Setelah Mobil, Kini Pabrikan Senjata AK-47 Rilis Motor Listrik

Setelah Mobil, Kini Pabrikan Senjata AK-47 Rilis Motor Listrik

Kendaraan listrik memang terus digaungkan oleh semua pabrikan otomotif. Maklum, di tengah tekanan bahan bakar minyak berbasis fosil yang kian tipis, semua sektor harus ikut serta merilis produk yang ramah lingkungan. Termasuk juga Kalashnikov, nama yang lebih populer di dunia militer.

Tak banyak yang tahu memang, namun pabrikan ini memang punya perhatian juga di industri otomotif. Mobil listriknya sudah kami beritakan pada tautan ini. nah sekarang di ajang International Military Technical Forum 2018, mereka merilis dua motor listrik sekaligus.

Namanya Kalashnikov UM-1 dan SM-1. Ya, dengan singkatan UM dan SM, tentu bisa ditebak jenis apa motor listrik dari pabrikan senjata AK-47 itu. UM adalah Urban Moto dan SM adalah Super Moto.

Kalashnikov UM-1 memiliki proporsi layaknya motor adventure. Setang tinggi dengan windshield, ukuran roda depan lebih besar dari belakang dan aplikasi ban untuk aspal dengan kembangan cukup untuk menjelajah ringan di tanah. Pannier atau boks samping terpasang dan terlihat terintegrasi dengan bodi. Pelindung berupa besi melintang di bagian sisi mesin-motor elektriknya.

motor listrik kalashnikov

Proporsi berbeda disajikan pada Kalashnikov SM-1. Sesuai namanya super moto, format kendaraan ini lebih liar. Nampaknya aplikasinya untuk kebutuhan khusus seperti melintas cepat di medan perang seperti gurun.

Tak banyak spesifikasi yang diungkap Kalashnikov pada pameran itu. Namun beberapa sumber menyebut kecepatan motor-motor ini dengan energi listriknya mencapai 100 kph dan berjarak tempuh hingga 150 km dalam satu kali pengisian.

Motor listrik memang tengah bergaung saat ini. Bukan saja di dunia, namun di Indonesia pun demam kendaraan listrik terus merebak. Setelah Viar dan Zero merilis kendaraan-kendaraan berbasis listriknya, kini pabrikan Jepang seperti Honda mulai menjual ke publik motor elektriknya. Memang belum full elektrik seperti dua merek di atas, namun masih hibrida, alias mengombinasikan sistem generator listrik dengan mesin konvensional. Produk perdana motor hybrid di dunia ini adalah Honda PCX Hybrid.

Kalashnikov sendiri belum pernah debut di Indonesia. Maklum, publik tanah air cukup pemilih akan brand dan asalnya. Ural, pabrikan asal Rusia saja belum banyak peredarannya di sini. Padahal mereka sudah tampil di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dengan produk andalannya, jenis motor sespan. Kita lihat saja, bagaimana Kalashnikov, dari jauh. (Van/Odi)

Baca Juga: Deretan Fitur Keren ala Motor Zaman Now

Sumber: Visordown

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor