• Wishlist

Kerennya Triumph Street Triple Bernuansa Aviasi Asal Bali

Smoked Garage, bengkel kustom dari Bali, baru menyelesaikan proyeknya - sebuah Triumph Speed Triple bernuansa pesawat jet. Namanya Triumph Ghost, dan tak tampak lagi gurat asli desainer Inggris. Semua diganti pahatan tangan sang seniman pulau eksotis. Mahakarya ini pun menghasilkan komposisi indah sekaligus intimidatif.


Triumph Ghost


Bagian tengah Triumph Ghost yang paling mencirikan pesawat. Semua benar-benar tertutup pelat, mengurung mesin. Tangki panjang itu menyambung dengan cover bawah, yang mereka interpretasikan sebagai bungkus mesin jet. Dan bentuknya benar-benar mirip.


Kalau dilihat lebih detil, perekat tiap sambungan panel memakai paku, bak sebuah produk aviasi. Keren. Dan uniknya, hiasan grafis spektrum biru, mengingatkan kami pada salah satu maskapai dalam negeri, yang sedang tenar diberitakan. Semakin kental nuansanya.


Walau terkesan gambot dan tertutup, mereka tak melupakan fungsi aerodinamika. Tertera lubang udara pada sisi kanan kiri, guna menekan udara dan memberi angin segar ke mesin. Lantas di depan, radiator turut diberi tunnel yang dihias cover jaring.


Karakter intimidatif bisa ditemukan pada fasad. Headlight bulat dibingkai galvanis yang sengaja ditekuk tajam. Saat melihatnya dari samping, moncong bak siap menembus angin. Ditambah pula dengan stang clip on, serta posisi sadel jauh yang memaksa pengendara merunduk saat melesat. Terakhir buntut, diberi akhiran membulat lengkap dengan stoplamp LED sejajar.


Soal arsitektur, hanya bagian subframe yang disusun ulang. Sementara sisanya masih mengadopsi struktur standar. Tapi urusan peredam kejut, upside down dan monoInshock adjustable Ohlins dipilih untuk pengendalian optimal. Dan supaya rapi, bagian fork itu dibungkus lagi dengan pelat hitam. Motor jadi tampak klimis berkat ini.


Triumph Ghost


Lantas apa yang dilakukan pada mesin? Dalam paparan data spesifikasi, tak kami temukan riwayat operasi jantung. Masih memakai konfigurasi tiga silinder 1.050 cc DOHC. Kemampuan pacu di atas kertas pun sama, 131 hp/9.100 rpm dan torsi 105 Nm/5.100 rpm. Dengan racikan kompresi tinggi (12:1) dan ditranslasikan gearbox 6-speed ke roda, rasanya memang sudah lebih dari cukup. Masuk akal jika Smoked Garage tak "terasapi" untuk meramu ulang teknis mesin.


Terakhir, mereka menyematkan dua disc brake Brembo 320 mm di roda depan. Lengkap dengan kaliper empat piston masing-masing. Roda belakang juga dipasang disc brake 220 mm, berkaliper dua piston buatan merek yang sama. Paket penahan laju itu bekerjasama dengan traksi penuh dari Pirelli Diablo Rosso bertapak lebar.


Sumber: Smoked Garage


Baca Juga: Tak Cuma Qooder, GForce Republic Juga Luncurkan Skuter Elektrik