jakarta-selatan
Bahasa en | id

Royal Enfield Classic 500

Ubah Motor
3 Rating | 3 Review
Rp 89,6 Juta
Harga Classic 500
Harga OTR di Jakarta Selatan
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat Promo
Spesifikasi Classic 500
Kapasitas 499 cc
Tenaga Maksimal 27.2 hp
Opsi start Kick & Electric
Panel Instrumen Digital
Indikator Bbm Analog
Jenis Transmisi Manual
Tulis Review
REVIEW kendaraanmu & MENANG hingga Rp 500 Ribu setiap hari
Tulis Review

Classic 500 : Dari Para Ahli

Kelebihan Classic 500
  • Sensasi mengendarai motor tua
  • Torsi besar
  • Pilihan warna menarik
  • Harga relatif terjangkau
Kekurangan Classic 500
  • Getaran mesin berlebihan, beberapa pengguna mengeluhkan berakibat pada longgarnya baut-baut yang ada.
  • Tenaga terbilang kecil
  • Minim fitur
  • Image build quality belum sebaik rivalnya

Informasi Terkini Classic 500

Pilihan warna dari Classic 500 cukup banyak. Dengan berbagai gaya, semua kelir yang disediakan tetap bernuansa klasik. Harga OTR Jakarta Rp 92.600.000 cukup terjangkau apalagi bagi mereka yang baru akan memiliki motor besar, motor ini bisa jadi pertimbangan.

Ditopang oleh rangka single downtube, Classic 500 dibekali mesin Spark Ignition satu silinder berkapasitas bersih 499 cc. Suara dari mesin satu silinder ini memang kurang menyenangkan. Tapi kelebihannya adalah memberikan lonjakan torsi besar, 41.3Nm, dapat dihasilkan pada 4.000 rpm. Dengan torsi sebadak itu, tanjakan bisa dilewati dengan mudah. 

Kekurangan lainnya adalah getaran. Masalah ini selalu ada di keluarga cruiser Royal Enfield Classic. Pembuatnya bilang ini akan lebih membuat motor berasa klasik. Sah saja, tapi apakah perlu? Kami rasa tidak. 

Harga Royal Enfield Classic 500 2019

Varian Harga Spesifikasi  
Standard Rp 89,6 Juta*
Harga OTR
499 cc, 27.2 hp, Kick & Electric, Bensin
Punya pertanyaan tentang Classic 500?

Tanyakan pada sesama pengguna Classic 500 atau tim ahli Oto kami

Informasi Personal*
+62 -
Klik gambar untuk memuat ulang
Login/Daftar
Hanya nama Anda yang akan ditampilkan. Email dan nomor HP tidak akan ditampilkan
Terima kasih telah bertanya pertanyaan
Pertanyaan Anda menjadi masukan yang berguna bagi kami

Jutaan orang akan sangat terbantu memilih motor berkat kontribusi Anda

Sementara itu, lihat juga pertanyaan untuk Royal Enfield Classic 500

Harga Royal Enfield Classic 500 di Kota Populer

Gambar Royal Enfield Classic 500

Warna Royal Enfield Classic 500

Classic 500 tersedia dalam 7 warna yang berbeda - Black, Battle Green, Desert Storm, Squadron Blue, Stealth Black, Chorme Black and Chorme Graphite

  • Black

  • Battle Green

  • Desert Storm

  • Squadron Blue

  • Stealth Black

Video Royal Enfield Classic 500

Lihat video terbaru Royal Enfield Classic 500 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Bandingkan Royal Enfield Classic 500 Dengan Motor Sejenis

Review Royal Enfield Classic 500

  • Overview
  • Fitur
  • Desain
  • Mesin & Konsumsi BBM
  • Pengereman

Overview

“Mengejar kesederhanaan berkendara”, begitu kurang lebih yang dikatakan Royal Enfield pada website resminya. Bisa jadi, kalimat itu cukup merepresentasikan Classic 500 ini. Tidak begitu banyak fitur dan teknologi anyar yang menempel, membuatnya berharga ekonomis. Masalahnya, antara kesederhanaan dan memangkas ongkos produksi jadi hal yang bias. Semoga ini bukanlah “permainan” untuk memperoleh profit tinggi dengan menurunkan kualitas.

Royal Enfield Classic 500 memiliki harga yang terjangkau ketimbang rivalnya. Dibanderol Rp 92.600.000 (OTR Jakarta) motor ini seharusnya dapat mencakup pasar yang luas. Apalagi untuk mereka yang belum pernah punya motor gede.

Sedari lahir, Royal Enfield punya bahasa desain yang sama hingga sekarang. Terinspirasi dari motor masa perang dunia II, merek Inggris ini menerjemahkannya dengan membuat Classic 500 dengan genre cruiser di masa sekarang. Menggunakan headlamp bundar berbalut krom, single seat dengan pegas di bawahnya, dan kosmetik berbentuk vintage, mudah membuat orang awam percaya motor ini berasal dari masa lalu.

Ditopang rangka single downtube, Classic 500 dibekali mesin satu silinder berkapasitas 499 cc. Suara dari mesin satu silinder, memang kurang menyenangkan. Tapi penggunaan silinder tunggal tentu memberikan lonjakan torsi yang melimpah. Terbukti, 41.3Nm dapat dihasilkan pada putaran mesin 4.000 rpm, yang artinya tidak perlu usaha keras untuk mencapainya.

