jakarta-selatan
Bahasa en | id

Tata Xenon

Rp142,3 - Rp320 Juta
Harga OTR
Dapatkan Harga OTR
Dapatkan promo eksklusif, test drive, & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat promo FEBRUARY
Performa
Kekuatan 147 hp
Mesin 2179 cc
 
Kenyamanan
AC Ya
Power steering Ya
 
Keselamatan
Kantong Udara Pengemudi Ya
 
Kapasitas
Tempat Duduk 4 Kursi
Ground Clearance 200 mm
 
ANGSURAN BULANAN
Durasi 36 Bulan
Angsuran Bulanan Rp3,25 Juta
Dapatkan Harga
Menampilkan informasi mengenai Tata Xenon XT - Diesel

Harga Tata Xenon

Varian (Harga OTR)  
Varian Diesel
XT
4 Kursi, 147 hp, 2179 cc Diesel
Rp320 Juta*
Varian Bensin
RX
2 Kursi, 72 hp, 2956 cc Petrol
Rp142,3 Juta*

Bandingkan Tata Xenon dengan Mobil Sejenis

VS

Video Tata Xenon

Lihat video terbaru Tata Xenon untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Gambar Tata Xenon

Warna Tata Xenon

  • Blue

  • Red

  • Red Metallic

  • White

Review Tata Xenon

Tinjauan

Pendahuluan

Memulai debut perdananya di ajang Bologna Motor Show pada tahun 2006, Tata Xenon merupakan salah satu model truk pikap unggulan dari pabrikan mobil asal India. Model ini berbagi kerangka yang sama dengan Sumo Grande SUV, yang diproduksi untuk pasar India. Xenon bukanlah sekedar pikap biasa, mengingat kendaraan ini mengusung tampilan bak kendaraan dari segmen premium dan dibekali dengan mesin bertenaga tinggi yang mampu mengungguli kompetitornya. Selain mampu menyemburkan tenaga yang besar, mesin kendaraan ini juga terkenal sebagai salah satu yang terbaik dalam aspek efisiensi bahan bakar di segmen kendaraan komersial. Xenon juga hadir di berbagai negara dengan kapabilitas off-road yang mewah dan kapasitas 5-kursi seperti Xenon XT. Namun, Tata Motor tentunya tidak akan berani ambil resiko untuk merilis model XT di pasar otomotif Indonesia yang lesu, sehingga lebih cenderung untuk fokus pada segmen komersial.

Mesin, Jarak Tempuh, dan Varian

Mesin yang disematkan pada Tata Xenon telah diklaim oleh pabrikan sebagai mesin yang berkapasitas paling besar di segmennya, menjadikannya sebagai truk pikap paling bertenaga di pasar Indonesia. Mobil ini dipersenjatai dengan mesin diesel Turbocharged berkapasitas 3 liter yang menghasilkan tenaga puncak sekitar 73 bhp @3000 rpm dan torsi mencapai 223 Nm dalam rentang putaran 1600-2200 rpm. Daya keluaran yang besar ini menjadikan Xenon sebagai kendaraan pikap yang efisien dn mampu mengangkut barang yang lebih berat, ketimbang pikap lain di segmennya. Sebagai turbocharged, kapasitas mesin telah dimaksimalkan melebihi standarnya dan teknologi injeksi langsung yang dikontrol oleh komputer menawarkan tingkat efisiensi bahan bakar yang patut diacungi jempol. Pikap ini mampu menembus kecepatan puncak hingga 120 kmpj dan didukung dengan jaminan 3 tahun.

Eksterior

Meskipun tergolong sebagai pikap komersial, namun eksterior Xenon mengusung tampilan kendaraan mewah dan menawarkan ukuran yang terbesar di kelasnya. Panjang kendaraan ini secara keseluruhan mencapai 5361 mm dan lebar 1860 mm, sehingga menawarkan ruang interior yang lapang untuk penumpangnya dan kapasitas muatan yang sangat besar. Dengan tinggi mencapai 1785 mm, Xenon juga tergolong praktis ketika memuat/menurunkan barang. Berbicara mengenai gaya desain ekstenal, fitur Xenon yang paling tajam adalah fasia ala SUV dengan lampu utama beraksen krom terang yang didukung dengan teknologi LED. Diantara lampu utama bernuasa maskulin nan simpel, terdapat gril standar dengan lambang TATA yang disematkan pada bagian tengah. Lengkungan roda diperlebar, sehingga terlihat serupa dengan SUV mewah, beserta rumah lampu kabut yang dibalur warna hitam-matte.

Interior

Kita tentunya tidak bisa berharap terlalu banyak mengenai kenyamanan interior yang ditawarkan oleh kendaraan di segmen Xenon. Namun, pabrikan telah membekali truk pikap komersial ini dengan interior yang setara dengan kendaraan mewah entry-level. Hadir dengan dasbor yang berwarna abu-abu gelap, beserta pegangan pintu dan jendela yang beraksen hitam, Xenon dilengkapi dengan unit AC yang mendinginkan kabin dalam beberapa menit. Sayangnya, unit audio tidak terdapat pada daftar fitur standar kendaraan, tapi ini bukanlah masalah utama di segmen ini, mengingat kendaraan ini memang berorientasi pada kapasitas muatan ketimbang kenyamanan. Mobil ini didukung dengan sistem suspensi elips leaf 2-tahap yang sangat canggih sehingga memberikan kenyamanan selama berkendara, baik ketika truk penuh muatan ataupun dalam keadaan kosong. Kursi nyaman dengan stir yang dapat disesuaikan juga merupakan salah satu fitur kenyamanan yang menarik, sehingga menjadikan Xenon lebih dari sekedar pikap komersial konvensional.

Keselamatan, Pengereman, dan Fasilitas Lainnya

Dalam aspek keselamatan, kendaraan ini telah dirancang dengan struktur 3-lapisan yang sangat kuat, beserta zona tabrakan yang diposisikan secara khusus, sehingga mampu mendistribusikan efek tubrukan guna meminimalisir resiko kecelakaan. Rem depan didukung dengan rem cakram, sedangkan bagian belakang dibekali dengan rem drum hidrolik vakum yang menawarkan mekanisme pengereman efisien dan mampu menghentikan kendaraan hingga pada posisi diam hanya dalam hitungan detik.

Kesimpulan

Mobil pikap Tata Xenon merupakan contoh ideal dari kebolehan pabrikan raksasa asal India yang telah menguasai segmen kendaraan komersial di seluruh dunia. Kualitasnya sangatlah sepadan dengan harga yang diusung serta menawarkan dapur pacu terbaik dengan ukuran dan kenyamanan terbaik serta mengungguli kompetitornya dalam semua aspek.

Berita Tata Xenon

Tata Motors Ramaikan POMA 2016

Agen pemegang merek (APM) PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) dengan perwakilan dealer resmi 3S mereka di Makassar turut memeriahkan gelaran Pekan Otomotif Makassar (POMA) 2016 yang diselenggar Baca Selengkapnya

Ditayangkan Pada | Okt 05, 2016 | Dilihat 1264 Kali
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer