IIMS 2018: Tiga Belas Motor Baru, Meluncur Selama Pameran

IIMS 2018: Tiga Belas Motor Baru, Meluncur Selama Pameran

Terhitung tujuh brand motor yang meluncurkan 13 produk baru di IIMS 2018. Jenisnya bermacam-macam, dari skutik sampai motor gede. Harganya juga bervariasi ada yang belasan juta, bahkan lebih dari satu miliar.

Inilah tiga belas motor baru itu.

Suzuki

Suzuki NEX di IIMS 2018

Brand berlambang S meluncurkan dua motor anyar. Pertama, Nex II selaku skutik entry level yang siap menantang Honda Beat. Motor ini punya keistimewaan, sudah dilengkapi lampu depan LED dan USB charger. Ada pula pilihan warna bertema elegan, bodinya tanpa grafis. Sayang, Suzuki baru siap mengumumkan harga resminya bulan depan. Produk kedua, GSX-R150 dengan warna baru siap pada Jumat, 27 April 2018.

Honda

Ada dua produk teranyar Honda: PCX Hybrid dan Gold Wing. Keduanya berada di kelas berbeda, PCX Hybrid tampil sebagai skutik berteknologi modern yang menggabungkan mesin berbahan bakar minyak dan motor elektrik bertenaga baterai. Dijual dalam harga perkiraan, Rp 40 jutaan.

Satu produk lagi, Gold Wing, sang motor touring premium. Kuda besi ini dipasarkan Rp 1,01 miliar (OTR Jakarta). Fiturnya sangat banyak, mirip mobil. Sebutlah suspensi depan double wishbone, peranti hiburan Apple CarPlay dan bagasi yang sanggup menampung pakaian dua orang untuk menginap selama empat hari tiga malam.

BMW Motorrad

Brand motor mewah Jerman memunculkan satu produk baru, S1000R. Kuda besi bergaya naked sport ini, mendapat berbagai revisi dibanding model sebelumnya. Mulai dari performa mesin ditingkatkan, tampilan semakin kekar dan mode berkendara Dynamic Pro bagi penunggang yang ingin rasa berkendara sesuai preferensi pribadi. Harganya Rp 595 juta (off the road).

Husqvarna

Lebih banyak dikenal sebagai brand motor off-road, kini Husqvarna ganti haluan. Brand asal Austria justru meluncurkan tiga motor sekaligus bergaya kekinian: Vitpilen 701, Vitpilen 401 dan Svartpilen 401.

Vitpilen 701 yang bergaya cafe racer modern, dijual dalam harga kisaran Rp 220-250 juta (OTR Jakarta). Banderolnya tinggi karena dibekali mesin 692,7 cc. Sistem pengereman sudah mengaplikasikan cakram dari Brembo.

Sementara Vitpilen 401 juga tampilannya cafe racer dengan stang jepit. Hanya saja mesinnya lebih kecil, cuma 375 cc. Pengereman pakai ByBre. Svartpilen 401 menggendong jantung mekanis sama dengan Vitpilen 401. Bedanya dalam hal tampilan, Svartpilen 401 bertema scrambler. Stang tinggi dan ban semi off-road jadi ciri khas. Kedua motor ini dijual dengan harga kisaran yang sama Rp 150-170 juta (OTR Jakarta).

Kymco

Pabrikan roda dua asal Taiwan, Kymco tampilkan produk terbaiknya: AK550 dan Like 150i. Keduanya dilengkapi teknologi Noodoe yang mampu mengintegrasikan smartphone dengan panel instrumen.

AK500, skutik mewah spesialis touring yang siap menjadi saingan Yamaha Tmax DX. Motor ini dibekali mesin dua silinder berkapasitas 550 cc. Banderolnya sekitar Rp 300 jutaan. Sementara Like 150i memiliki tampilan klasik layaknya Vespa Primavera. Depot daya yang digendongnya 150 cc. Banderolnya Rp 38 jutaan.

Royal Enfield

Bukan motor gaya klasik yang dimunculkan Royal Enfield, tapi adventure. Namanya, Himalayan dengan penggunaan komponen khas windshield, pelek jari-jari dengan roda berukuran besar, pelindung mesin dan dudukan boks belakang. Himalayan dijual Rp 93 juta (OTR jakarta). Diklaim menyenangkan diajak berkendara di jalan onroad dan offroad untuk pemula sekalipun.

Triumph

Pabrikan motor Inggris, Triumph tampilkan dua produk gres sekaligus: Bonneville Bobber Black dan Street Triple RS. Bagi Anda yang suka tampian klasik namun sedikit nakal, Bobber Black sangat cocok jadi pilihan. Jok single seater, ban tebal dan bodi dibalut warna hitam secara keseluruhan jadi kekhasannya. Banderolnya Rp 475 juta (off the road).

Di sisi lain, Street Triple RS dimunculkan Triumph bagi pecinta kecepatan. Motor ini pakai mesin yang siap digunakan untuk kuda balap Moto2 tahun depan. Kapasitas jantung mekanisnya 765 cc berkonfigurasi tiga silinder segaris. Roadster anyar ini dipasarkan Rp 385 juta (off the road). (Lod/Odi)

Baca Juga: Dari Harley-Davidson Fat Bob Sampai Street 500