Hasil Lengkap MotoGP Emilia Romagna, Bukti Kesuksesan Vinales

Kegagalan Maverick Vinales pekan lalu, terbayarkan pada laga kedua di Sirkuit Misano, hari ini (20/9). Melalui balapan yang bertajuk MotoGP Emilia Romagna, joki Monster Energy Yamaha tampil sebagai pemenang. Turut pula naik podium, dua pembalap Spanyol lain yaitu Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Pol Espargaro (Red Bull KTM).

Sama seperti sebelumnya, upaya Vinales untuk mendulang poin penuh di seri ketujuh MotoGP  sudah terlihat sejak kualifikasi kemarin. Di sesi perebutan posisi start, ia mampu membukukan lap time tercepat dan berhasil menempati pole position. Tak cuma itu, pengguna nomor 12 juga mencatatkan rekor baru sirkuit yang jua sempat dituliskannya pada seri keenam (MotoGP Misano) lalu.

Meski begitu, Vinales mesti mengakui kesigapan Jack Miller (Pramac Ducati Racing) bersama Ducati Desmosedici-nya. Begitu lampu merah padam, rider Australia dapat memimpin jalannya balap. Sayang dirinya tak bisa melanjutkan balapan lantaran terkendala masalah teknis. Asa tim satelit Ducati tak begitu saja hilang. Pasalnya, masih ada Francesco Bagnaia yang berkesempatan besar mendapatkan podium keduanya di ajang ini. Sejak lap keempat, Bagnaia sudah menguntit Vinales dari posisi kedua.

Peluangnya menyalip Vinales pun terbuka lebar. Selain terpaut gap tak kepalang jauh, Bagnaia juga punya pondasi jitu untuk mengungguli sang rival, tenaga Ducati Desmosedici. Selain set up motor, Bagnaia pun tampak percaya diri dengan padu padan ban Hard-Soft pilihannya. Kombinasi ini pula yang kemudian membuatnya leluasa meninggalkan Vinales di pertengahan lomba.

Akan tetapi, balapan itu rasanya masih cukup panjang untuk karet bundar pilihannya tersebut. Beberapa putaran sebelum lap ke-20, Vinales dengan penggunaan ban Medium-Medium terus memangkas jaraknya dari Bagnaia. Di sini pula ada indikasi kompon ban milik Bagnaia sudah mencapai batas (habis). Sementara Vinales terus memburunya, Bagnaia justru terjatuh di tikungan keenam (T6) ketika balapan tersisa tujuh putaran. Musnah sudah kesempatan Bagnaia, sementara kemenangan itu dipastikan menjadi milik Vinales.

Vinales menang MotoGP Misano

Kala Vinales melenggang jauh di depan, perebutan podium kedua dan ketiga tengah terjadi antara Pol dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Memasuki putaran akhir ini, tekanan jelas diperlihatkan Quartararo terhadap Pol. Ia tentu ingin mengembalikan kedudukannya di puncak klasemen. Namun, hal itu justru membuatnya kehilangan kontrol. Pimpinan balap memperingatkannya karena kedapatan sekali melewati batas trek.

Alih-alih menekan Pol, Quartararo malah tertekan oleh kehadiran Mir. Di tiga lap tersisa, pembalap Suzuki Ecstar berhasil melakukan overtake terhadap Quartararo. Bahkan dalam satu putaran berikutnya, ia mampu melewati Pol. Quartararo enggan menyerah. Dia dapat mendahului Pol, setidaknya untuk mengamankan podium ketiga. Nahas, di putaran terakhir pembalap Prancis diganjar long lap penalty. Namun, hal itu tak digubrisnya hingga melewati garis finis di belakang Mir. Akibatnya, Quartararo mendapatkan pengurangan waktu tiga detik. Yang artinya, terpaksa memberikan podium ketiga tersebut kepada Pol.

Quartararo jelas kecewa. Pasalnya, lewat podium itulah dia semestinya dapat merebut kembali puncak klasemen dari Andrea Dovizioso. Apalagi jika melihat pembalap Mission Winnow Ducati yang hanya finis kedelapan. Lantaran menyelesaikan balapan di posisi empat, maka Quartararo gagal merebut puncak klasemen dari Dovi - terpaut satu poin. Kegagalan juga melanda Valentino Rossi di seri ketujuh ini. Di balapan tadi The Doctor terjatuh. ia sempat kembali ke lintasan, namun terpaksa harus memarkirkan Yamaha M1 tunggangannya ke paddock. Posisinya di klasemen pun merosot tiga peringkat, dari posisi tujuh ke sembilan. (Ano/Van)

Hasil MotoGP Emilia Romagna:

1. Maverick Viñales - Monster Yamaha (YZR-M1)

2. Joan Mir Suzuki - Ecstar (GSX-RR)

3. Pol Espargaro - Red Bull KTM (RC16)

4. Fabio Quartararo - Petronas Yamaha (YZR-M1)

5. Miguel Oliveira - Red Bull KTM Tech3 (RC16)

6. Takaaki Nakagami - LCR Honda (RC213V)

7. Alex Marquez - Repsol Honda (RC213V)

8. Andrea Dovizioso - Ducati Team (GP20)

9. Franco Morbidelli - Petronas Yamaha (YZR-M1)

10. Danilo Petrucci - Ducati Team (GP20)

11. Johann Zarco - Reale Avintia (GP19)

12. Alex Rins - Suzuki Ecstar (GSX-RR)

13. Bradley Smith - Aprilia Gresini (RS-GP)

Iker Lecuona - Red Bull KTM Tech3 (RC16)* DNF

Francesco Bagnaia - Pramac Ducati (GP20) DNF

Valentino Rossi - Monster Yamaha (YZR-M1) DNF

Tito Rabat - Reale Avintia (GP19) DNF

Jack Miller - Pramac Ducati (GP20) DNF

Brad Binder - Red Bull KTM (RC16) DNF

Aleix Espargaro - Aprilia Gresini (RS-GP) DNF

Baca Juga: Lorenzo Tak Mau Balapan Lagi, Tawaran Ducati Ditolak

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store