Yamaha Tracer 700 2020, Tourer Sejati Performa Motor Sport

Yamaha Tracer 700 model 2020 turut ramaikan EICMA 2019. Generasi terbaru itu sebelumnya sudah meluncur sehari sebelum pameran. Dirancang dari hasil kombinasi performa sportbike dengan ketangguhan sebuah tourer. Ia meramaikan stage Yamaha bersama Niken, FJR series, Tracer 900 serta jajaran sport touring Yamaha lainnya.

Yamaha Tracer 700

Model baru ini mengalami banyak rombakan, membuat dirinya selaras dengan line up lainnya. Seperti kita tahu, Tracer 700 model terdahulu punya gaya desain serupa dengan jajaran Yamaha MT. Sekarang, mendapat penyegaran berupa tampilan yang lebih futuristik. Namun, tetap kental dengan gaya tualang. Suspensi depan tinggi, mengedepankan kenyamanan serta ketangguhan untuk melibas segala medan.

Area depan bernuansa modern. Dua headlamp model projector mengganti model lama. Jenis lampu ini serupa seperti yang digunakan Yamaha MT-15, MT-25 ataupun YZF Series. Jika dilihat, mirip konsep YZF-R1. Disematkan juga Daytime Running Light (DRL), selain memperindah tampilan, juga sebagai fitur keselamatan berkendara. Di atas bagian pencahayaan, terpasang windshield yang diklam lebih aerodinamis.

Fairing kedua sisi didesain berlapis yang anehnya justru membuatnya terlihat lebih ramping. Yamaha mengatakan, model baru itu menawarkan perlindungan terhadap angin dan cuaca agar pengemudi makin nyaman. Yamaha juga mengubah handguard, semuanya bertujuan meningkatkan ergonomi serta kenyamanan. Lampu sein semua sudah berteknologi LED, dan bentuknya lebih ringkas.

Yamaha Tracer 700

Dibekali dengan mesin 689 cc dua-silinder Crosplane CP2 yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Ubahan di saluran bahan bakar, pengapian, saluran gas buang, gir rasio, hingga mesin, membuatnya berhomologasi Euro 5. Diklaim, daya yang dihasilkan 72,4 hp pada 8.750 rpm dan torsi 68 Nm di putaran 6.500 rpm.

Rangka tubular dan aluminium swingarm belum berubah. Suspensi depan mengandalkan teleskopik ukuran 41 mm. Bisa diatur kelembutannya, via preload dan rebound adjuster. Shock belakang menyodorkan preload dan rebound yang juga bisa disesuaikan. Jok mendapat ubahan sedikit, menawarkan kebebasan lebih besar untuk pengendara, dan kenyamanan yang lebih baik untuk penumpang.

Untuk meningkatkan pengendalian, ukuran stang dipanjangkan menjadi 34 mm. Panel instrumen sudah full digital, ukurannya 60 mm (2,4 inci), dan dapat diatur hanya menggunakan satu tangan. Sedang, kapasitas tangki masih tetap sama, 17 liter. Bobotnya cuma 196 kg (432 pound), sehingga menghasilkan rasio power-to-weight terbaik di kelasnya.

Penyegaran yang terjadi dipastikan tetap mempertahankan kedinamisan Tracer 700. Tetap stabil diajak menikung atau menempuh perjalanan jarak jauh. Hadir dengan pilihan warna Icon Grey, Sonic Grey dan Phantom Blue. Yamaha Tracer 700 2020 tersedia di diler Eropa pada Februari 2020. (Bgx/Van)

Sumber: Paultan

Baca Juga: Hanya Karena Rak Belakang, Honda Monkey Kena Recall

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store