jakarta-selatan
Bahasa en | id
Ubah Mobil

Pilihan Mobil Bekas

3 Series Touring : Dari Para Ahli

Oleh Anjar Leksana pada 27 Jul, 2020
Kelebihan 3 Series Touring

Jadi mobil unik, lantaran limitasi unit untuk pasar Indonesia

Performa enjin patut diacungi jempol, torsi besar 300 Nm

Banyak fitur driving assistant, sehingga jadi nilai tambah

Rancang bangun kendaraan begitu memesona, berupa tarikan garis tegas

Klaim konsumsi BBM kombinasi 14,9 km/liter

Kekurangan 3 Series Touring

Masih keluarga seri 3, namun banderolnya mirip BMW 520i baru

Ketersediaan barang amat terbatas

Informasi Terkini 3 Series Touring

Akhirnya, BMW Indonesia membawa 3-series Touring. Kali pertama dalam sejarah, mengingat mobil ini tak pernah masuk secara resmi. Bahkan sejak puluhan tahun silam. Alter ego dari G20 ini pastinya memberi warna baru bagi pecinta sedan Bavaria.

Yang dibawa kesini ialah 320i, nomenklatur terendah dari seri 3. Kendati begitu, mesin empat silinder 1.989 cc DOHC bisa memberi ekstraksi daya besar. Tak kurang dari 184 PS keluar di rentang 5.000 rpm – 6.000 rpm, sekaligus torsi 300 Nm muncul mulai 1.350 rpm – 4.000 rpm. Output sebesar itu bisa digapai akibat diberkati dua turbo. Yang lantas meminimalisir gejala lagging, juga memicu agresivitas sejak putaran mesin rendah. Alhasil, akselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 7,5 detik dan kecepatan puncak menyentuh angka 235 kpj.

Secara bersamaan, konsumsi bahan bakar klaim cukup efisien, 17 kpl. Seluruh unitnya datang dengan kemasan M Sport. Sekeliling tubuh mengenakan bodykit lebih kekar ketimbang versi standar, sekaligus sporty. Pelek 19 inci serta kaliper rem biru juga jadi pembeda dari trim ini. Sementara di kabin, juga diberi diferensiasi, seperti embos M pada palang kemudi. Menariknya, mobil berkode G21 ini dijual khusus melalui toko online populer. Menggeser kebiasaan lama yang harus datang ke diler. Selain cara niaga unik,

BMW pun membatasi peredaran unit. Peminat 320i Touring harus bergerilya dengan para fanatik, lantaran hanya tersedia 25 stok. Nilai jualnya sendiri berkali lipat dari G20 sedan. Dalam kondisi off the road, estate dijual Rp 1,29 miliar. Ditambah Rp 170 jutaan untuk membayar pajak dan legalitas surat, mengacu pada kebijakan wilayah Jakarta. Tapi dengan catatan, nama pembeli belum terdaftar dalam kendaraan lain. Lantas soal kelir, BMW menyediakan tiga opsi yakni: Portimao Blue, Alpine White dan Mineral Grey.

Harga BMW 3 Series Touring

Harga 3 Series Touring adalah Rp 1,51 Milyar.

Varian BMW 3 Series Touring

Ada 1 varian yang tersedia dari 3 Series Touring: 320i M Sport.

Mesin BMW 3 Series Touring

3 Series Touring ditenagai oleh 1998cc 4-silinder Bensin Mesin menghasilkan tenaga 184 hp dengan torsi 300 Nm.

Dilengkapi dengan pilihan transmisi 8-Speed Otomatis.

Fitur BMW 3 Series Touring

Daftar fitur 3 Series Touring mencakup Central Locking, Power Door Locks, Anti Theft Device dan Engine Immobilizer dalam hal keamanan.

Fitur pendukung Kenyamanan & Kemudahan termasuk AC, Power Window Depan, Power Window- Belakang, Automatic Climate Control, Pemanas, Power Steering, Ventilasi AC Belakang, Engine Start Stop Button, Adjustable Seats, Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian, On Board Computer, Spion Lipat Elektrik, Automatic Head Lamps, Power Outlet, Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi, Cruise control, Kursi Lipat Belakang, Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar, Headrest Kursi Belakang, Arm Rest Belakang Tengah, Cup Holder - depan, Cup Holder - belakang, Bottle Holder, Lampu Bagasi, Vanity Mirror, Keyless Entry dan Arm Rest Konsol Tengah.

Fitur Hiburan & komunikasi termasuk Radio AM/FM, Sambungan Bluetooth, Soket USB, Speaker depan, Speaker belakang, Audio 2DIN dan Perintah Suara.

Interior BMW 3 Series Touring

Fitur interior termasuk Tachometer, Electronic Multi Tripmeter, Jok Dilapis Kulit, Stir Berbalut kulit, Jam Digital, Odometer Digital dan Pengaturan kursi elektrik.

