Empat Komponen Penting Agar Aman dan Nyaman Mengemudi di Musim Hujan

Empat Komponen Penting Agar Aman dan Nyaman Mengemudi di Musim Hujan

Musim hujan kembali melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Kondisi ini berpengaruh pada para pemilik kendaraan, beberapa diantaranya seperti kondisi jalan yang licin, visibilitas pengendara berkurang serta beberapa kondisi yang patut diwaspadai lainnya.

Saat musim hujan, kendaraan wajib dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan komponen-komponen penting di mobil yang berfungsi pada kondisi hujan agar dapat digunakan secara optimal. Mitsubishi memberikan empat komponen pada mobil yang memerlukan pemeriksaan dan perhatian saat berkendara di musim hujan.

Pertama adalah wiper. Alat ini cukup terasa penggunaannya selama musim hujan. Wiper berfungsi menyapu air dari kaca agar pengemudi mendapatkan visibiliatas yang tetap terjaga. Jika kondisi karet wiper sudah keras maka sebaiknya diganti agar berfungsi dengan baik dan membuat pandangan pengemudi lebih jelas. Perhatikan juga tabung air wiper dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor.

tips ban

Perhatian berikutnya adalah kondisi ban mobil. Ini komponen yang sangat penting dan wajib pemeriksaan kondisinya karena ban adalah bagian kendaraan yang menapak dengan jalan. Saat permukaan basah, bisa menyebabkan mobil kehilangan traksi. Perhatikan alur ban, jika sudah botak segera lakukan penggantian pada ban. Selain itu secara berkala cek tekanan angin ban dan pastikan sesuai standar dan petunjuk pabrikan. Temui label besaran tekanan ban di stiker yang terdapat pada pintu pengemudi.

Ketiga, komponen yang wajib dicek secara berkala adalah rem. Ini untuk memastikan keamanan berkendara pada musim hujan untuk memperlambat laju kendaraan. Jarak pengereman di musim hujan menjadi lebih panjang dibanding saat jalan kering. Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi kampas rem untuk menentukan perlu tidaknya penggantian. Jika saat pengereman terdengar bunyi decitan dari bagian rem, kemungkinan besar kampas rem mobil sudah tipis dan menyebabkan bunyi gesekan antara dua logam.

Baca juga: Karet, Komponen Penting Kendaraan di Musim Hujan

tips mesin

Komponen keempat yang wajib diperhatikan adalah kelistrikan, ini termasuk lampu penerangan kendaraan. Lampu menjadi komponen penting yang membantu visibilitas pengemudi terutama saat hujan deras. Pastikan seluruh lampu mobil, baik depan maupun belakang, berada dalam kondisi baik. Ini juga untuk memberitahukan posisi kendaraan pada pengendara lain sehingga tidak terjadi tabrakan.

Pastikan seluruh komponen kelistrikan utama dalam kondisi baik seperti meter cluster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, lampu senja dan lainnya. Kabel-kabel umumnya dilengkapi socket anti air. Meski demikian perlu memastikan kondisi kabel baik dan tidak terbuka atau terkelupas.

tips wiper

Boediarto, General Manager After Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengungkapkan persiapan kendaraan saat musim hujan sangat penting karena pengemudi akan mengandalkan kondisi kendaraan. Termasuk di dalamnya komponen vital seperti wiper, aki, ban, rem dan kelistrikan untuk memastikan perjalanan lancar tanpa gangguan.

"Selain perawatan dan pengecekan kendaraan yang dapat dilakukan mandiri di rumah, kami sarankan juga untuk melakukan perawatan berkala di bengkel Mitsubishi. Dengan melakukan perawatan berkala kendaraan yang dipakai sudah melalui pengecekan lengkap sesuai buku panduan servis berkala dan siap untuk melewati berbagai kondisi jalan," ucap Boediarto dalam keterangannya, Jumat (24/12/2021).

Tidak lupa, Mitsubishi masih mengadakan Rainy Campaign yang berlangsung sejak 1 Desember 2021 sampai 31 Januari 2022. Ini merupakan program paket perawatan kendaraan Mitsubishi di seluruh diler resmi Mitsubishi Motors dengan fasilitas 3S dan ditujukan pada konsumen model Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Outlander Sport dan Mirage. (Sta/Raju)

Baca juga: Jangan Lupa Merawat Rem Selama Musim Hujan

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil