Dua Motor Baru Yamaha Bakal Segera Rilis, Diduga MT-07 dan MT-09

Dua Motor Baru Yamaha Bakal Segera Rilis, Diduga MT-07 dan MT-09

Melalui akun media sosial Instagram, Yamaha Indonesia melempar gambar penggoda yang erat kaitannya dengan produk baru mereka tahun ini. Sosoknya pun dimunculkan melalui video berdurasi 12 detik. Diduga merupakan lini dari naked bike, MT Series.

Dugaan diperkuat setelah sosok misterius tersebut muncul dalam tayangan. Dari perawakannya jelas ini bukan skutik, melainkan motor telanjang yang umumnya terdapat pada MT Series Yamaha. Tak cuma satu, pasalnya video ini juga menampilkan dua motor dengan wajah berbeda. Pada gambar pertama misalnya, Headlamp dengan pendaran lampu berwarna kuning itu, identik dengan kepunyaan Yamaha MT-07. Meski tidak ada detail lain, rasanya tak ada produk selain MT-07 yang punya wajah demikian.

[video width="640" height="640" mp4="https://imgcdnblog.carbay.com/wp-content/uploads/2020/08/27160810/Teaser-Yamaha-MT-07-dan-MT-09.mp4">[/video>

Adanya MT-07 pun bisa memberi peluang baru untuk pabrikan Garpu Tala, agar dapat mendulang keuntungan lebih banyak di segmen big bike. Jika benar adanya, MT-07 menjadi lini berkapasitas mesin paling kecil. Dan, lebih bersahabat pula penawaran harga dari Yamaha Indonesia nantinya. Satu alasan paling logis adalah karena PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sempat ditugasi Yamaha Jepang untuk memproduksi mesin Yamaha MT-07.

Berkaca dari penampilannya di negara lain, desain MT-07 2020 secara keseluruhan bak mengadopsi gaya MT-09 lama. DNA MT-Series tetap dipertahankan melalui usungan tubuh nan berotot. Terlihat jelas lewat penyajian airscoop untuk yang berlokasi tepat di samping cover tangki bensin. Lantas menjalar ke area buritan, tepatnya lewat penyajian jok model terpisah, pola lampu belakang hingga sepatbor.

Baca juga: Kenali Varian Yamaha FreeGo, Mana Paling Layak Beli?

Yamaha pun sudah memperbaiki kinerja pada sektor kaki-kaki. Disebutkan pihak pabrikan, suspensi depan sudah direvisi agar MT-07 baru punya handling lebih sporty. Pengembangan jua dilakukan terhadap peredam kejut belakang. Bahkan khusus monoshock jenis link ini, sudah ketambahan fitur pengatur rebound. Sedangkan di bagian roda, MT-07 menggunakan paduan ban 120/70-17 dan 180/55-17 (depan-belakang), dengan masing-masing kelengkapan cakram 282 mm dan 245 mm sebagai salah satu perangkat penghenti laju.

Sementara dari jantung mekanik, MT-07 menggendong mesin DOHC 2-silinder berkapasitas 689 cc. Tenaga serta torsi maksimal yang dihasilkan masing-masing adalah 73,7 Hp di putaran 9.000 rpm dan 68 Nm/6.500 rpm. Dilihat dari bore x stroke: 80 x 68,6 mm (overbore), dia tetap tangguh untuk 'disiksa' pada rpm tinggi. Berkat kubikasi demikian, otomatis MT-07 bermain seorang diri. Untuk informasi, Yamaha MT-07 2020 sekarang ini sudah dijual di Thailand. Pemegang merek di sana mematoknya 299,000 Baht atau setara Rp 138 jutaan. Warna yang dihadirkan meliputi: Ice Flue, Yamaha Blue dan Tech Black.

2019 Yamaha MT-07

Ada pula sosok lain dari video tersebut. Sorot tajam dari pendaran lampu LED itu benar-benar menyiratkan ciri dari Yamaha MT-09. Probabilitasnya pun sangat besar, mengingat model ini sudah dipasarkan Yamaha Indonesia beberapa tahun belakangan. Cocok sebagai pengganti versi 2015 yang sampai saat ini masih ada di etalase mereka.

Apalagi, MT-09 2020 alami cukup banyak penyegaran. Tampak pada desain lampu depan. Dibuat lebih minimalis, namun justru memperkuat karakter sangarnya. Ditambah lagi sematan empat buah lampu LED untuk sistem penerangan utama. Disebut pihak produsen, bentuk ini terinspirasi dari Yamaha MT-10, selaku pemilik strata paling atas naked bike Yamaha.

Baca juga: Tiga Opsi Bebek Paling Kencang yang Beredar di Pasaran

Sekilas tampak hanya itu saja perubahannya. Meski kalau ditilik lagi, ada pembeda yang tak kalah tegas. Utamanya kala melihat penempatan lampu sein. Bukan lagi bersanding mengapit lampu depan, melainkan sudah bersarang di area di sebelah radiator. Dan, di sekitar itu pula kini terdapat pelindung (cover) untuk sistem pendinginnya itu.

Teruntuk setang, masih tetap sama dan tinggi layaknya kemudi ala street fighter. Pun bentuk cover tangki bensin dan airscoop. Hanya ada sedikit ubahan, yakni decal bertuliskan MT-09 menjadi lebih kecil dari versi terdahulu. Perbedaan besar juga bisa dirasakan pada area buritan. Lampu belakang, khususnya sein tidak lagi terpisah (sebelumnya di sepatbor). Karena di MT-09 2020, sinyal itu sudah menyatu dengan bodi belakang, mendampingi lampu rem berjenis dioda.

Yamaha MT-09 in thailand

Warisan MT-09 lama masih dapat ditemui pada mesin. Jantung mekanik 3-silinder crossplane CP3 tetap menjadi andalan. Dengan kubikasi 847 cc, racikan diameter x langkah piston: 78,0 x 59,1 mm dan rasio kompresi 11.5:1, output yang sanggup dicapainya adalah 113,4 Hp/10.000 rpm dan 87,5 Nm/8.500 rpm. Ada juga cara lain untuk mengeksploitasi kemampuan naked bike ini. Yaitu dengan memanfaatkan penggunaan tiga mode berkendaranya (D-Mode). Selain mengatur otomatis keluaran daya dan torsi, penyesuaian level juga dilakoni oleh perangkat keselamatannya yakni Traction Control System (TCS) dan Antilock Braking System (ABS).

Selanjutnya, guna mendukung kinerja akselerasi sekaligus kinerja mesin, MT-09 turut pula dipasangi shifter ala Yamaha R1. Plus, ketambahan fitur assisted anti-dribble clutch (A&S), guna memberikan kestabilan ketika pengendara melakukan down shift secara cepat jelang tikungan. Apalagi, di model ini Yamaha sudah mengoptimalkan rancang bangunnya. Misal pada sasis dan center of gravitiy. Namun jangan lupakan pula kalau ia punya sokongan peredam kejut yang tak kalah mumpuni. Di depan terdapat fork USD, travel 137 mm dan berdiameter 41 mm. Sudah dilengkapi pengaturan compression. Sementara di belakang memakai suspensi monoshock dengan jarak main 130 mm.

Pembaruan serta bekalan MT-09 2020 ini pun sudah dirasakan pembeli asal Thailand. Opsi warna yang ditawarkan meliputi: Ice Fluo, Tech Black dan Yamaha Blue - tiga varian sekaligus kelir baru Yamaha MT-09. Motor ini dijual dengan harga Rp 399,000 Baht atau sekitar Rp 184 jutaan. Benarkah kedua motor ini yang hadir nanti? Kita tunggu! (Ano/Tom)

Sumber: IG Yamaha Indonesia

Baca juga: Dibanderol Rp 16 Jutaan, Ini Hal Menarik dari Yamaha Mio S 125

Model Motor Yamaha

  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha Aerox Connected
    Yamaha Aerox Connected
  • Yamaha Fazzio
    Yamaha Fazzio
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Xmax Connected
    Yamaha Xmax Connected
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
  • Yamaha Grand Filano Hybrid Connected
    Yamaha Grand Filano Hybrid Connected
  • Yamaha Vixion
    Yamaha Vixion
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
  • Yamaha E01
    Yamaha E01
  • Yamaha Mio M3 125
    Yamaha Mio M3 125
  • Yamaha FreeGo
    Yamaha FreeGo
  • Yamaha Jupiter Z1
    Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha MT-25
    Yamaha MT-25
  • Yamaha YZF R25
    Yamaha YZF R25
  • Yamaha Aerox Connected ABS
    Yamaha Aerox Connected ABS
  • Yamaha R15 Connected
    Yamaha R15 Connected
  • Yamaha MT-15
    Yamaha MT-15
  • Yamaha YZ250
    Yamaha YZ250
  • Yamaha Freego Connected
    Yamaha Freego Connected
  • Yamaha Fino 125
    Yamaha Fino 125
  • Yamaha Vixion R
    Yamaha Vixion R
  • Yamaha Nmax Connected
    Yamaha Nmax Connected
  • Yamaha XRide 125
    Yamaha XRide 125
  • Yamaha YZ125X
    Yamaha YZ125X
  • Yamaha Vega Force
    Yamaha Vega Force
Harga Motor Yamaha

GIIAS 2022

IIMS 2023

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Yamaha MT-09 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Yamaha MT-09

Tren Sport

  • Yang Akan Datang
Motor Sport Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha MT-09 dari Zigwheels

  • Motovaganza