Ini Keunggulan Ban Buatan Lokal, Mizzle MR X

Ini Keunggulan Ban Buatan Lokal, Mizzle MR X

Pabrikan ban motor nasional, Mizzle hadirkan produk baru untuk pengguna skutik. Kulit bundar anyar dari PT Banteng Pratama Rubber (BPR) tergolong jenis soft compound. Memiliki beberapa keunggulan karena dibuat dari material spesial. Tersedia dalam dua ukuran, 80/80-14 untuk depan dan 90/80-14 buat belakang.


Mizzle MR X tidak hanya diciptakan khusus bagi mereka yang suka balap, ban ini juga dapat digunakan harian. Keunggulan yang ditawarkan yaitu menghasilkan daya cengkram maksimal ke aspal. Riset yang mereka lakukan lebih kurang 9 bulan atau satu tahun hingga menjadi produk massal.


Dalam proses pengembangannya, beberapa pembalap terlibat dalam pengujian. Salah satunya Arie Ocktane yang menjajal ban Mizzle MR X di sirkuit Brigif Cimahi, Jawa Barat. “Ban ini sudah diuji di sirkuit dan hasilnya cukup memuaskan. Daya cengkeram ke aspal ketika motor melibas tikungan dan bermanuver cukup baik. Saat engine brake, traksi ban masih terasa mencengkram,” kata Freddy Yohannes, Head of Promotion PT BPR, Senin (6/7).


Baca Juga: Mizzle Rilis Ban Baru, Bisa Buat Balap dan Harian


Ban ini didesain dengan teknologi lapisan khusus untuk menghasilkan perfoma yang maksimal pada kondisi apapun. Kandungan dan komposisi bahan yang spesial juga membuat suhu ban tetap stabil, sehingga aman untuk pemakaian jangka panjang. Tampilannya pun cukup sporty, dan cocok dipakai ke semua skutik yang memiliki pelek berdiameter 14.


Kelebihan ban Mizzle MR X


Meski menggunakan jenis kompon lunak (Soft-Compound) dan sama dengan model MR01, ban ini mempunyai durability yang bagus. “Dengan karakteristik spesial tadi, buat pemakaian harian tidak perlu khawatir. Ia bisa bertahan 6 bulan hingga satu tahun, tergantung pemakaian. Jadi ketahanan dan keawetannya tak perlu diragukan,” jelas Freddy.


Keunggulan lainnya, selain pada jenis compound juga terletak pada segi profil dan konstruksi ban. Karena berprofil ‘donut’, menawarkan respons yang baik saat berubah posisi, biasanya saat menikung kanan dan kiri. Juga traksinya bisa membantu pengereman.


Secara spesifikasi, ia mampu menopang beban hingga 155 kg dan aman untuk dipakai hingga kecepatan 180 km/jam. Untuk dipakai harian, tekanan yang direkomendasi pabrik yakni 31 atau 32 psi. Standarisasi mutunya sudah mengantongi DOT, SNI, JIS dan E4. Dan bahan yang digunakan 100 persen pakai karet lokal.


Tidak seperti MR01, untuk MR X dibuat dengan ukuran sepasang. Tersedia 80/80 untuk depan dengan Harga Eceran Tertinggi-nya (HET) Rp 280 ribu dan 90/80 buat belakang dibanderol Rp 305 ribu. Untuk ketersedian ban ini, mulai beredar di pasaran pada 7 Juli 2020, dan saat ini tengah dilakukan proses distribusi. (Bgx/Odi)


Baca Juga: Suzuki GSX150 Bandit Buatan Indonesia Segera Beredar di Taiwan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store