jakarta-selatan
kali dibagikan

Triumph Menyulap Bonneville Jadi Bobber, Begini Hasilnya

  • 20 Okt, 2016
  • 2684 Kali Dilihat

Produsen otomotif roda dua asal Inggris, Triumph, kembali membuat gebrakan baru dengan melahirkan satu varian tambahan motor bergenre modern classic yakni Bonneville Bobber, kemarin (19/10). Model produksi massal yang disiapkan untuk meramaikan jalanan mulai akhir tahun ini mengusung gaya motor klasik era tahun 1940an yang dipadukan unsur modern. Lalu, seperti apakah penampilannya?


Mengambil basis Bonneville, tim desainer Triumph memberikan beberapa sentuhan perubahan dan yang paling mencolok ialah kehadiran jok single seater yang bisa digeser maju-mundur, spakbor belakang yang lebih besar, kotak aki yang unik, dimensi tangki bahan bakar lebih ringkas, suspensi belakang tipe monoshock, stang lebar dan spion bundar di ujung stang. Dengan demikian, sosoknya bertransformasi menjadi lebih kekar dan khas bobber.


Triumph Bonneville Bobber


Berbicara detailnya, keluarga Bonneville terbaru ini mengaplikasikan konsep speedometer yang menyerupai Bonneville Street Twin yakni berwujud sebuah lingkaran. Didalamnya terdapat unsur analog sebagai penunjuk kecepatan dan layar digital untuk menampilkan informasi berkendara, mulai dari odometer, posisi gigi, indikator bensin hingga penunjuk waktu. Bergeser ke area kaki kaki, tertanam ban tapak lebar dengan ukuran velg model jari-jari yang belang, dimana roda depan berdiameter 19 inci dan belakang 16 inci.


Bobber juga identik dengan raungan knalpot yang gahar. Oleh karenanya brand ini punya cara sendiri dalam rangka menyajikan sensasi tersebut, walaupun harus mencangkokkan catalytic converter dan silencer sebagai standar emisi suara knalpot motor produksi massal.


Perihal jantung mekanisnya, Triumph Bobber ini mengandalkan mesin Bonneville T120 berkapasitas 1200 cc dengan sistem pendinginan cairan. Namun, motor ini sudah memperoleh racikan khusus khas Bobber, yakni lebih mengedepankan torsi dan tenaga besar di putaran tinggi. Bertugas sebagai pendistribusi daya, disematkan pola transmisi manual 6-percepatan.


Tampilan Triumph Bonnevile Bobber


Layaknya lini motor modern classic Triumph lain, produk ini pun turut diakomodasi dengan beberapa fitur elektronik. Seperti perangkat penghenti laju Anti-lock Braking System (ABS), ride-by wire, dua mode berkendara yakni Road dan Rain, Traction Control untuk menjaga lontaran torsi di ban belakang agar tidak overload dan kunci Immobilizer sebagai penunjang keamanan ketika motor diparkir. Apabila deretan fasilitas tadi masih merasa kurang, komponen aksesoris Bonneville Bobber juga telah disiapkan, berupa pemanas grip yang menghangatkan tangan saat berkendara di cuaca dingin dan cruise control untuk mempertahankan laju kecepatan tanpa memutar grip gas.


Sayangnya sampai dengan sekarang detail spesifikasi dan banderol harga motor terbaru Triumph ini masih saja dirahasiakan. Akan tetapi menurut kabar, waktu debutnya akan digelar bulan Desember mendatang dan ditawarkan dalam dua varian warna yakni mono-tone, terdiri dari Morello Red, Jet Black dan Ironstone, sedangkan yang bernuansa two-tone terdapat Competition Green dan Frozen Silver. Menariknya, proses pengecatannya memakai metode hand made dan hanya dikerjakan pada sekitaran tangki bahan bakar saja.


Baca Juga : Yamaha XMAX 300 Asal Indonesia Siap Beredar Di Eropa


Sumber : motorcyclenews.com

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Triumph Bonneville T120

Lihat video terbaru Triumph Bonneville T120 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Triumph Pilihan

  • Populer
  • Komparasi