Fitur

Jangan berharap banyak di bagian stang dan dashboard. Panel instrumen dihiasi ornamen klasik. Hanya ada speedometer analog bermodel lawas yang berbalut krom. Di bagian terpisah, ada indikator bulat kecil yang menunjukkan sensor check engine serta indikator bensin saat habis.

Jok tunggal dengan pegas di bawahnya, menjadi penopang pengendara yang mestinya cukup nyaman lantaran ukurannya yang lebar dan busa yang tebal. Jangan khawatir, ada jok tambahan untuk penumpang jika dibutuhkan dengan model yang terpisah.

Suspensi teleskopik yang digunakan berukuran 35 mm dan modelnya sangat mencirikan motor tua. Di bagian belakang juga sama lawasnya, hadir dual shock dengan warna krom di sekujur tubuh. Tapi jangan salah, shock belakang ini dapat diatur tingkat kekerasannya hingga lima setelan.

Desain

Desain fender depan dan belakang membulat. Lekukannya membentuk setengah lingkaran, menutupi sebagian roda motor. Dikombinasi headlamp dengan topi (pet) dan stop lamp yang bulat, sempurna sudah untuk disebut motor lawas. Belum lagi, bentuk tangki minim sudut serupa dengan motor-motor yang digunakan pada masa perang dunia.

Pada pewarnaannya, Classic 500 memberikan kombinasi yang unik. Emblem Royal Enfield pada tangki bukan berbahan pelat, melainkan gambar dengan teknik airbrush yang membuat nuansanya semakin klasik.

Mesin & Konsumsi BBM

Disenjatai mesin satu silinder 499 cc, tenaga maksimumnya terbilang kecil, hanya 27.5 PS pada 5.250 rpm. Tetapi berkat penggunaan silinder tunggal dengan volume besar, torsi 41.3 Nm diraih pada 4.000 rpm. Artinya, motor ini enak diajak menanjak.

Sayangnya, getaran mesin menjadi terasa sangat besar hingga ke bagian stang. Memang betul, itu salah satu sensasi dari mengendarai motor lawas. Tapi getaran yang berlebihan cukup mengganggu apalagi saat perjalanan jauh. Cepat bikin lelah.

Pengereman

Di versi terbarunya, Classic 500 sudah menggunakan rem cakram di kedua roda. Berbeda saat motor ini baru di launching, di roda belakang rem teromol masih menjadi andalan. Hal ini patut di apresiasi karena walaupun berbentuk klasik, teknologi yang diberikan cukup modern. Sayang, motor yang diperuntukkan di jalan aspal ini belum memiliki teknologi ABS, yang penting untuk keselamatan.

Di depan, rem cakram berukuran 280 mm dengan kaliper dua piston. Di belakang berukuran 240mm dengan kaliper piston tunggal. Teknologi pengereman dibuat oleh Byebre, yang merupakan anak perusahaan Brembo. Ini cukup positif, walaupun Bybre sebetulnya ditujukan untuk motor yang ekonomis, tetapi nama besar brembo sangat dapat dipercaya.

Review Pengguna Royal Enfield Classic 500

4.7
Berdasarkan 3 Review
  • 5 2
  • 4 1
  • 3 0
  • 2 0
  • 1 0
Ceritakan kisah motor Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis Review
Review populer
  • S
    Sutiadi 19 Nov, 2019 untuk Royal Enfield Classic 500
    Klasik era perang dunia I

    Dentum lamsam yang lambat khas dari mesin motor tua, tetapi anti mogok alias mesin baru, bergaya klasik tapi modern (injection) Baca Selengkapnya

  • A
    Agung 05 Nov, 2019 untuk Royal Enfield Classic 500
    Materialnya Kokoh

    Gak nyesel deh beli brand motor legendaris. Biar dibuat dari India, nuansa klasiknya tetep bertahan hingga saat ini. Kapan lagi punya moge 500 cc harganya cuma 100 jutaan. Materialnya kokoh banget. Buat yang gak percaya, ketok aja di beberapa bagian motor Royal Enfield. Padet semua cuyy. Buat sekedar sunmori motor ini enak banget. Buat jalan jauh okey. Apalagi gw udah Baca Selengkapnya

  • A
    AISYAH 17 Okt, 2019 untuk Royal Enfield Classic 500
    Timeless Classic

    Sudah cukup lama pakai Royal Enfield Classic 500. Timeless Classic. Desain era perang dunia sangat melekat di motor ini. Dari mulai tangki, spakbor, sampai sadel, 40an banget. Terus lampunya simple pakai bulet di depan dan kecil dkasih besi di belakang. Fiturnya gak banyak, Cuma speedometer yang informasinya juga itu-itu aja. Tapi ya memang ini yang dicari, buat bernostalgia. Nah, yang Baca Selengkapnya

Review Pengguna Classic 500

Pertanyaan seputar Royal Enfield Classic 500

Motor Royal Enfield Pilihan

Dealer Royal Enfield Terdekat

Berita Royal Enfield Classic 500

Dapatkan penawaran pertukaran terbaik di Motor Anda
Tolong beri tahu kami tentang mobil Anda di bawah ini dan kami akan menghubungkan Anda dengan mitra dealer kami.
Hanya 1 langkah dari penawaran terbaik. Harap masukkan detail kontak Anda
+62 -
Hampir Selesai

Mohon masukkan kode OTP 4 digit yang dikirim ke nomor Whatsapp/SMS Anda

Terima kasih