MotoGP: Dovizioso Mendapat Keuntungan di GP Emilia Romagna

MotoGP: Dovizioso Mendapat Keuntungan di GP Emilia Romagna

Meski bertuliskan ‘unemployed’ (pengangguran) di baju balapnya, Andrea Dovizioso masih mendapat keuntungan. Namanya masih bercokol di puncak klasemen sementara. Raihan terakhir pun mencatatkan dirinya hanya finis urutan kedelapan di GP Emilia Romagna. Memberinya keunggulan tipis satu poin dari Fabio Quartararo di peringkat kedua, diikuti Maverick Vinales pada posisi ketiga.

Penampilan Dovi terbilang kurang impresif di seri ketujuh. Kendati begitu, masih mendulang tambahan poin. Dan sejauh ini pembalap dari Mission Winnow Ducati telah mengumpulkan total 84 poin. Berdiri di puncak klasemen sementara, tak berarti membuatnya puas. Dovi masih belum merasa tepat jodoh dengan performa motornya. Dari tujuh race yang sudah dijalani, pembalap 34 tahun itu baru dua kali naik podium dan hanya sekali finis pertama pada MotoGP Austria.

Dovizioso

Padahal setelah menghadapi kompetisi di GP Misano minggu lalu, tim Ducati melakukan sedikit ubahan pada tunggangan Dovi. Mereka mengganti beberapa suku cadang baru dan perubahan set-up, serta membenahi bagian ban belakang pada motor Desmosedici GP 20. Meski itu membuatnya jauh lebih nyaman, ia tetap saja tidak bisa menembus lima besar di GP Emilia Romagna.

Sementara pada balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (20/9) Maverick Vinales keluar sebagai pemenang. Keberhasilannya sekaligus mematahkan mitos bahwa peraih pole position di Misano tidak bisa menduduki posisi teratas saat balapan yang sebenarnya. Selain itu, ia mampu menghilangkan predikat sebagai Saturday Rider karena selalu mengilap di sesi kualifikasi.

Hasilnya, pembalap Monster Energy Yamaha mendapat tambahan 25 poin dan telah mengumpulkan 83 poin. Raihan angka itu sama dengan kumpulan poin dari jagoan Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Rider Prancis itu ada di posisi kedua, dan Top Gun menempati posisi ketiga.

Vinales

Sebetulnya Fabio Quartararo bisa memimpin klasemen dan finish di tempat ketiga. Namun semua itu gagal lantaran dia mendapat hukuman Long Lap Penalty MotoGp alias LLP pada lap terakhir. Akibatnya ia menerima penalti tiga detik dan membuatnya turun ke posisi keempat. Atas kesalahannya itu dirinya hanya mendapat tambahan 13 poin. Hasilnya, podium tiga otomatis menjadi milik rider Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro.

Dalam balapan kali ini justru yang mendapat sorotan lebih yaitu Joan Mir. Penampilan pembalap Suzuki Ecstar itu sangat mengagumkan. Ia sukses besar bisa naik podium kedua. Padahal dirinya start dari posisi ke-11. Hebatnya, pembalap berpaspor Spanyol itu berhasil menyalip Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) dan Pol Espargaro (KTM) pada lap-lap terakhir. Bagi Mir, ini adalah podium ketiganya di MotoGP 2020. Sebelum meraih hasil hebat di Misano, dia menjadi runner-up pada GP Austria.

Posisi setelah Fabio Quartararo ada Miguel Oliviera, Takaaki Nakagami, Alex Marquez, Andrea Dovizioso, Franco Morbidelli, Danilo Pettruci, Johann Zarco, Alex Rins dan Bradley Smith. Seri selanjutnya adalah MotoGP Catalan yang digelar di Sirkuit Catalunya, mulai 25 hingga 27 September 2020.

Untuk diketahui, Long Lap Penalty MotoGP adalah hukuman yang diberikan kepada para pembalap saat melaju di jalur tersendiri -menyentuh bagian hijau sisi luar lintasan-. Umumnya berada di bagian run-off (luar) tikungan yang beraspal. Sangsinya kehilangan waktu beberapa detik. Ganjaran ini dinilai lebih adil ketimbang memberikan penalti turun satu posisi. (Bgx/Tom)

Klasemen sementara dan perubahan posisi:

1. = Andrea Dovizioso ITA Tim Ducati (GP20) 84

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 83 (-1)

3. ^ 2 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 83 (-1)

4. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 80 (-4)

5. ^ 2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 64 (-20)

6. ˅3 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 64 (-20)

7. ^ 2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 63 (-21)

8. ^ 2 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 59 (-25)

9. ˅3 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-26)

10. ^ 1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 57 (-27)

11. ˅3 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) 53 (-31)

12. = Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 44 (-40)

13. = Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 36 (-48)

14. ^ 1 Danilo Petrucci ITA Tim Ducati (GP20) 31 (-53)

15. ˅1 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 29 (-55)

16. ^ 1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 24 (-60)

17. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 18 (-66)

18. = Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16) 15 (-69)

19. = Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 11 (-73)

20. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 7 (-77)

21. = Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 7 (-77)

22. = Michele Pirro ITA Pramac Ducati (GP20) 4 (-80)

Foto: MotoGP

Baca juga: MotoGP 2020: Kesalahan Bagnaia Bawa Vinales Kembali ke Pole Position Misano Pekan Ini

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store