• Wishlist

Ragam Aksesori Honda ADV150 Bisa Dibeli Online dan Pasang Sendiri

Ragam Aksesori Honda ADV150 Bisa Dibeli Online dan Pasang Sendiri

Kurang lengkap rasanya jika Honda ADV150 tidak diberi aksesori tambahan. Tentunya untuk mendongkrak tampilan biar makin gagah bak motor tualang sejati. Tak perlu khawatir, kini sudah banyak spare part yang dijual secara online. Bahkan untuk mengaplikasikannya cukup mudah, bisa pasang sendiri di rumah. Berikut ragam peranti yang bisa Anda coba.

Windshield

Ada beragam merek winshield yang dijajakan di market place. Harganya pun bervariatif, mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 600 ribuan, tergantung model. Misal merek MHR yang dibanderol Rp Rp 200 ribuan. Ada dua model ditawarkan, panjang dengan ukuran 60 cm dan pendek mirip dengan bawaan pabrik. Masing-masing punya warna clear dan smoke, serta dengan ketebalan 3 mm. Ciri khas dari brand ini yaitu ada motif carbon di bagian bawahnya.

aksesori Honda ADV150

Cara pemasangannya pun cukup mudah, karena kedua model termasuk kategori aksesori plug and play. Jadi tanpa mengubah atau menambah bracket baru. Tinggal siapkan saja kunci L4. Produk ini masih bisa diatur naik atau turun, karena dudukannya sama dengan bawaan ADV150. Windshield model ini punya bentuk yang aerodinamis. Lekukannya juga bisa melindungi bikers dari terpaan angin.

Hand Guard

Agar kesan tangguh dan konsep dual purpose makin tampak jelas, dipasangi hand guard menjadi hal wajib. Selain membuatnya jadi khas motor tualang, ia juga berfungsi melindungi tangan dan tuas dari objek lain saat terbentur. Ada banyak produk aftermarket universal ataupun aksesori resmi pabrikan.

Terdapat dua tipe yang bisa ditemui di pasaran, model polos atau dengan cover. Bahan yang digunakan rata-rata pakai plastik ABS keras, dan ada pula yang dari besi. Bentuk, warna dan modelnya beraneka macam, tinggal sesuaikan dengan keinginan. Untuk aksesori resmi pabrikan dijual Rp 260 ribu, sementara versi lain dijajakan mulai dari Rp 200 ribuan hingga Rp 500 ribuan tergantung merek. Jika pasang peranti ini, otomatis jalu setang bawaan harus dilepas.

Baca Juga: Honda ADV150 Menjelajah Amerika Serikat, Harganya Sentuh Rp 71 jutaan

Winglet Moncong Bebek

Karena mengusung genre adventure, kurang lengkap kalau tidak pakai aksesori winglet ‘moncong bebek’. Peranti ini memberikan nuansa motor tualang makin kental. Part ini sebetulnya sudah diaplikasikan pada motor-motor berjenis tualang, tapi tidak ada pada Honda ADV150.

Moncong bebek tambahan ini rata-rata terbuat dari fiber. Ukuran serta bentuknya berbeda-beda, namun sudah disesuaikan dengan desain dari Honda ADV150. Untuk pemasangannya cukup mudah dan tidak perlu kunci-kunci. Hanya tempel pakai double tape dan baut yang tersambung ke dudukan pelat nomor saja. Untuk harganya berkisar Rp 100 ribuan hingga Rp 400 ribuan, tergantung model. 

aksesori Honda ADV150

Center Rubber Pad

Memberikan kesan stylish di bagian dek tengah. Dipasangkan dekat lubang pengisian bahan bakar. Peranti tambahan ini menggunakan bahan dari karet. Biasanya area ini sering lecet gara-gara penggunaan harian. Maka dengan menggunakan aksesori ini bisa meminimalisir gesekan yang sering terjadi. Anda bisa mendapatkannya dengan cara beli online atau datang ke diler resmi Honda terdekat. Harga yang ditawarkan Rp 120 ribu.

Leg Deflector

Pabrikan menawarkan peranti ini dengan harga Rp 170 ribu. Selain sebagai aksesori tambahan penunjang tampilan, ia dapat berfungsi mengurangi masuknya angin dari arah depan ke daerah lutut. Dipasangkan di bagian sayap tengah dan warnanya bening. Jika Anda punya budget lebih untuk peranti ini, bisa coba membeli yang bahan serat carbon. Tersedia di berbagai macam market place dan dilego mulai dari Rp 500 ribuan. Caranya tinggal pasang saja, karena sudah disisipi perekat.

Panel Step Floor

Aksesori ini paling banyak dicari oleh pengguna ADV150. Ia berfungsi memberikan kenyamanan berkendara. Selain itu, agar pijakan kaki tidak mudah kotor dan tidak licin. Untuk peranti ini, ada lansiran Honda Genuine Part yang sudah terjamin kualitasnya. Harga yang ditawarkan Rp 560 ribu. Ada pula produk lain yang lebih murah. Bisa dicari di berbagai market place yang ada di Indonesia. Tentunya dengan bahan dan mutu yang berbeda.

Exhaust Pipe Cover

Untuk mempertegas tampilan gaya adventure yang dimilikinya, disediakan cover exhaust pipe atau penutup pipa knalpot di bagian dekat mesin. Ia menjadi satu dengan garnish cover radiator, jadi aksen di bagian bawah terlihat padat. Secara estetika juga terkesan lebih rapi. Selain itu, memberikan rasa aman bagi pemiliknya agar tidak mudah tersenggol pipa knalpot yang panas. Anda bisa menebusnya dengan menyiapkan uang sebesar Rp 180 ribu.

Tail Tidy

Part ini merupakan pengganti sepatbor belakang. Bentuknya sangat mungil, bahkan jauh lebih kecil dari bawaan pabrik. Barang ini bisa bikin ADV150 jadi terlihat lebih sporty dan seksi. Tail tidy sendiri sudah banyak di jual di toko online, dan sudah sangat lumrah diaplikasikan ke skutik zaman sekarang.

Bahan yang digunakan pada umumnya dari besi dan berwarna hitam. Bentuknya pun bermacam-macam, jadi bisa diatur untuk sudut kemiringan posisi plat nomornya. Untuk pemasangan sangat mudah karena sudah plug and play. Sepatbor bawaan pabrik sudah menganut model gantung, jadi tinggal dilepas, lalu tinggal pasang saja. Banyak yang menjual peranti ini dari harga Rp 180 ribu sampai Rp 600 ribu, tergantung merek.

Sebagai catatan, pemasangan tail tidy membuat cipratan dari ban belakang lebih tinggi dan bisa saja mengotori sampai jok belakang. Meski ADV150 memiliki sepatbor kolong tambahan, baiknya menambahkan aksesori seperti mud guard. Untuk pelindung ban belakang dibanderol Rp 200 ribuan.

Itulah sejumlah aksesori tambahan untuk membuat tampilan Honda ADV150 Anda makin kental nuansa tualangnya. Agar tidak merogoh kocek lebih besar, pemasangannya juga bisa dilakukan sendiri. Tentunya ragam peranti yang telah disebutkan tidak menggugurkan garansi, karena berupa pemanis tambahan. Semoga bermanfaat. (Bgx/Tom)

Baca Juga: Honda ADV300 Diperkirakan Rilis Akhir Tahun Ini, Pakai Teknologi Dari Forza

Jelajahi Honda ADV 150

Honda ADV 150 Rp 34,74 - Rp 37,8 Juta Cicilan : Rp 792.689

Bandingkan & Rekomendasi