Eksterior BMW 3 Series Touring

Fitur eksterior termasuk Adjustable Headlights, Lampu Kabut Depan, Kaca spion elektrik, Wiper Otomatis, Wiper Kaca Belakang, Washer Kaca Belakang, Defogger Kaca Belakang, Velg alloy, Tanki Bahan Bakar Diletakkan di Tengah, Spoiler Belakang, Sunroof, Lampu sein kaca Spion Luar, Antena Terpadu dan Roof Rail.

Fitur Keselamatan BMW 3 Series Touring

Fitur keamanan Model mencakup Airbag Penumpang Depan, Airbag Samping Depan, Kantong Udara Pengemudi, Airbag Samping Belakang, Child Safety Locks, Anti Lock Braking System, Brake Assist, EBD (Electronic Brake Distribution), Vehicle Stability Control System, Sabuk Pengaman Belakang, Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman, Spion Tengah Lipat, Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg, Sensor Parkir, Crash Sensor, Engine Check Warning, Pengukur Tekanan Ban, Pelindung Benturan Depan, Pelindung Benturan Samping dan Pengingat Pintu Terbuka.

Pesaing BMW 3 Series Touring

Pesaing 3 Series Touring adalah: Mercedes Benz C-Class Estate.

Tetap berhubungan

Langganan dan aktifkan notifikasi untuk menerima penawaran terbaik dan berita terbaru.

Berlangganan

Aktifkan notifikasi di browser Anda untuk menerima penawaran dan berita terbaru.

OK

Gambar BMW 3 Series Touring

Warna BMW 3 Series Touring

3 Series Touring tersedia dalam 5 warna yang berbeda - Alpine White, Black Sapphire Metallic, Mineral Grey Metallic, Mineral White Metallic and Portimao Blue

Review BMW 3 Series Touring

Oleh Anjar Leksana pada 27 Jul, 2020
  • Overview 3 Series Touring
  • Interior & Fitur BMW 3 Series Touring
  • Eksterior 3 Series Touring
  • Mesin & Konsumsi BBM BMW 3 Series Touring
  • Pengereman 3 Series Touring

Overview 3 Series Touring

Munculnya 320i Touring diinisiasi Max Reisböck, Prototype Engineer BMW. Pada 1984, ia memulai proyek perombakan dengan 323i saloon bekas untuk dikonversi jadi versi Touring. Semua dilakukan dengan kocek pribadi, bahkan tanpa campur tangan sedikitpun dari perusahaan. Lantas ia memboyong sedan itu ke bengkel milik seorang teman dan mencurahkan semua pemikiran. Sontak rancang bangun yang ada di kepala langsung diterjemahkan ke pelat bodi.

Reisböck mengakui butuh waktu empat sampai lima bulan memikirkan berbagai probabilitas. Barulah kemudian ia mengadaptasi dan menyesuaikan ide dalam bentuk nyata. Anggaran sebesar 30 ribu DM – sekitar 7.500 Euro atau Rp 128 jutaan di 2020 – ditetapkannya bersama istri. Ia pun tidak membuat komponen baru, hanya memanfaatkan barang di sekitar.

Puluhan tahun berselang, pada 2020 BMW Indonesia kali pertama menjual jenis mobil wagon. Seri 320i Touring didagangkan Rp 1,29 miliar. Kedatangannya menjadi rival sepadan Mercedes-Benz C200 Estate seharga Rp 1,23 miliar. Semua berstatus off-the-road. Sementara ini pecinta mobil lansiran The Bavarian bisa membelinya lewat situs e-commerce tertentu.

“BMW 320i Touring itu CBU dari Jerman. Model baru ini hanya tersedia 25 unit saja untuk penjualan 2020. Semua transaksi hanya bisa dilakukan secara online lewat Tokopedia. Sementara ini stok kami aman dan sudah tiba di Indonesia. Di sini pasar mobil wagon sangat niche (kecil) dengan selera konsumen berbeda. Dan kami juga menjaga keunikan lewatan batasan unit, sehingga bukan menjadi mobil pasaran,” papar Jodie O’Tania, Director of Communication BMW Group Indonesia.

Jadi, 320i Touring menyasar eksekutif yang suka kendaraan anti-mainstrem dengan segala performa mesin kuat. Walau harga mahal, di dalamnya sudah termasuk BMW Service Inclusive, yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan 5 tahun atau 60.000 km. Juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama dua tahun. Namun syarat dan ketentuan berlaku.

Interior & Fitur BMW 3 Series Touring

Cerminan kendaraan premium sudah pasti tercermin dalam kabin. Teknologi mutakhir banyak disisipkan. BMW menyediakan Operating System 7.0 sebagai pusat kontrol sistem kontrol dan tampilan. Sesuai fungsi digital serta kebutuhan pengemudi, BMW Live Cockpit Profesional terhubung dengan cluster instrument 12,3 inci. Lalu display kontrol 10,25 inci serta dukungan sebaran audio besutan Harman Kardon. Untuk operasi intuitif, Anda dapat memilih dari fungsi layar sentuh control display, iDrive controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol gerakan.

