Supermarine, Motor Kustom yang Terinspirasi dari Ikan Pari Mobula

Supermarine, Motor Kustom yang Terinspirasi dari Ikan Pari Mobula

Showroom sepeda motor kustom yang berbasis di Vietnam, Bandit9 mengungkapkan kepada dunia salah satu proyek paling ambisius hingga saat ini. Bernama Supermarine yang inspirasinya berasal dari bawah laut. Bahkan wujudnya seperti kendaraan yang keluar dari galaksi lain.

Selama satu dekade terakhir, Bandit9 telah menciptakan sepeda motor handmade yang unik dengan desain futuristik. Bahkan hasilnya tidak bisa disandingkan dengan kuda besi kustom yang beredar di pasaran. Pihaknya mengahabiskan waktu satu tahun untuk menggarap model ini. Ya, mereka tidak menerima order pada 2020 dan hanya fokus mengerjakan satu proyek besar ini.

Supermarine

Akhirnya pada Oktober 2021 Bandit9 melunucurkan Supermarine. Banyak yang terkecoh dengan sebutan itu. Namun tidak salah juga bila banyak yang mengaitkan dengan Submarine atau kapal selam berkat bentuknya yang membulat. Inspirasi bodinya justru tampak seperti binatang air bernama Flying Mobula atau ikan pari mobula. Makhluk laut yang dikenal suka menembus permukaan air saat berenang, membuatnya tampak seperti terbang.

Baca juga: Brixton Motorcycles Rilis GK1200, Roadster Bergaya Klasik Pesaing Triumph Bonneville T120

Dirancang untuk menjadi mesin yang cepat, memungkinkan Supermarine dapat memotong udara dengan mudah. Bingkainya terinspirasi dari terumbu karang, meningkatkan aliran udara di lintasan lurus dan downforce di tikungan. Terdapat 400 komponen yang dipotong dengan presisi dengan teknologi terbaru.

Supermarine

Bentuk tubuh atau panel bodi yang menempel sangat mengalir, dari depan hingga belakang. Ditawarkan dalam dua opsi material, plastik ABS berspesifikasi balap atau memakai bodi serat karbon untuk Supermarine. Kerangka secara keseluruhan terbuat dari aluminium 7075 kelas militer, lazim digunakan untuk pembuatan struktur pesawat.

Bandit9 juga menawarkan dua pilihan untuk mesinnya. Pakai jantung mekanis dua silinder paralel dari Triumph yang berkapasitas 900cc dan 1.200cc. Dengan demikian, motor yang hadir dengan mesin 900cc mampu menghasilkan 74 hp, torsi 59 Nm, dan kecepatan tertinggi 120 mph (193 kph). Atau mesin 1.200cc yang lebih bertenaga dan bisa menghasilkan power 103 hp dan torsi 83 Nm, membuat Supermarine mampu mencapai kecepatan tertinggi 130 mph (209 kph). Sepeda motor ini memiliki transmisi lima kecepatan standar. Namun, pengendara dapat memilih untuk meng-upgrade ke gearbox enam kecepatan.

Supermarine

Fitur lain termasuk injeksi bahan bakar elektronik, sistem pembuangan stainless steel yang dapat ditingkatkan ke titanium dan suspensi Nitron atau Ohlins. Daya henti yang diperlukan pada kecepatan tersebut, hadir dari rem Brembo 4-piston atau rem 6-piston Behringer yang lebih kuat. Tampilan LED khusus diselipkan di bagian kokpit.

Bandit9 saat ini sudah membuka pemesanan untuk Supermarine. tapi calon pelanggan harus menghubungi perusahaan untuk menentukan harga. Tetapi berdasarkan build sebelumnya, harga awal yang diharapkan lebih dari $30.000 (Rp 422 jutaan). Dan pengiriman dimulai pada Desember 2021. (Bgx/Tom)

sumber: Bandit9

Baca juga: Siap Berekspansi, Kawasaki Pamerkan Motor Prototipe Hybrid Ninja 250

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor