jakarta-selatan
kali dibagikan

Lima Fakta Yamaha Vixion R yang Perlu Anda Pertimbangkan

  • 20 Nov, 2019
  • 1840 Kali Dilihat

Di segmen naked bike 150 cc, Yamaha Vixion R terbilang paling mahal. Bandingkan dengan kompetitor seperti Honda CB150R Streetfire atau Suzuki GSX-S150. Banderol keduanya masih di bawah Rp 30 juta. Sementara Vixion R sudah Rp 30,815 juta. Tapi motor buatan Yamaha Indonesia, punya beberapa keunggulan dibanding pesaingnya. Berikut fakta yang menjadi keutamaan naked bike satu ini.


Mesin Lebih Powerful


Yamaha Vixion R


Salah satu yang membuat harga Yamaha Vixion R mahal, ia dibekali jantung mekanis berkapasitas 155 cc. Dirancang menggunakan tipe mesin SOHC 4 katup. Memang selisihnya tak signifikan dari petarung lain yang 150 cc. Tapi soal teknologi, terapan Variable Valve Actuation (VVA) boleh jadi kebanggaan buat Anda jika memilih motor ini. Berkat sematan itu, tenaga dan torsi Vixion R maksimal di setiap putaran mesin.


Ramuan bore x stroke: 58 x 58,7 mm, generasi terbaru Vixion mampu mengail tenaga 19 Hp di 10.000 RPM. Sedangkan untuk torsinya 14,7 Nm di 8.500 RPM. Semua kemampuan disalurkan melalui transmisi 6 percepatannya. Bandingkan dengan CB150R yang outputnya 16,6 Hp di 9.000 RPM dan 13,8 Nm di 7.000 RPM. Walaupun jika disandingkan dengan GSX-S150 (tenaga: 18,9 Hp di 10.500 RPM, torsi: 14 Nm di 9.000 RPM) kemampuan Vixion R beda tipis. Tapi soal torsi jelas Vixion R lebih 'nyentak' dibanding motor Suzuki.


Assist & Slipper Clutch


Peranti satu ini tak dipunyai oleh dua pesaing. Fitur Assist & Slipper Clutch, yang jadi keunggulan utama Vixion R. Pengaplikasiannya sudah dibuktikan melalui Yamaha R15. Dengan begitu, pengendara dibuat lebih nyaman saat mengoperasikan kopling hingga perpindahan gigi. Jadi lebih halus yang memberi dampak positif terhadap akselerasi. Di samping itu, fungsinya juga mengatur setiap tenaga dengan putaran roda. Sehingga mengurangi risiko ban belakang terkunci. Utamanya saat pengendara menurunkan gigi secara cepat. Apalagi, kita tahu Vixion R memiliki torsi yang besar.


Kestabilan Maksimal


Yamaha Vixion R


Naked bike seperti Vixion R ideal menjadi teman perjalanan jauh. Punya stang tinggi serta jok yang cukup lebar. Tapi, motor peruntukan touring juga butuh stabilitas yang baik. Makanya, struktur kaki-kaki Vixion R dilengkapi fork teleskopik (depan) dan suspensi monoshock tipe monocross. Paduan ini diklaim memberikan kestabilan bagi pengendaranya.


Terlebih motor 30 jutaan ini menggunakan rangka utama delta box. Dikolaborasikan pula dengan swing arm aluminium. Material ini dikenal kuat namun ringan. Menjanjikan pengendalian optimal untuk empunya motor. Didukung pula penggunaan ban besar. Depan 90/80-17 (depan) dan 130/70-17 untuk belakang.


Panel Meter Digital dan Shift Timing Light


Faktanya, Vixion R sudah menggunakan panel meter digital. Di dalamnya tertera berbagai informasi dasar seputar motor. Pendukungnya adalah mata cukup dimanjakan untuk melihat indikator BBM, perpindahan transmisi, kecepatan hingga putaran mesin. Sektor ini memang juga tersedia di kompetitornya tadi.


Namun menariknya, Vixion R sudah menggunakan panduan berupa shift timing light. Fungsinya, memandu pengendara untuk melakukan perpindahan gigi. Sayangnya, untuk sistem kunci Vixion R masih menggunakan sistem pengaman magnet saja. Sementara salah satu lawannya yaitu GSX-S150 ada yang sudah memakai kunci keyless. Tapi adanya fitur lampu hazard juga tak kalah penting. Dengan begitu, pemilik Vixion R dapat memanfaatkannya di saat mendesak.


Desain



Untuk unsur satu ini, memang subyektif. Tapi jika membandingkannya lagi, mungkin Anda sepakat Vixion R kalah saing. Mengingat CB150R maupun GSX-S150 punya tubuh lebih atletis dan atraktif. Bahkan sistem penerangan CB150R Streetfire, sudah semuanya LED. Sementara Vixion R hanya headlamp yang menggunakan lampu hemat daya. Begitu pula soal desain cakram. Item pendukung penghenti laju kepunyaan Vixion R terlihat konvensional. Berbanding terbalik dengan milik CB150R Streetfire dan GSX-S150. Dua motor ini dibentuk lebih stylish dengan wavy disc brake.


Demikian juga dengan warna. Opsi untuk Vixion R terbilang sedikit, Cuma dua warna (Matte Red dan Matte Grey). Bandingkan lagi dengan dua produk yang sudah kita bahas tadi. Pilihan tentu kembali kepada Anda. Di samping kekurangan, toh Vixion R juga memiliki kelebihan yang menjadi nilai jualnya. (Ano/Van)


Baca Juga: Cari Apparel Legendaris Kushitani. di Sini Tempatnya

Harga dan Promo Varian Vixion R

  • Standard | Rp 29 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 3 Juta
    Angsuran Rp 1 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Yamaha Vixion R

Lihat video terbaru Yamaha Vixion R untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi