jakarta-selatan

IIMS 2019: Alasan Kembali Absennya Yamaha

  • 29 Apr, 2019
  • 1553 Kali Dilihat

Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS), tak hanya menjadi ajang pamer produk merek otomotif Tanah Air. Event besar ini turut dimanfaatkan untuk mendorong penjualan kendaraan. Lantas mengapa Yamaha bersikukuh tak berpartisipasi?



Ya, pabrikan berlambang garputala itu sudah dua kali tak bergabung. Padahal pesaingnya seperti Honda, Kawasaki dan Suzuki tak pernah absen. Bahkan mereka habis-habisan menampilkan lini andalannya ke pengunjung. Selain itu, pada 2017 lalu, produsen motor asal Jepang ini pernah mendapatkan prestasi penjualan yang memuaskan saat mengikuti IIMS.


Menurut Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, masalah teknis seperti lokasi yang kurang strategis atau pameran lebih terfokus pada mobil bukan menjadi sebab. Pihaknya justru lebih memilih untuk menggarap kegiatan internal.


Ya, agen pemegang merek Yamaha di Indonesia, memang memiliki banyak aktivitas yang diinisiasi sendiri. Seperti Maxi Day yang merupakan pestanya para pengguna skutik Maxi. Acara ini berlangsung hingga 11 seri di beragam kota di Indonesia. Belum lagi balap Yamaha Cup Race, yang menyapa para pecinta kecepatan di banyak daerah. Ada pula Blue Core Yamaha Motor Show, yang dimanfaatkan untuk memperkenalkan seluruh produk, sekaligus menjadi pesta rakyat bagi masyarakat.


“Yamaha fokus dengan internal event. Ada Maxi Day kan seluruh Indonesia, terus Blue Core Yamaha Motor Show, itu pun ada aktivitas big-nya, regular-nya, ada mini-nya, itu kan seluruh Indonesia masif,” terangnya saat diwawancara di Cibinong, Minggu (28/04).


Meski begitu, ia tak menampik bakal kembali mengikuti Jakarta Fair atau yang biasa dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ). Acara ini seolah menjadi menu wajib yang harus diikuti. Tak aneh memang, di sini pabrikan kendaraan roda dua itu, berkali-kali meraih angka penjualan yang memuaskan. Lantaran pengunjung yang datang jumlahnya besar dan dari berbagai kalangan.


“Banyak sih, tidak hanya itu (IIMS). Ya paling dekatlah PRJ. Jadi kami fokusnya ke event internal dan PRJ,” tambahnya.


Lantas bagaimana dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, pesaing IIMS 2019? Pameran otomotif yang kembali diadakan pada Juli mendatang di ICE BSD, Tangerang ini tentunya cukup menggoda. Sayangnya Anton enggan untuk memberikan jawabannya.


“GIIAS lihat nantilah. Kan masih jauh, saya belum bisa ngomong,” tutupnya. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Masih Banyak Kendala, Yamaha Enggan Pasarkan Motor Listrik

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi