5 Tips Cara Memilih Car Cover yang Tepat untuk Mobil Anda

5 Tips Cara Memilih Car Cover yang Tepat untuk Mobil Anda

Memasuki Desember berarti mendekati akhir tahun. Libur akhir tahun banyak yang merencanakan perjalanan. Bagi yang tidak, kendaraan Anda tentunya hanya berada di garasi. Car cover atau sarung mobil memiliki peran untuk menjaga mobil dari kerusakan ketika diparkir di rumah.

Car cover melindungi mobil dari risiko terkena cakaran binatang seperti kucing yang naik ke atas mobil, dan yang terpenting adalah melindungi mobil dari air hujan, debu, dan kotoran lain yang mengenai mobil ketika parkir. Kotoran yang menempel bisa membuat mobil tampak kusam dengan munculnya water spot atau jamur di bodi mobil dan meningkatkan risiko tumbuhnya karat.

“Meski begitu, Anda tidak bisa asal membeli car cover di pasaran. Pastikan Car cover yang dibeli memiliki kualitas prima sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan baik untuk menjaga mobil dari berbagai material yang merusak, terutama di musim hujan seperti saat ini,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

Berikut beberapa hal yang bisa dipelajari sebelum membeli car cover.

1. Pastikan Ukuran Car Cover

Anda bisa memilih cover mobil yang ukurannya sesuai dengan dimensi mobil. Pastikan jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Cover mobil yang terlalu besar membuatnya tidak terpasang dengan baik sehingga menyebabkan bagian bawah sarung tidak kencang. Car Cover dengan ukuran terlalu kecil akan menimbulkan masalah lantaran bodi mobil tidak tertutup sempurna dan ada risiko mobil terkena air hujan atau debu.

2. Pilih Bahan yang Tepat

Jika kerap parkir mobil di tempat terbuka, sebaiknya memilih car cover dengan bahan parasut atau polyester karena tahan air. Masalahnya, car cover berbahan parasut ada risiko berembun pada bagian dalam sehingga harus dijaga supaya tetap kering dan bersih. Sementara itu, jika lebih sering parkir mobil di dalam ruangan, bisa pilih sarung mobil berbahan fabric untuk memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban pada mobil.

Baca juga: Musim Hujan Datang, Berikut Ini Sejumlah Langkah Menjaga Mobil

cover mobil

3. Pastikan Tidak Mudah Luntur

Hati-hati ketika memilih cover mobil berwarna terang karena bahan dengan kualitas rendah bisa saja mengakibatkan warna sarung luntur dan mengenai bodi mobil. Banyak bahan yang tidak bagus kualitasnya sehingga warna tidak tahan lama bahkan luncur mengotori bodi mobil. Tentu akan sangat menyulitkan apabila masalah ini terjadi.

4. Pelajari Lapisan Car Cover

Supaya dapat berfungsi dengan baik, car cover dengan kualitas memadai tidak hanya terdiri dari satu lapisan saja. Di bagian luar terbuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari. Pada lapisan kedua biasanya terdapat rongga untuk sirkulasi udara guna mencegah pengembunan. Lapisan ketiga atau lapisan paling bawah akan melindungi bodi mobil. Dan biasanya berbahan lembut supaya tidak mengakibatkan bodi mobil baret.

5. Beli di Tempat yang Tepat

Sebagai pamungkas, silakan beli car cover di tempat yang terpercaya. Bagi Anda pengguna Toyota bisa melakukan pembelian di Auto2000 Digiroom. Buka menu Purna Jual, kemudian klik Aksesoris, dan silakan pilih car cover yang sesuai kebutuhan. Car cover exclusive Auto2000 terbuat dari material JN coating yang mengadopsi teknologi serat polyester modern, bersifat kuat dan punya daya tahan tinggi, serta dilapisi coating yang membuatnya anti air hingga 95% dengan efek daun talas. Ukurannya sudah disesuai dengan dimensi mobil Toyota dan bebas biaya kirim untuk wilayah Jabodetabek.

“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 Digiroom bisa membantu AutoFamily yang ingin memiliki car cover untuk melindungi mobil kesayangan saat parkir di rumah. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom,” kata Ricky Martawijaya dalam keterangannya. (Raju)

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Aspal di Bodi Mobil untuk Mengisi Kegiatan Liburan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil