jakarta-selatan

Kenali YCC-T, Teknologi MotoGP yang Ada di Yamaha TMax DX

  • 07 Des, 2017
  • 2986 Kali Dilihat

Sebagai skuter termahal di mereknya, Yamaha TMax DX tak boleh setengah hati. Apalagi dari jajaran skutik tampilan mewah, model ini merupakan top of the line. Teknologi maupun fitur yang diembannya haruslah yang terbaik. Mungkin itu alasannya hanya TMax, skuter yang menggunakan YCC-T.



Asing dengan nama itu? Berikut penjelasannya. YCC-T, akronim untuk Yamaha Chip Controlled Throttle. Sebuah teknologi pada sistem ECU dan mesin yang diadaptasi dari YZR-M1, kendaraan untuk balap di ajang MotoGP.



Dijelaskan oleh Eddy Ang, Deputi General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), “YCC-T mengoptimalisasi hubungan antara kecepatan mesin, asupan udara hingga output torsi untuk memberikan aliran tenaga yang terkendali dan lembut. Khususnya untuk mesin dengan putaran tinggi yang berkapasitas besar.”


Caranya, menggunakan Electronic Controlled Unit (ECU) dengan prosessor yang memiliki kapasitas lima kali lipat dibanding biasa. Kekuatan memproses data dari input pada beragam sensor, memungkinkan aksi pada mesin yang sangat cepat, responsif dan lembut.


Bukan cuma cepat, ECU dengan kemampuan memproses data yang lebih masif itu, membuat semua sensor mampu secara konstan terus menerus mengirim data pada ECU. Bagaimana tidak, banyak hal yang dapat berubah. Temperatur udara, tekanan pada intake, tekanan atmosfer, posisi kruk as, suhu mesin, kecepatan mesin, posisi gas dan sensor oksigen, semua data bisa diterima dengan baik. Semua diolah secara presisi dan begitu pedal gas dibetot, outputnya tepat guna.



 


Yamaha TMax DX memiliki mesin 2-silinder 530 cc. Mesin yang sangat besar untuk sebuah skuter. Powernya mencapai 45,9 dk. Nominal yang sangat besar dan perlu diatur secara baik pengalirannya. Efisiensi dan besaran maksimum tenaga, memang harus dikontrol demi mendapatkan proporsi yang optimal.


Motor ini mulai dijual di Indonesia pada 1 Desember lalu. Harap Yamaha, harganya saat unit tiba di Februari 2018 nanti berkisar RP 300 jutaan. Dari Jepang, mereka hanya mengirim 60 unit pada tahun inisiasi. Buktinya, sekarang saja sudah 40 pemesan mengantre.


Tak hanya mahal karena teknologi mesin yang canggih. Aneka fitur baru juga diemban oleh sang kakak dari Yamaha NMax dan XMax 250 ini. sebut saja cruise control, electric adjustable windshield, adjustable rear shock, hingga mode berkendara. (Ivn/RS)


Baca juga: Apa Saja Keunggulan Yamaha TMax DX?

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Yamaha TMAX DX

Lihat video terbaru Yamaha TMAX DX untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi