Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Suzuki GSX-R1000 Generasi Baru, Ducati Diavel 1260 S Baru dan Dua Motor Baru Kawasaki

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Suzuki GSX-R1000 Generasi Baru, Ducati Diavel 1260 S Baru dan Dua Motor Baru Kawasaki

Sepanjang pekan ini, ada beberapa berita motor yang menarik bagi pembaca OTO.com. Pertama itu datang dari Suzuki. Kabarnya pabrikan berlogo S itu sedang mengembangkan GSX-R1000 generasi baru. Harapannya unit anyar itu dapat berkompetisi di ajang WorldSBK.

Kemudian ada Ducati yang merilis Diavel 1260 S Black and Steel edition. Menurut mereka, skema ini hadir dengan corak paling langka. Dengan grafis asimetris yang menggabungkan abu-abu glossy dan hitam matte sebagai warna dasarnya. Dan terdapat aksen kuning cerah di sekelilingnya.

Terakhir ada Kawasaki yang meluncurkan ZX-10R baru dan merilis ZX-25R dengan warna baru. Buat Superbike anyar, harganya naik sekira Rp 28 juta. Sedang si seperempat liter kedatangan corak baru untuk para konsumen setianya. Ini ringkasannya.

Suzuki GSX-R1000R 2020

Suzuki GSX-R1000 Generasi Baru

Suzuki dikabarkan sedang menggarap GSX-R1000 generasi baru. Tak hanya sekadar tampilan, banyak yang berharap kalau dirinya dapat memenuhi standar emisi Euro 5 dan mendapat beberapa perangkat elektronik anyar.

Peningkatan ekstensif pada GSX-R1000 perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar Suzuki bisa kembali berkompetisi di Kejuaraan WorldSBK. Dalam hal harapan, banyak yang menginginkan pabrikan yang bermarkas di Hamatsu dapat memberikan homologasi Euro5 pada GSX-R1000. Selain itu, dia harus bisa menjadi penghalang bagi musuhnya seperti Honda CBR1000RR-R SP Fireblade, Kawasaki ZX-10RR, Ducati Panigale V4R dan BMW M 1000 R.

Setidaknya mesin baru bisa menghasilkan 200 Hp. Perangkat elektronik gres juga menjadi salah satu aspek paling utama. Pasalnya ia sudah tertinggal jauh oleh para pesaingnya. Hingga saat ini, Suzuki GSX-R1000R masih mengandalkan mesin berkapasitas 999 cc, 4 slinder segaris, DOHC, berpendingin cairan. Ia sanggup mencatatkan power maksimum sebesar 194 Hp pada putaran mesin 13.200 rpm dan torsi 117 Nm pada 10.800 rpm.

Perangkat elektronik yang ada pada dirinya yaitu Variable Valve Timing (VVT), Suzuki Exhaust Tuning-Alpha (SET-A), Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS), Motion Track TCS (Traction control system) dan launch control & Bi-directional quick shift system, yang memudahkan para pengguna ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Serta Suzuki Top Feed Injector (S-TFI) yang meningkatkan performa pada putaran rendah maupun tinggi.

Rangkanya yang kokoh ditopang oleh upside down Showa BBF (Balance Free Front Fork) dan belakang monoshock Showa BFRC (Balance Free Rear Cushion lite). Untuk pengeremannya memakai kaliper rem radial mount monoblock empat piston ditambah dengan cakram rem dan T-drive floating mount dari Brembo. Tak lupa juga disematkan perangkat ABS (Anti-lock Braking System) Dual Channel. Baca lengkapnya di sini.

Ducati Diavel 1260 S

Ducati Diavel 1260 S Black and Steel Edition

Ducati secara global mengungkapkan trim baru dari Diavel 1260 S. Diberi nama Black and Steel edition. Dicirikan dengan corak yang belum pernah dikeluarkan pabrikan motor asal Italia. Dengan grafis asimetris yang menggabungkan abu-abu glossy dan hitam matte sebagai warna dasarnya. Ada aksen kuning cerah di sekelilingnya. Secara mekanis, motor ini tidak berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Dan mulai tersedia di pasar internasional bulan depan.

Ia menjadi satu-satunya varian S dari Diavel 1260 yang sekarang tersedia. Sebelumnya ada 1260 standar dengan warna serbahitam, dan 1260 Lamborghini dengan skema kelir mewah khas supercar. Menurut Ducati, Black and Steel terinspirasi dari konsep Diavel "Materico" yang pernah dikenalkan pada 2019 di Milan Design Week.

Cruiser edisi spesial ini baru ditampilkan pada 10 Juni di Milano Monza (MIMO) Motor Show 2021. Ini merupakan pameran industri otomotif bergengsi di Milan. Parade presentasi untuk Diavel baru juga bakal diadakan di sana. Kabarnya dihadiri oleh Ducati Style Center Director, Andrea Ferraresi.

Menurut Andrea Ferraresi, 1260 S Black and Steel mendorong jajaran Diavel 1260 ke tingkat yang lebih tinggi. Keluarga cruiser Ducati ini memang identik dengan gaya, inovasi dan kinerja. Model ini juga telah memenangkan penghargaan desain internasional bergengsi seperti “Red Dot Award” dan “Good Design Award”. Ia pun mengungkapkan kegembiraannya terhadap model baru ini. Baca lengkapnya di sini.

Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 Kawasaki Ninja ZX-10R 2021

Dua Motor Baru Kawasaki

Setelah membuat teka-teki mengenai produk baru, akhirnya Kawasaki merilis dua Ninja baru. Model pertama yakni Kawasaki Ninja ZX-10R, Superbike yang jadi andalan mereka di ajang balap World Superbike. Pembaruan yang dilakukan yakni mengganti desain lampu dengan ukuran yang lebih kecil, serta memasang bohlam LED pada lampu belakang.

Untuk menambah kestabilan saat melaju kencang, bodi motor dibekali dengan winglet di sisi kiri dan kanan lampu. Suspensi belakang dipasang horizontal dan berasal dari Showa, demikian pula dengan peredam kejut depan.

Sistem pengereman dipercayakan pada merek Brembo, yang selalu jadi andalan di lintasan balap. Agar pengendara mudah memantau kecepatan, sistem instrumen memakai teknologi digital serta bisa terhubung ke aplikasi di ponsel.

Ninja ZX-10R edisi 2021 ditawarkan dengan harga Rp 520 juta on the road Jakarta. Banderolnya naik Rp 28 juta dari generasi sebelumnya.

Kemudian Kawasaki Motor Indonesia juga menghadirkan Ninja ZX-25R dengan empat warna baru, yakni kombinasi hijau-hitam-putih, abu-abu, merah, serbahitam. Khusus untuk warna hitam tersedia di varian standar, sedangkan tiga sisanya hanya ada pada varian ABS. Tak ada ubahan dari sektor manapun, masih tetap sama dengan model sebelumnya.

Kuda besi yang meluncur perdana pada tahun lalu itu masih mengusung mesin empat silinder berkapasitas 250 cc. Kawasaki Ninja ZX-25R ditawarkan dalam dua varian. Harga versi standar Rp 98,8 juta sedangkan tipe ABS SE Rp 116 juta. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta. Baca lengkapnya di sini. (Bgx/Raju)

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor