yang memiliki PH balanced atau PH 7 dan brightening agent, yang berfungsi mengangkat kotoran dan mengilapkan cat mobil.

Baca juga: Cara Melindungi Mobil dari Karat

car cover

3. Parkir Lokasi yang Benar

Saat mencuci maupun memarkirkan mobil, pilihlah lokasi yang benar. Usahakan mobil jangan berada di bawah terik matahari langsung, atau memilih di bawah pohon sebagai lahan parkir dengan alasan teduh. Padahal perlu diperhatikan juga bahwa getah pohon yang jatuh dan menempel bisa jadi musuh utama bodi. Selain sulit dibersihkan, reaksi kimianya kemudian bisa merusak. Selain getah, kotoran burung dan tokek juga sering menjadi musuh cat mobil.

Di rumah sebaiknya Anda punya garasi atau setidaknya atap sehingga mobil terlindungi. Mobil yang terkena sinar matahari langsung atau terkena embun pagi, lama kelamaan akan mempengaruhi kualitas cat.

4. Gunakan Cover

Saat memarkir di rumah, cover mobil juga bisa digunakan. Apalagi kalau Anda memiliki hewan peliharaan atau parkir di tempat terbuka. Perlu diingat pilih cover mobil dengan bahan yang berkualitas. Banyak yang dijual dengan harga lebih murah namun materialnya kurang baik. Mulai dari menyebabkan gores, sampai menimbulkan jamur pada bodi karena lembab.

5. Poles, Coating, Waxing

Nah kalau Anda sangat memperhatikan penampilan bodi mobil, poles menjadi hal yang wajib. Dengan coating dan waxing, memberikan lapisan ekstra di atas cat bodi mobil. Hasilnya tak hanya mobil tampak berkilau untuk jangka waktu tertentu, membersihkannya pun jadi lebih mudah. Pasalnya kotoran yang menempel tidak langsung kontak dengan cat, melainkan dengan lapisan ekstra tadi yang sifatnya juga lebih licin. Ada beragam jenis coating dan waxing yang bisa Anda pilih, kualitas dan harganya pun bervariasi. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan budget. Anda bisa melakukannya sendiri atau menggunakan tenaga ahli. (Tom/Raju)

Baca juga: Tips Berkendara di Musim Hujan, Sediakan 3 Payung Ini

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store