jakarta-selatan

Honda ADV150, Skutik Adventure Rp 30 Jutaan, Jawaban Kebutuhan Masyarakat Indonesia

  • 20 Jul, 2019
  • 1038 Kali Dilihat

Motor jenis skuter, bertransmisi otomatis, mesinnya kompak, bergaya adventure, dengan harga terjangkau. Itulah konsep dari ADV150 yang disajikan oleh PT Astra Honda Motor. Siapa sangka, ternyata pembangunan motor ini memang demi merespon kebutuhan masyarakat Indonesia.


Honda ADV 2019


Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM), Toshiyuki Inuma, menjabarkannya pada OTO.com. "Kami mulai mempelajarinya setelah meluncurkan PCX pertama kali dari Thailand. Saat pertama merilis di Indonesia, ternyata desain PCX saja tidak mampu memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat. Lalu, kami pun mendiskusikannya dengan panjang, hingga akhirnya terciptalah desain seperti ini," jelas Inuma, Kamis (18/7) di sela momen GIIAS 2019.


Kebutuhan masyarakat terbaca oleh AHM. Mereka ingin motor yang praktis digunakan sehari-hari. Punya daya jelajah yang lebih dari motor-motor kebanyakan. Punya desain yang keren dan disisipkan beragam fitur canggih.


Tak lupa, tentunya harga yang menarik. Untuk faktor ini, Honda tentu membaca kesuksesan Yamaha NMax. Motor yang dijual dengan harga sedikit lebih mahal dari skutik entry level, nyatanya sukses diserap pasar. Siapa sangka, angka psikologis pada harga Rp 30 jutaan, dianggap terjangkau.


Begitu AHM mulau memproduksi Honda PCX secara lokal, penetrasi skutik premium mereka pun jauh lebih baik dibanding saat masih diimpor dari Thailand. Harga PCX yang tadinya Rp 40 jutaan, bisa ditekan hingga di bawah Rp 30 jutaan. Honda pun makin niat menyajikan motor yang punya nilai lebih dibanding skutik elegan itu.


"Kami berdiskusi dengan Jepang, internal AHM. tim riset dan pengembangan Indonesia dan juga Thailand dan beberapa negara lain. Tentunya kami mengadakan survey konsumen dan ternyata konsep desain seperti ini cukup diterima oleh masyarakat," imbuh Inuma.


Setelah semua proses itu, prototipe pun dibuat. Basisnya diambil dari Honda PCX dengan penyesuaian di banyak aspek. Motor kemudian diuji, dan disiapkan proses produksinya di Sunter. "Riset kami lakukan di daerah lain juga, Thailand, Jepang dan banyak negara. Tapi riset utama dijalankan di Indonesia," jelasnya.


Semua proses ini tidak terendus sama sekali oleh awak media. Tak satupun masyarakat di lapangan yang menangkap lalu lalangnya ADV150 saat diuji. Lalu, tanpa basa-basi tiba-tiba Honda ADV150 meluncur di GIIAS 2019. Dijual dalam dua varian, harganya hanya Rp 33,5 juta (ISS-CBS) dan Rp 36,5 juta (ABS-CBS).


Proses distribusi pun langsung dimulai di hari peluncuran. Unitnya tiba ke diler dan konsumen di akhir Juli, atau awal Agustus. Segera, motor ini akan muncul di jalanan-jalanan, menjadi solusi bagi masyarakat yang sudah mengidamkan skutik bergaya adventure. (Van/Odi)


Baca Juga: Honda Monkey Resmi Dijual, Harganya Rp 65 Juta

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda ADV 150

Lihat video terbaru Honda ADV 150 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi