GIIAS 2018: Yamaha Segarkan Vixion dan Vixion R, Ini Ubahannya!

Gambar
Review Pengguna

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Yamaha tak menawarkan produk anyar. Meski begitu, mereka tetap menyegarkan unit naked bike mereka, All New Vixion.



Ubahan utama ada pada skema warna dan grafis yang dianut Vixion dan Vixion R. Pada Yamaha Vixion R, pilihan warna bodinya kini merah matte (doff), biru doff dan grey doff. Warna merah dan biru , jadi pilihan yang sudah ada sejak sebelumnya, sedangkan grey menggantikan kelir putih.


Grafis berupa decal yang menempel di shroud dan sisi bodi juga diperbaharui. Konon, menurut Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dalam siaran persnya, decal ini menyerupai huruf R. Skemanya memang lebih agresif yang sedikit menipu mata dan membuat kesan ada ubahan signifikan pada desain shroudnya.


Padahal, komponen ini tetap sama bentuknya dengan Vixion R pertama. Pada kaki-kaki belakang juga kelirnya diubah. Warna hitam yang sebelumnya digunakan diganti silver. Berkat warna tersebut, swing arm dengan bentuk melengkung khas banana arm, kini lebih kontras dan mudah terdeteksi.


Seri Vixion biasa juga mendapat penyegaran. Masih bermain dengan pilihan warna dan body stripe. Untuk Vixion bermesin 149 cc ini, grafis berupa stiker dilaburkan lebih banyak. Warna yang tersedia Metallic Black, Metallic Yellow serta Red Black.


Selain ubahan estetis, Yamaha tidak memberikan revisi untuk sektor teknisnya. Unit mesin 155 cc VVA masih tetap digunakan oleh Vixion R. Sedangkan Vixion tetap mengadopsi unit 149 cc LC4V. Transmisi manual 5-percepatan dengan fitur assist dan slipper clutch tetap jadi pengalir daya yang andal untuk presisinya perpindahan gigi serta kemudahan pengoperasian.


Di sisi fitur, juga tak ada pembenahan. Teknologi LED yang hemat daya sudah digunakan keduanya untuk pencahayaan di depan maupun belakang. Pun dengan peranti sein hazard. Layar full digital masih diandalkan sebagai panel indikator. Pada tipe R, ada gear shift light untuk mengetahui kapan waktu paling tepat memindahkan posisi transmisi. Demikian juga dengan indikator VVA. Kedua fitur terakhir ini tak ada pada Vixion biasa.


Yamaha tak menjabarkan adanya ubahan harga. Namun dari laman resmi mereka, kedua motor ini dihargai Rp 29,25 juta (Vixion R) dan Rp 26,25 juta (Vixion). Harga ini merupakan nominal untuk wilayah Jakarta. (Van/Odi)


Baca Juga: Test Ride Yamaha Vixion R

Jelajahi Yamaha Vixion R

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store