• Wishlist

Skuter Roda Empat Qooder Resmi Meluncur di Indonesia, Harganya Rp 357 Juta

Akhirnya, Qooder resmi masuk pasar Indonesia. Skuter roda empat ini diboyong oleh PT GForce Republik, dengan banderol Rp 357 juta OTR Jakarta. Produk asal Swiss ini, dikirim langsung dari Taiwan secara utuh alias CBU (Completely Built Up).


Qooder


Qooder sesungguhnya bukan brand baru di dunia skuter. Awalnya mereka bernama Quadro Vehicles. Setahun terakhir, setelah bikin Quadro 4 yang berkapasitas 350 cc, berubah nama menjadi Qooder. Qooder merupakan akronim Quad Scooter atau skuter beroda empat.


Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang dapat menikmati Qooder. Selain empat rodanya, keunggulan lain yang ditawarkan adalah suspensi hidrolik canggih, yang disebut Hydraulic Tilting System (HTS). Diklaim punya traksi lebih baik dibanding skuter konvensional roda dua maupun tiga.


Semua rodanya dilengkapi suspensi independen. Jadi, setiap pergerakan roda tidak mempengaruhi roda lain. Wujudnya pun bukan per konvensional. Tidak ada sistem penyetelan rebound, kompresi maupun preload. Hanya memanfaatkan udara terkompresi yang dikumpulkan dalam tabung untuk menghasilkan efek gerakan mekanis.


Teknologi itu sudah dipatenkan oleh Qooder. Peredam kejut macam itu, dapat memberikan respons sempurna dalam semua kondisi pengendaraan. Memungkinkan semua roda dimiringkan secara bersamaan. Menjamin pengendaraan yang lancar, mulus, presisi dan stabil bahkan dalam kondisi jalan terburuk. Kendaraan ini bisa dimiringkan hingga 45 derajat.


Ditenagai mesin SOHC 399 cc silinder tunggal, empat langkah, empat katup, berpendingin cairan dengan transmisi CVT. Tenaga dari disalurkan ke dua roda di belakang secara terpisah, masing-masing pakai v-belt berbahan karbon. Sesuai data pabrikan, mampu menghasilkan tenaga 32,5 hp / 7.000 rpm dan torsi maksimum 38,5 Nm / 5.000 rpm. Mesinnya ramah lingkungan, sudah lolos uji emisi Euro 4.


Qooder


Berdimensi panjang 2.200 mm, tinggi kursi 780 mm, wheelbase 1.580 mm. Ukuran ini tentu tidak umum untuk ukuran skuter. Sudut kemudinya hanya mampu bergerak sebesar 35 derajat. Meski sulit jika dibawa di tengah kemacetan, ia tetap dapat memberikan stabilitas yang baik.


Keempat roda berukuran 14 inci. Dengan memakai ukuran ban yang sama di semua sudutnya, 110/80. Tidak ada spesifikasi khusus jika ingin mengganti ban. Sama seperti skutik pada umumnya. Jika ingin mengganti ukuran ban, disarankan naik satu tingkat.


Masing-masing roda dilengkapi rem cakram. Tapi sayang, tak ditemukan sensor ABS baik di depan maupun belakang. Sistem remnya seperti skuter biasa: tuas kiri untuk rem belakang, tuas kanan buat depan. Tambahannya ada pedal rem belakang di kaki kanan. Tuas di dasbor disediakan untuk mematikan dan menyalakan sistem hidrolik suspensi. Karena ini roda empat, maka ada tuas rem tangan. Posisinya ada di bodi kanan.


Tangki mampu memuat 14 liter bahan bakar. Asyiknya, bagasinya bisa menampung helm full face ukuran kecil. Pilihan warna Qooder ada hitam, merah, silver, biru dan putih. Bagi yang ingin memboyongnya, bisa langsung sambangi diler Qooder yang berlokasi di Jl. Lebak Bulus 1 No. 62, Jakarta Selatan. (Bgx/Van)


Baca Juga: Yamaha Tracer 700, Motor Tualang Sejati