Desain bangku terbaru dibilang bisa menambah kenyamanan selama perjalanan jarak jauh. Ruang bahu di bagian depan kabin diperbesar secara signifikan. Dan kendaraan baru ini tawarkan ruang kepala lebih banyak dibandingkan pendahulunya. Selain itu, kompartemen belakang berikan penumpang ruang kaki ekstra. Plus kemudahan masuk serta keluar lebih optimal.

Tak ketinggalan imbuhan privasi dengan Roller-sunblind. Bangku belakang mengakomodasi tiga kursi anak. Dua di antaranya dapat dipasang ISOFIX serta dilengkapi sistem pendingin udara 3-zona otomatis. Terlebih lagi, Panoramic glass-roof juga meningkatkan rasa lapang bagi semua penumpang.

Eksterior 3 Series Touring

Model terbaru ini tergolong masuk sebagai barang koleksi atas limitasi unit juga estetika terkantung. Lihatlah garis-garis tajam dan permukaan berkontur. Semua dibikin sebagai visual dari kendaraan dinamis, kemudian memancarkan aura elegan dan atletis. Dimensi eksterior lebih panjang 76 milimeter menjadi 4.709 mm, dengan lebar hingga 1.827 mm dan tinggi 1.470 mm. Jarak sumbu roda diperpanjang 41 mm menjadi 2.851 mm. Trek lebar ini, kata pabrikan, berkontribusi memberi handling mobil yang tangkas nan gesit.

Seperti pada BMW Seri-3 sedan baru. Rancang bangun ujung depan pakai kisi-kisi besar, lampu kembar ramping dan apron depan yang menjorok. Penampilan sporty ditekankan oleh lekukan mencolok. Naik ke kontur rumah lampu depan dan intake udara dalam bentuk T horizontal. Lampu depan LED jadi standar di BMW Seri 3 Touring baru. Kalau dirasa kurang, tersedia opsi lampu LED Adaptif dengan BMW Laserlight. Sehingga tidak menyilaukan pengendara lain. Pendaran cahaya bisa menjangkau jarak 530 meter.

Mesin & Konsumsi BBM BMW 3 Series Touring

Energi kinetik keseluruhan berasal dari pembakaran enjin double over head camshaft (DOHC) 1.989 cc plus induksi turbo. Daya optimal tersuguh 184 PS pada 5.000 rpm hingga 6.000 rpm. Dorongan momen puntir maksimal 300 Nm tersedia di rentang 1.350 rpm – 4.000 rpm. Mesin empat silinder segaris itu sanggup melesatkan mobil sampai kecepatan maksimal 235 km/jam. Untuk gerak dari 0-100 kpj hanya 7,5 detik saja. Transmisi hanya tersedia matik delapan speed steptronic. Konsumsi bahan bakar kombinasi diklaim mencapai 17 liter/km. Kemudian gas buang CO2 rerata 144 gram/km.

Nilai tambah lain dari klaim peningkatan kelincahan 320i Touring. Itu lantaran struktur tubuh dan teknologi sasis. Kekakuan bodi naik sekitar 25 persen secara keseluruhan dan hingga 50 persen di beberapa panel. Kendaraan wagon lansiran BMW ini mengantongi pusat gravitasi rendah. Sehingga memberi distribusi berat 50:50, meski dimensi eksterior meningkat.

Pengereman 3 Series Touring

Wagon 320i Touring standar dibekali banyak peranti keselamatan. Misalnya speed limit info system, lane departure warning, collision and pedestrian warning with city braking function. Termasuk sensor pendeteksi pesepeda. Pilihan lain seperti active cruise control with stop & go function, driving assistant with lane change warning. Lanjut rear collision warning and crossing traffic warning. Semua itu tersedia bagi Anda.

Ada pertanyaan?

Tanyakan apa saja dan dapatkan jawabannya dalam 48 jam.
FAQ
Informasi Personal*
+62 -
Klik gambar untuk memuat ulang
Login/Daftar
Hanya nama Anda yang akan ditampilkan. Email dan nomor HP tidak akan ditampilkan
Terima kasih telah bertanya pertanyaan
Pertanyaan Anda menjadi masukan yang berguna bagi kami

Jutaan orang akan sangat terbantu memilih mobil berkat kontribusi Anda

Mobil BMW Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang

Opsi Lainnya di Mobil Station Wagon

Dealer BMW Terdekat

Mobil Populer 2022

Berita BMW 3 Series Touring

Modifikasi Mobil

Dapatkan penawaran pertukaran terbaik di Mobil Anda
Tolong beri tahu kami tentang mobil Anda di bawah ini dan kami akan menghubungkan Anda dengan mitra dealer kami.
Hanya 1 langkah dari penawaran terbaik. Harap masukkan detail kontak Anda
+62 -
Hampir Selesai

Mohon masukkan kode OTP 4 digit yang dikirim ke nomor SMS Anda

Terima kasih

Jual mobil saya