EICMA Siap Helat World Premiere Aprilia RS660

  • Aprilia concept RS660

Aprilia RS660 lakukan debutnya di EICMA 2019 Milan, Italia. Informasi itu didapat, saat pabrikan sepeda motor asal Italia mengunggah gambar siluet sportbike di media sosialnya. Dalam laman itu tertulis “Segera hadir, dengan hastag #EICMA2019 #RS660.

Aprilia

Tahun lalu, ia dikenalkan sebagai motor konsep. Kemunculannya  Sport bike Aprilia ini membuat fanatisnya semakin gempita. Di Eropa, mesin 600 cc cukup diminati, karena performa dan bobot yang tidak terlalu berat. Cukup untuk rider pemula yang ingin mengendarai moge, atau rider yang mau naik ke kelas sportbike.

Dari gambar yang beredar, konsepnya masih sama dengan bentuk purwarupa yang tahun lalu muncul. RS660 hadir dengan desain sporty dan juga kinerja mesin yang fun to ride. Artinya, motor itu diciptakan dengan desain bodi ramping, dengan kinerja mesin powerfull yang mudah dikendalikan. Ia juga dapat digunakan untuk harian hingga balap.

Sejak awal muncul, bentuk wajahnya masih mewarisi RS series, dengan ciri khas 3 sorot reflektor headlamp. Desain fairingnya dikombinasikan dengan winglet yang aerodinamis dengan teknologi termutakhir. Mereka menyebutnya Aprilia Active Aerodynamics (A3). Fungsinya untuk mengubah profil bagian depan fairing sesuai kebutuhan. Atau berapa banyak downforce yang diperlukan. Khususnya saat motor keluar tikungan dan ketika berada di straight. Semacam active wing kalau di mobil balap.

Menggunakan frame twin spar dan swingarm berbahan alumunium murni. Selain ringan, penggunaan rangka itu diklaim lebih rigid dan menyajikan handling yang baik. Suspensi belakang tidak pakai linkage, jadi monoshock langsung terpasang pada mounting di swingarm. Ini sengaja dilakukan Aprilia guna menghasilkan bobot motor yang lebih ringan, juga membuat motor jadi lebih ringkas. Suspensi depan maupun belakang pakai Ohlins, kaliper dan rem dari Brembo.

Aprilia

Upaya untuk meminimalkan bobot, pabrikan memilih untuk menggunakan serat karbon. Penggunaannya ada di seluruh bagian fairing. Tangki bahan bakar dibuat ramping, tapi membubung ke atas. Bagian ekor meruncing dan kecil, karena tidak ada jok untuk pembonceng. Subframe naik dengan sangat tajam, membuat bagian belakang terlihat kosong, namun tampak penuh di depan.

Bagian jantung pacunya diprediksi berkonfigurasi paralel twin-cylinder 660 cc. Mesin generasi baru ini sangat kompak dan bertenaga. Masih mewarisi DNA motor superbike dari mesin RSV4 1100 cc konfigurasi V4. Tenaganya disinyalir di atas 110 hp. Dipastikan sudah ada teknologi riding mode Aprilia Performance Ride Control (APRC), dan pengereman bersensor alias anti-lock braking system (ABS).

Harganya ditaksir mencapai $ 14.000 atau setara Rp 196 juta. Motor ini ditargetkan menjadi rival bagi Kawasaki ZX-6R, MV Agusta F3 dan Yamaha R6. (Bgx/Van)

Sumber: visordown, motorcyclenews

Baca Juga: Suzuki V-Strom 2020 Siap Ramaikan EICMA

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor