• Wishlist

Wujud New Honda CBR1000RR Jadi Lebih Agresif

Wujud New Honda CBR1000RR Jadi Lebih Agresif

Indikasi akan hadirnya sebuah produk terbaru, kali ini datang dari produsen motor Honda. Ya, berdasarkan jepretan foto yang diunggah di laman Twitter, Honda ditenggarai sedang menjalani prosesi syuting secara tertutup untuk keluarga CBR di dalam lintasan sirkuit. Karena unit yang digunakan tersebut tidak dibaluti dengan stiker kamuflase, maka wujud tampilan dari CBR1000RR terbaru jelas terbongkar dan memperlihatkan beberapa perubahan yang menjadikannya jauh lebih agresif dan tampil beda dibandingkan edisi yang beredar di pasaran saat ini.


Berbekal gambar tersebut, kami menemukan bahasa rancang bangun berbeda yang dituangkan oleh tim desainer kepada motor besar Honda terbaru ini. Mulai dari lampu depan ganda yang lebih menyipit dan meruncing, bentuk fairing yang lebih compact sehingga memperlihatkan bagian rangka pada bagian bawah tangki bensin sampai dengan bentuk pipa knalpot yang berdimensi memanjang dengan tabung berukuran besar.


Honda CBR1000RR tampil agresif


Nah, untuk sektor kaki-kakinya, motor supersport full fairing ini tetap mempertahankan model palang velg yang sama, suspensi depan UpSide Down (USD) dan untuk bagian belakang dipercayakan tipe monoshock yang disempurnakan dengan pro-link. Lalu, bertugas sebagai perangkat deselerasi, dicangkokan piringan cakram ganda tipe floating berventilasi pada roda depan dan sebuah cakram yang tertanam di sisi kanan ban belakang.


Sayangnya, perihal depot tenaga yang bersembunyi di dalam fairingnya masih belum terungkap. Akan tetapi, bila melihat bentuk cover mesin yang berkelir warna keemasan tersebut, maka kemungkinan besar, masih mengenakan pabrik tenaga yang sama seperti saat ini. Yakni, mesin DOHC berkonfigurasi 4-silinder segaris, berkapasitas 999,8 cc dengan fasilitas pendingin cairan yang dipadukan oleh sistem transmisi manual 6-percepatan beratio pendek plus slipper clutch. Kompetensinya meniupkan daya maksimum 180 PS dengan lontaran momen puntir mencapai 114 Nm.


Selain sektor mekanisnya yang masih samar-samar, fitur berkendara yang disiapkan Honda untuk CBR1000RR pun bernasib sama. Sejauh pengetahuan kami, motor supersport 1.0L ini dibekali oleh fasilitas Electronic Steering Damper yang mendukung respon suspensi tetap optimal ketika melaju di kecepatan tinggi atau saat bermanuver, panel speedometer LCD yang dijejali beragam informasi, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) sampai Honda Ignition Security System (HISS) berteknologi immobilizer.


Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bila brand motor berlambang sayap ini, menambahkan fitur baru di dalamnya. Hal tersebut diperlukan, dalam rangka meningkatkan nilai jual saat berkompetisi bersama para rival senegaranya seperti Yamaha R1 dan Kawasaki Ninja ZX-10R.


Mengenai jadwal kehadirannya, Honda CBR1000RR akan didebut di perhelatan EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo) yang berlangsung di kota Milan, Italia pada pertengahan bulan November 2016 mendatang.


Di Tanah Air sendiri, varian CBR1000RR juga disediakan oleh Honda Big Bike yang bernaung di bawah bendera Astra Honda Motor (AHM). Berbicara tipe yang diniagakan secara resmi, hanya terdapat satu saja yakni CBR1000RR SP dengan satu warna pilihan yaitu HRC Tricolor. Lalu, untuk banderol harga motor supersport ini senilai Rp 575 Juta dalam kondisi on the road Jakarta.


Sumber : twitter @wakiwakiYZF_R1M, asphaltandrubber.com


Baca Juga : TVS Apache RTR 300 Tertangkap Sedang Uji Coba Di India

Jelajahi Honda CBR1000RR

Honda CBR1000RR Rp 623,74 - Rp 715,19 Juta Cicilan : Rp 14,23 Juta

Bandingkan & Rekomendasi