Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Pembalap MotoGP dan Warna Baru Yamaha Vixion serta XSR 155

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Pembalap MotoGP dan Warna Baru Yamaha Vixion serta XSR 155

Line up pembalap yang mengisi grid di kelas premier 2022 telah diumumkan. Setidaknya ada lima nama debutan yang bakal meramaikan balapan musim ini. Sejumlah pabrikan MotoGP juga sudah menentukan jadwal peluncuran tim yang berlaga di MotoGP 2022, mulai dari Honda, Yamaha hingga Suzuki.

MotoGP 2022 menjadi istimewa bagi Indonesia. Karena tahun ini dijadwalkan salah satu seri akan berlangsung di Tanah Air yaitu MotoGP Indomesia Mandalika pada 20 Maret 2022 mendatang. Balapan akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dari dalam negeri, Yamaha menjadi brand roda dua pertama yang mengenalkan produk baru tahun ini. Meski tak benar-benar baru namun ada dua model yang dapat penyegaran tampilan. Keduanya adalah Vixion R dan XSR 155. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan penyegaran terhadap motor sport naked-nya, Yamaha Vixion R. Langkah ini diyakini sebagai respons setelah rivalnya Honda meluncurkan CB150X pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) November tahun lalu.

Penjualan motor baru di pasar domestik pada 2021 lalu menunjukkan tren yang positif. Meski masih di tengah gempuran COVID-19, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) merangkum data penjualan roda dua di Tanah Air meningkat hingga 38 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari data yang dikutip lewat laman resmi AISI, sepanjang Januari sampai Desember 2021 kemarin penjualan motor baru nasional mencatatkan angka 5.057.516 unit. Berbanding cukup jauh ketimbang torehan pada 2020 yang hanya mampu menjual 3.660.616 unit.

motogp

Daftar Pembalap MotoGP 2022

Line up pembalap yang mengisi grid di kelas premier 2022 telah diumumkan. Setidaknya ada lima nama debutan yang bakal meramaikan balapan musim ini. Sejumlah pabrikan MotoGP juga sudah menentukan jadwal peluncuran tim yang berlaga di MotoGP 2022, mulai dari Honda, Yamaha hingga Suzuki.

Pembalap rookie pertama ada mantan juara dunia Moto2, Remy Gardner yang resmi gabung KTM Tech3 bersama Raul Fernandez di MotoGP 2022. Lalu ada Fabio Di Giannantonio mengisi di Gresini Racing. Sebagai informasi, Gresini Racing merupakan pendatang baru di kelas utama dan kali pertama sebagai tim independen. Tim asal Italia itu juga resmi menggandeng sponsor Federal Oil untuk balapan MotoGP 2022.

Rider ketiga ada Marco Bezzecchi yang mengisi kekosongan tim VR46 Ducati Team. Ia ditemani oleh Luca Marini. Kemudian satu lagi di tim Yamaha RNF MotoGP Team yakni adik dari Brad Binder, Darryn Binder yang menjadi rekan setim Andrea Dovizioso, sekaligus mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan oleh Valentino Rossi.

Beberapa perubahan yang terjadi di pembalap senior yakni kembali bergabungnya Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP Team), Franco Morbidelli resmi dipromosikan ke tim Monster Energy Yamaha untuk kembali menjadi rekan setim Fabio Quartararo, usai keduanya sempat membela tim Petronas Yamaha yang kini menjadi RNF. Terakhir ialah Maverick Vinales yang hengkang dari Monster Energy Yamaha untuk menjadi rekan setim Aleix Espargaro di tim Aprilia Racing pada MotoGP 2022.

Untuk diketahui, test pramusim shakedown digelar di sirkuit Sepang, kemudian para pembalap siap menjajal lintasan baru di MotoGP 2022, yakni sirkuit Mandalika. Sirkuit Mandalika memiliki nama resmi International Street Circuit Mandalika yang terletak di Lombok tengah, NTB, Indonesia. Dan MotoGP 2022 seri pertama berlangsung di Qatar pada 4-6 Maret. Penjualan tiketnya juga sudah dilakukan. Baca lengkapnya di sini.

Baca juga: Harga Tiket Nonton MotoGP Mandalika 2022 Resmi Dirilis, Mulai Rp100 Ribuan

Vixion R

Yamaha Vixion R dan XSR 155 Baru

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan penyegaran terhadap motor sport naked-nya, Yamaha Vixion R. Langkah ini diyakini sebagai respons setelah rivalnya Honda meluncurkan CB150X pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) November tahun lalu.

Penyegaran yang dimaksud adalah meluncurkan opsi warna baru untuk Vixion R. Sebelumnya pada awal Desember 2021 kemarin garpu tala juga sudah menghadirkan warna anyar untuk varian Vixion standar. Adapun untuk warnanya dihadirkan dalam 2 pilihan yakni Matte Black dan Matte Red.

Sesuai namanya, Matte Black, pilihan kelir ini didominasi warna hitam pekat dari bagian fascia sampai ke buritan. Sementara untuk opsi Matte Red hadir dengan aura yang lebih dinamis.

Tak ada ubahan pada jantung pacunya, dia masih mengemas mesin mesin 155 cc SOHC, 4 katup sudah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), sistem buka tutup katup untuk mengoptimalkan performa di putaran tertentu. Alhasil, produksi tenaga mencatat angka 19,3 daya kuda di 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Berikut pendinginan suhu ruang bakar didukung radiator. Baca selengkapnya di sini.

Selain Vixion, Yamaha juga menyegarkan produk sportnya XSR 155 di awal 2022 ini. Strategi penyegaran memang hanya hanya menawarkan warna baru saja, tapi sukses membuat tampilan dari sport retro tersebut makin sedap buat dipandang.

Setidaknya ada 2 opsi warna baru yang bisa Anda pilih sekarang, pertama adalah Matte Blue Authentic dan kedua balutan Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery. Khusus pilihan kelir ke-2 tak dijelaskan apakah akan dijual terbatas, tapi jika mengingat R15M dengan baju serupa pabrikan mengatakan unitnya dilepas terbatas. Baca lengkapnya di sini.

penjualan honda motor

Rapor Hijau Penjualan Motor Nasional 2021

Penjualan motor baru di pasar domestik pada 2021 lalu menunjukkan tren yang positif. Meski masih di tengah gempuran COVID-19, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) merangkum data penjualan roda dua di Tanah Air meningkat hingga 38 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari data yang dikutip lewat laman resmi AISI, sepanjang Januari sampai Desember 2021 kemarin penjualan motor baru nasional mencatatkan angka 5.057.516 unit. Berbanding cukup jauh ketimbang torehan pada 2020 yang hanya mampu menjual 3.660.616 unit.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan, meski belum bisa menyamai penjualan motor sebelum adanya pandemi corona, catatan niaga di 2021 adalah harapan dari bangkitnya industri roda dua setelah terpuruk pada 2020. Untuk diketahui, umumnya penjualan motor di Indonesia dalam keadaan normal bisa terjual 5,5 juta sampai 6,4 juta unit per tahunnya.

Jika dikerucutkan, penjualan motor pada 2020 masih didominasi dengan tipe motor matik yang menguasai pangsa pasar sampai 87,58 persen. Di posisi kedua adalah tipe motor bebek (underbone) yang menyumbang penjualan 6,30 persen dan di posisi terakhir adalah motor sport dengan distribusi sebanyak 6,12 persen. Baca selengkapnya di sini. (Raju)

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor