jakarta-selatan
kali dibagikan

Siap-Siap! Yamaha Luncurkan Motor Baru Pekan Ini, MT-15?

  • 08 Okt, 2018
  • 2112 Kali Dilihat

Yamaha siap merilis motor barunya, pekan ini (11 Oktober). Sinyalemen itu didukung undangan yang dikirim Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ke meja redaksi. Meski tak disebutkan modelnya, Xabre atau MT-15 baru jadi kandidat paling kuat. Indikasinya dari Yamaha MT-15 yang baru saja diperkenalkan di Thailand.



Penggunaan nama Xabre atau MT-15 memang masih dipertanyakan. Pasalnya, Thailand saja sekarang memilih nama MT-15 untuk gantikan diksi M-Slaz yang pernah digunakan pada generasi sebelumnya. Di Indonesia Xabre juga sudah waktunya berganti generasi. Belum lagi, YIMM sudah cukup lama tak punya model baru yang bikin gempar dunia roda dua Tanah Air.


Yamaha MT-15 atau Xabre terbaru, punya penampakan yang tetap unik dan kekar. Format desain supermoto masih dianutnya. Suspensi depan upside-down dengan balutan warna emas yang kontras dengan bodi. Bagian wajah tentu berubah. Sedang tangki terlihat lebih kekar berkat tambahan shroud cover. Yang paling signifikan, jok dibikin menyatu, tak lagi terpisah. Itu meningkatkan kenyamanan saat harus berboncengan. Sedikit kesan dari jok menyatu yang pendek itu, Xabre atau MT-15 anyar seolah motor freestyle.


Sasis tentunya masih deltabox dengan lengan ayun model banana arm dari aluminium yang dilabur warna hitam. Bikin penampilan lebih sporty. Desain pelek tak mengalami perubahan, seperti yang digunakan sang kakak, MT-25. Sejumlah bagian menampilkan desain adopsi langsung dari R15. Bagian speedometer, misalnya yang lengkap dengan informasi shift timing light dan VVA. Satu lagi, posisi pemasangan pelat nomor, tadinya di atas lampu, kini dipindahkan ke bawah.


Sektor mekanis jadi yang terpenting. Dengan label MT-15, berarti mesinnya sama dengan R15 terbaru. Berarti juga, kapasitasnya 155 cc dengan teknologi katup variabel VVA yang lebih efisien dan sarat tenaga. Tambahkan dengan bobot Xabre yang terbilang ringan, Seharusnya bakal lebih menyenangkan untuk dikendarai. Girboks juga dilaporkan menggunakan unit sama dengan R15, transmisi 6-speed dengan assist serta slipper clutch.


Memang masih dipertanyakan apakah nanti penjualan di Indonesia bakal tetap memakai nama Xabre atau berganti MT-15. Yang pasti, baik nama Xabre baru atau MT-15, bakal mengisi posisi penting di lini Yamaha Indonesia. Apalagi dibandingkan Xabre lama, versi baru ini sudah jauh lebih modern dengan mesin baru yang diklaim lebih efisien. Yang jadi pertanyaan soal harga. Bakal dibanderol berapa MT-15 atau Xabre anyar di Indonesia?



Sebagai tambahan, Thailand jadi yang pertama memunculkan MT-15, meski sejatinya itu produk Indonesia. Bukan tanpa alasan. Karena ada gelaran MotoGP di sana dan MT-15 dimunculkan sebagai pembuka. Nah, kalau benar nanti meluncur di sini Kamis besok, besar kemungkinan pembalap MotoGP andalan, Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang usai balap di negara tetangga itu bakal ikut meramaikan. Bakal lebih seru nih peluncuran Xabre baru atau MT-15 di Indonesia. (Tom/Van)


Sumber Foto: Instagram Yamaha MT15


Baca Juga: Ini Harga Resmi Suzuki GSX150 Bandit

Galeri

Harga dan Promo Varian Xabre

  • Standard | Rp 31 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 3 Juta
    Angsuran Rp 1 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Yamaha Xabre

Lihat video terbaru Yamaha Xabre untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi