MV Agusta Resmi Bermitra dengan Akrapovic

MV Agusta Resmi Bermitra dengan Akrapovic

MV Agusta secara resmi mengumumkan kemitraan dengan Akrapovič. Knalpot premium asal Slovenia nantinya merancang, mengembangkan, dan memasok sistem pembuangan untuk jajaran motor Meccanica Verghera. Perannya menggantikan SC-Project yang telah terjalin sejak 2016.

Jenama asal Italia dan Akrapovic punya cara yang mirip dalam kiprah industri, yaitu selalu ingin jadi yang terbaik. “Kerja sama ini sebenarnya memang terjadi secara alami antara dua pemimpin dengan kehebatan dalam bidang masing-masing. Maka ke depannya kami bakal menciptakan kendaraan berkualitas,” tutur Timur Sardarov, CEO MV Agusta SpA.

Bagi Timur, sinergi ini tercipta untuk jangka panjang. Keduanya dapat mentransfer teknologi mutakhir masing-masing agar mendapatkan kinerja dan kualitas tak tertandingi ke model produksi. Apalagi kedua merek ini sama-sama didirikan oleh mantan pembalap, Domenico Agusta dan Igor Akrapovic yang telah mengukir banyak kemenangan. Terlebih perusahaan knalpot dari Slovenia ini sangat terkenal di dunia balap motor seperti MotoGP, superbike, supersport, supermoto, motocross dan mobil di seluruh dunia.

MV Agusta Brutale 1000 RR

Beberapa model motor MV Agusta untuk tahun pembuatan 2021 nantinya menggunakan knalpot dari Akrapovic. Seperti kita tahu, sistem pembuangan premium yang dibuat oleh Igor dikenal dengan invoasinya, baik dalam hal desain maupun penggunaan material. Seluruh lini yang hadir hingga saat ini menggunakan bahan titanium, super alloy hingga serat karbon. Versi tertingginya terbukti memberikan kepuasan dalam menunjang performa motor terutama di dunia balap.

Sementara MV Agusta sendiri dikenal sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia asal Italia. Setiap produknya penuh dengan filosofi unik dan syarat dengan karya seni tinggi. Selain itu, model-modelnya lebih familiar dengan mahakarya ketimbang sekadar tunggangan.

Baca juga: MV Agusta Ciptakan Lagi Motor Paling Langka di Muka Bumi

Menurut pria kelahiran Italia, kunci dari semua itu adalah penggunaan teknologi terkini, serta komitmen untuk memberikan kualitas yang tanpa kompromi. “Suara raungan motor adalah bagian penting bagi MV Agusta. Itu elemen kunci bagi produk kami dan kami memberikan perhatian khusus untuk itu. Motor 3 dan 4 silinder kita punya karakter khusus sehingga suaranya pun harus prima,” katanya.

Walau telah menorehkan catatan baik dalam dunia balap, ini menjadi tantangan tersendiri bagi Akrapovic untuk menghasilkan knalpot yang sesuai dengan karakter MV Agusta. Tentunya tidak hanya dikhususkan buat penggunaan jalan raya, tapi juga di lintasan sirkuit. Pihaknya juga tak sungkan menyatakan kebanggaannya akan kerja sama baru ini, seperti disampaikan oleh sang CEO, Uroš Rosa. “Bermitra dengan salah satu merek motor ikonik, yang juga memiliki etos serta DNA yang mirip dengan kami, adalah satu langkah besar untuk kami,” tuturnya.

Honda-CBR1000RR-R-Akrapovic (2)

Akrapovic rencananya membuat knalpot untuk MV Agusta dengan suara yang sangat spesifik. Materi yang digunakan pun merupakan terobosan terbaru dengan teknologi paling mutakhir. Desainnya juga dipastikan selaras dengan tampilan motor ikonik. Menggunakan DNA dan karakter motor-motor indah pabrikan yang bermarkas di Varese, namun tanpa menghilangkan identitas asli dari sistem pembuangan yang bermarkas di Ivancna Gorica, Slovenia.

Selain menjadi pemasok sistem pembuangan untuk motor, ia juga dipilih oleh beberapa pabrikan mobil untuk balap, seperti Audi, BMW M series, Aston Martin Racing, atau Toyota Motorsport. Kemitraan perusahaan knalpot dengan pabrikan motor bukan hanya kali ini saja. Sebelumnya sudah ada Ducati dengan Termignoni, serta Harley-Davidson bersama Screamin Eagle. Mereka juga telah mengembangkan partnership ini selama bertahun-tahun. (Bgx/Tom)

Sumber: MV Agusta, Visordown

Baca juga: MV Agusta Brutale 1000 RR Resmi Dirilis, Berbanderol Rp 491 juta

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store