• Wishlist

Ketika Kapal Perang Jadi Inspirasi Custom Honda Klasik

Bandit9 Motorcycles kembali menyodorkan motor modifikasi custom unik. Kali ini menggunakan basis Honda klasik. Dirombak total hingga terlihat seperti kendaraan masa depan. Berjuluk L-Concept dengan bentuk sangat minimmalis. Terinspirasi dari kapal perang.


Honda Custom


Honda custom ini dirancang oleh Daryl Villanueva, asal Ho Chi Minh di Vietnam Selatan, yang sebelumnya dikenal sebagai Saigon. Sang modifikator terinspirasi dari kuda besi yang sering muncul dalam film bergenre sci-fi. Wujudnya sangat tidak konvensional dan eksploratif. Motor ini sejatinya dibangun dari Honda kuno Supersport 125 lansiran 1967.


Roda dua ini termasuk kategori limited edition atau produksi terbatas. Bandit9 hanya memproduksinya sebanyak 9 unit. Dan ini sudah menjadi tradisi mereka setiap melahirkan motor kustom baru. Harga yang ditawarkan untuk satu unit L-Concept sebesar USD 11.950 atau setara Rp 167 juta.


Kuda besi garapan builder Bandit9, memakan waktu pengerjaan 6-8 minggu. Dikerjakan oleh para ahli custom yang sudah menghasilkan beberapa mahakarya, seperti Arthur, Merlin, Eve maupun Oddysey. Sudah seharusnya L-Concept menjadi koleksi yang berharga bagi para pecinta motor di dunia.


Ciri khas motor custom garapan Bandit9, bertampang kendaraan masa depan. Banyak dari karya mereka yang didominasi warna silver ataupun krom. Seperti L-Concept yang mereka garap. Bodinya dilapisi baja stainless warna krom mengilap (mirror finishing). Bentuknya lurus dari depan hingga buntut. Terinspirasi dari USS Enterprise, kapal induk angkatan laut Amerika Serikat pada era perang dunia kedua. Ada cekungan di bagian tengah untuk posisi duduk pengendara.


Pencahayaannya dibuat dengan gaya futuristik. Lampu depan pakai 5 titik LED dengan pendar cahaya 6000K. Lampu rem dan spidometer masuk dalam ketegori minimalis. Bentuk cover mesinnya, Villanueva mendapatkan ide setelah menonton film star trek.


Terlepas dari semua itu, sebagian orang mengira motor ini hanya sebatas pajangan. Salah! Roda dua ini siap pakai. Ia dilengkapi dengan suspensi spring ganda di depan. Belakangnya pakai shock ganda yang menempel langsung di subframe dan terhubung dengan swing arm kurus. Dirancang untuk menjaga bagian belakang tetap rapi dan minimalis.


"Sejak kecil saya selalu suka motor. Namun, saya baru pertama kali mengendarai motor pada usia 25. Saya berkeliling dunia dan di Saigon. Saya banyak mendapat inspirasi untuk membuat karya dari sepeda motor. Saat saya berimajinasi tentang kapal induk, terciptalah L-Concept. Sekarang sudah banyak mobil yang dijejali mesin jet. Tapi motor? Kami memodifikasi sedemikian rupa untuk membawa kreasi umat manusia pada batasnya," kata Villanueva.


Honda Custom


Ia digerakkan oleh mesin 125 cc berpendingin udara, bertansmisi 4 percepatan. Masih menggunakan karburator, bobotnya cuma 135 kg. Menggunakan roda ukuran 21 inci yang dilengkapi rem cakram di keduanya. Meski belum dijajal di lintasan sebenarnya, namun motor kustom ini diklaim sanggup dipacu hingga 110 km/jam.


Untuk informasi, pengiriman motor ini dapat dilakukan ke beberapa negara. Dengan estimasi 3 sampai 5 minggu, tergantung tujuan. Jadi, untuk sampai di depan rumah, motor ini memakan waktu 3 hingga 4 bulan. Negara yang masuk dalam daftar pengiriman : Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Italia, Swiss, Jerman, Swedia, Spanyol, Belgia, Dubai, Abu Dhabi, Cina, Hongkong dan Tokyo. Untuk negara atau daerah yang tidak masuk dalam daftar, bisa mengajukan secara langsung dengan mengisi form dari laman resmi Bandit9.


Sumber: visordown, bandit9


Baca Juga: Kerennya Triumph Custom Bergaya Pesawat Jet