jakarta-selatan

Kawasaki KLX 230R Resmi Dijual di Indonesia, Lebih Bertenaga dan Khusus Offroad

  • 19 Jun, 2019
  • 1558 Kali Dilihat


Setelah meluncurkan KLX230 Mei lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga memasarkan KLX230R. Inilah versi ilegal di jalan raya alias model murni untuk offroadnya dari KLX230. Motor trail tanpa peranti standar lazimnya, dibuat untuk memenuhi hobi para bikers yang doyan melibas jalur ekstrem.



Secara tampilan, Kawasaki KLX230R mengacu pada Kawasaki KX motocross yang gesit. Tanpa dilengkapi alat kelengkapan lalu lintas, headlampnya cuman ditutup cover tipis layaknya Kawasaki KX series. Tidak ada lampu sein, kaca spion maupun dudukan pelat nomor. Bagian dashboard ataupun stang bisa dibilang terondol bahkan tidak disediakan speedometer. 


Jantung pacunya sama dengan KLX230. Hanya saja, memiliki tenaga sedikit lebih besar dibanding versi legal jalan rayanya. Jika versi resminya mencatat 19 PS untuk tenaga dan torsi 19,8 Nm, di atas kertas tenaga KLX 230R mencapai 14,6 kW (20 PS) pada 8.000 rpm dan torsi 20,6 Nm pada 6.000 rpm.


Dibekali mesin injeksi satu silinder, SOHC, 2-katup, berpendingin udara, dipadankan sistem transmisi 6-percepatan. Diameter dan langkah sebesar 67 x 66 mm dengan kompresi rasio 9.4:1. Dengan begitu, mesin ini mampu menghadapi rintangan dan memberikan performa trail riding yang sangat baik.


Menggunakan All-new perimeter frame yang dapat memberikan kestabilan handling. Ditunjang dengan telescopic fork untuk depan dan new uni track swingarm berbahan alumunium belakang. Punya bobot kering hanya 115 Kg dan ground clearance tinggi yaitu 300 mm. Motor ini menggunakan ban ‘tahu’ dengan ukuran 80/100-21 51M depan dan 100/100-18 59M belakang. Untuk bagian pengereman, motor ini disokong single disc berdiameter 213 mm depan dan single disk 186 mm belakang.


Punya ciri khas layaknya dirt bike, KLX230R punya suspensi panjang bagian depan 250 mm dengan diameter as 37 mm. Hasilnya mampu meredam jalanan bergelombang, dan dengan mudah menghindari bebatuan.


Terdapat elektrik start yang memudahkan pengendara, serta tombol untuk mematikan mesin yang terdapat di sisi kiri stang. Tangkinya mampu menampung bahan bakar sebanyak 6.6 liter.


Mesin dan rangka didesain selaras, sehingga bisa meminimalisir tinggi mesin dan jok menjadi rendah. Desain jok rata dengan tangki, memberikan keleluasaan bagi pengendara untuk bergerak dan berpindah posisi. Demi kenyamanan jok dibuat lebih lebar dan tebal.


Secara keseluruhan, KLX230R bertenaga, ringan, mudah bermanuver dan menjadi motor ideal untuk off-road adventure.


KLX230R dipasarkan dengan dengan harga Rp 48.9 juta (Jabodetabekser). Selisih harganya lumayan dengan tipe SE yang dibanderol dengan harga Rp 44.9 juta. Tidak seperti versi legalnya yang punya 3 pilihan warna, Kawasaki KLX230R hanya memiliki satu warna, Lime Green. (Bgx/Van)


Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam KTM RC390

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Kawasaki KLX 230

Lihat video terbaru Kawasaki KLX 230 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Kawasaki Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi