Ini Arti dan Sebab dari Indikator ABS Menyala

Ini Arti dan Sebab dari Indikator ABS Menyala

Fitur pengereman mobil Anti-lock Braking System (ABS) menjadi  standar pada produk-produk terbaru. Teknologi ini memberikan bantuan pada pengemudi untuk mengendalikan kendaraan saat situasi darurat. Kehadiran fitur penting ini tentu membutuhkan perhatian, termasuk soal perawatan. Apa saja?

KEY TAKEAWAYS

  • Indikator ABS menyala

    Ada beberapa penyebab seperti pada sensor
  • Cara mengatasi indikator ABS menyala

    Disarankan mengecek dan memperbaiki di bengkel resmi
  • Petunjuk mengenai ABS ada di depan pengemudi. Pada panel meter terdapat lampu indikator mengenai kondisi ABS. Simbolnya biasanya berupa tulisan ABS di dalam lingkaran yang diapit dua lengkungan di sisi kiri dan kanannya. Simbol peringatan ini berwarna kuning agar mudah dilihat dan dikenali saat menyala.

    Jangan panik apabila lampu peringatan ABS ini menyala atau kelap-kelip saat mobil berjalan. Ini bukan berarti rem mobil bermasalah, melainkan ada gangguan pada fitur ABS yang membutuhkan pengecekan profesional lebih lanjut.

    ABS bermasalah. Segera periksa

    Baca juga: Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel Euro 4 ala Toyota

    Pengemudi masih bisa mengemudikan kendaraan hingga ke tempat tujuan karena fungsi rem tetap dapat berfungsi. Namun ada kemungkinan kendaraan saat ini berjalan tanpa fungsi ABS.

    Cara pertama untuk melakukan pemeriksaan ringan tentang kondisi ABS adalah jalankan mobil dalam kecepatan rendah. Injak rem dan rasakan apakah ada perbedaan. Penggambarannya apakah injakan pedal rem terlalu dalam dari biasanya atau pengereman kurang menggigit. Jika ini yang dirasakan, segera hentikan mobil dan periksa rem karena ada kemungkinan kerusakan pada sistem pengereman mobil.

    Lantas mengapa indikator ABS menyala? Indikator ABS menyala untuk memberikan peringatan pada pengemudi bahwa harus ada perhatian pada sistem ABS. Biasanya terkait sensor-sensor ABS yang ada pada roda mobil baik depan maupun belakang. Sebabnya kemungkinan besar adalah kotoran sehingga membuat sensor tidak berfungsi dengan baik dan menjadi seolah tidak berfungsi.

    Masalah lain adalah sistem kelistrikan mobil yang terhubung dengan sistem ABS rusak. Penyebabnya bisa gigitan tikus atau kerusakan lain seperti kendala pada komputer pengontrol ABS. Kemungkinan lain akibat jarang dilakukan servis berkala.

    servis toyota

    Pemilik kendaraan disarankan untuk tidak melakukan perbaikan sendiri bila ada masalah dengan ABS. Bagi pemilik kendaraan Toyota, bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pemeriksaan lengkap. Ini agar sumber masalah segera ditemukan dan dilakukan perbaikan. Bagi pemilik kendaraan, cegah masalah ABS dengan servis berkala setiap 6 bulan sekali di bengkel Auto2000 atau gunakan layanan Toyota Home Service untuk kemudahan perawatan kendaraan.

    “Fitur ABS memiliki peran yang sangat penting sebagai fitur keamanan berkendara. Segera cek ke bengkel Auto2000 jika lampu indikator ABS menyala agar segera dapat dicarikan solusinya dan fitur safety ini berfungsi normal kembali. Urusan Toyota lebih mudah, teknisi Auto2000 akan melakukan perawatan ABS sebagai bagian dari servis berkala,” ucap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangannya. (STA/TOM)

    Baca juga: Perhatikan Hal Ini Kalau Tak Mau Electric Power Steering Cepat Rusak

     

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature