Biar dapat Benefit Sesungguhnya, Jangan Asal Pilih Oli untuk LCGC

Biar dapat Benefit Sesungguhnya, Jangan Asal Pilih Oli untuk LCGC

Mobil murah LCGC masih jadi primadona. Meski kontestannya kian berkurang. Penjualannya masih cukup mendominasi. Industri aftermarket pendukungnya pun masih sangat ramai. Namun tahukah Anda LCGC sebaiknya tak pakai sembarang oli?

KEY TAKEAWAYS

  • Oli yang sesuai untuk LCGC

    Dianjurkan memilih oli yang encer
  • Kaitannya pada regulasi awal atau salah satu syarat untuk bisa masuk kategori LCGC. Yakni konsumsi BBM yang harus tembus minimal 20 km/liter. Untuk itu, penggunaan oli dengan spesifikasi sesuai anjuran pabrikan sewajarnya diikuti. Dari anjuran, baik untuk produk Toyota, Daihatsu dan Honda, menggunakan spesifikasi pelumas yang encer. Seperti angka viskositas SAE 0W-20 atau 0W-30. Umumnya juga ada identitas "Eco" pada pelumasnya.

    Hal itu diperlukan agar proses pelumasan sampai ke bagian yang mengalami friksi di celah sempit sekalipun. Kemudian, penggunaan tanda "Eco" juga bukan sekadar gimik. Melainkan karena memang oli untuk LCGC mengejar efisiensi bahan bakar.

    oli lcgc

    Baca juga: Perhatikan Hal Ini Kalau Tak Mau Electric Power Steering Cepat Rusak

    "Memang untuk LCGC itu harus menggunakan pelumas khusus karena mesin yang kecil dan ringkas sehingga membuat celah antar komponen di dalam mesinnya cenderung sempit," tutur Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL) dalam keterangan resmi (10/8).

    Brahma menjelaskan lebih lanjut. Bahwa oli untuk mobil LCGC memiliki kandungan zat aditif yang membuat molekul oli dapat mereduksi friksi dari komponen yang bergerak relatif satu sama lain. Agar tetap lancar meskipun dengan celah yang sempit.

    PT Pertamina Lubricants pun sudah menyiapkan produk yang sesuai untuk LCGC. Disebut Fastron Eco Green. Diklaim punya komposisi base oil dan aditif yang lebih unggul dalam menjaga kestabilan kekentalan sehingga lebih baik dalam melindungi mesin. Formulasi baru juga disebut mencegah terjadinya deposit sisa pembakaran di dalam mesin. Ditambah Nano Guard teknologi yang bakal melindungi mesin sekaligus membersihkan secara menyeluruh hingga celah tersempit.

    oli lcgc

    Disesuaikan dengan kapasitas mesin LCGC yang juga kecil. Fastron Eco Green hadir dalam kemasan berbeda ukuran 3,5 liter dan punya 2 varian: 0W-20 API SN ILSAC GF 5 dan 5W-30 API SN ILSAC GF 5. Tentunya cocok untuk semua LCGC termasuk Toyota Agya, Calya, Daihatsu Ayla, Sigra, Honda Brio, Suzuki Karimun Wagon R dan Datsun Go dan Go+.

    "Kami yakin dengan Fastron Eco Green, konsumen bisa merasakan berbagai keunggulan yang lebih. Lebih irit, lebih lancar, lebih awet, lebih bersih, bertenaga, responsif dan pastinya lebih melindungi," pungkas Brahma. (TOM)

    Baca juga: Beberapa Penyebab Aki Mobil Meledak, Perhatikan Hal Ini!

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature