Kapan Yamaha MT-09 2020 Masuk Indonesia?

Kapan Yamaha MT-09 2020 Masuk Indonesia?
Gambar
Review Pengguna

Yamaha MT-09 bukanlah barang baru di Tanah Air. Sudah cukup lama salah satu naked bike terbuas garpu tala ini, menghiasi etalase PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Namun semenjak peluncuran pada medio 2015, belum ada lagi kabar pemegang merek untuk mendatangkan MT-09 2020. Padahal, generasi anyarnya sudah disebar ke berbagai negara. Apakah mungkin mereka tetap mempertahankan versi lawas?

Tentu tidak. Meski tersegmentasi, nyatanya peminat 'moge' seperti MT-09 tetap ada. Jelas Yamaha Indonesia harus melakukan substitusi. Apalagi MT-09 2020 sudah alami penyegaran. Tampak pada desain lampu depan. Dibuat lebih minimalis, namun justru memperkuat karakter sangarnya. Ditambah lagi sematan empat buah lampu LED untuk sistem penerangan utama. Disebut pihak produsen, bentuk ini terinspirasi dari Yamaha MT-10, selaku pemilik strata paling atas naked bike Yamaha.

Sekilas tampak hanya itu saja perubahannya. Meski kalau ditilik lagi, ada pembeda yang tak kalah tegas. Utamanya kala melihat penempatan lampu sein. Bukan lagi bersanding mengapit lampu depan, melainkan sudah bersarang di area di sebelah radiator. Dan, di sekitar itu pula kini terdapat pelindung (cover) untuk sistem pendinginnya itu.

Yamaha MT-09 rear end

Teruntuk setang, masih tetap sama dan tinggi layaknya kemudi ala street fighter. Pun bentuk cover tangki bensin dan airscoop. Hanya ada sedikit ubahan, yakni decal bertuliskan MT-09 menjadi lebih kecil dari versi terdahulu. Perbedaan besar juga bisa dirasakan pada area buritan. Lampu belakang, khususnya sein tidak lagi terpisah (sebelumnya di sepatbor). Karena di MT-09 2020, sinyal itu sudah menyatu dengan bodi belakang, mendampingi lampu rem berjenis dioda.

Baca Juga: Bulan Ini, Yamaha WR 155 R Rilis di Thailand

Warisan MT-09 lama masih dapat ditemui pada mesin. Jantung mekanik 3-silinder crossplane CP3 tetap menjadi andalan. Dengan kubikasi 847 cc, racikan diameter x langkah piston: 78,0 x 59,1 mm dan rasio kompresi 11.5:1, output yang sanggup dicapainya adalah 113,4 Hp/10.000 rpm dan 87,5 Nm/8.500 rpm. Ada juga cara lain untuk mengeksploitasi kemampuan naked bike ini. Yaitu dengan memanfaatkan penggunaan tiga mode berkendaranya (D-Mode). Selain mengatur otomatis keluaran daya dan torsi, penyesuaian level juga dilakoni oleh perangkat keselamatannya yakni Traction Control System (TCS) dan Antilock Braking System (ABS).

Selanjutnya, guna mendukung kinerja akselerasi sekaligus kinerja mesin, MT-09 turut pula dipasangi shifter ala Yamaha R1. Plus, ketambahan fitur assisted anti-dribble clutch (A&S), guna memberikan kestabilan ketika pengendara melakukan down shift secara cepat jelang tikungan. Apalagi, di model ini Yamaha sudah mengoptimalkan rancang bangunnya. Misal pada sasis dan center of gravitiy. Namun jangan lupakan pula kalau ia punya sokongan peredam kejut yang tak kalah mumpuni. Di depan terdapat fork USD, travel 137 mm dan berdiameter 41 mm. Sudah dilengkapi pengaturan compression. Sementara di belakang memakai suspensi monoshock dengan jarak main 130 mm.

Yamaha MT-09 in thailand

Yamaha MT-09 di Thailand

Pembaruan serta bekalan MT-09 2020 ini pun sejatinya sudah dirasakan pembeli asal Thailand. Ya, versi paling anyar itu memang sudah diniagakan di negeri Gajah Putih. Tak ada satu pun bagian yang disunat. Termasuk pula soal warna: Ice Fluo, Tech Black dan Yamaha Blue. Tiga varian yan sekaligus menjadi kelir baru Yamaha MT-09, Motor ini dijual dengan harga Rp 399,000 Baht atau sekitar Rp 184 jutaan.

Baca Juga: Yamaha XSR300 dan Tracer 300 Rilis Tahun Depan?

Bagaimana dengan Indonesia? Informasi yang kami dapat menyebutkan, Yamaha MT-09 2020 dipastikan masuk ke Indonesia. Bahkan dalam waktu dekat ini, meski enggan menyebut tanggal pasti. Artinya tinggal tunggu saja, berapa banderol untuk pasar Indonesia kelak. Berkaca dari sebelumnya, YIMM mematok MT-09 sebesar Rp 250 juta. Pertama kali diluncurkan pada helatan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2015, dengan alasan agar motoris Indonesia dapat merasakan naked bike favorit garapan Yamaha.

Perlu diingat, ia bukan satu-satunya moge naked bike. Kawasaki Z900 menjadi pesaing terberat. Apalagi lawannya ini dipasok mesin DOHC 4-silinder segaris, bahkan kubikasi lebih besar (948 cc). Tenaga yang dihasilkan mencapai 123,29 Hp/9.500 rpm, dengan torsi maksimal 98,6 Nm/7.500 rpm. Z900 pun memiliki modal berupa fitur. Mulai dari Assist & Slipper Clutch (ASC) maupun sistem rem ABS. Satu yang menggugah, harga jual Z900 hanya 235 juta (OTR Jakarta). Atau berselisih Rp 15 juta dari MT-09.

Dari segi harga dan perbekalan, MT-09 punya daya saing jika diadu moge sekelasnya. Meskipun ia juga punya sedikit catatan minus. Di 2017, Yamaha Jepang selaku produsen mengumumkan penarikan kembali (recall) unit MT-09 dalam jumlah cukup banyak, yaitu 7.859 unit. Disebutkan mengalami masalah pada bagian setang karena tidak adanya cat anti longgar pada bagian bawah raiser. Jika dibiarkan maka berisiko mengikis raiser bagian atas, hingga berpotensi membuat perangkat tersebut tidak mengikat setang dengan sempurna dan berujung mengganggu pengendalian terhadap motor. Tentu itu adalah cerita lama dan semoga tidak terjadi lagi pada model baru ini. (Ano/Odi)

Baca Juga: Modifikasi Yamaha XSR 155 Edisi 60 Tahun, Cukup Beli Dua Part Ini saja

Jelajahi Yamaha MT-09

Yamaha MT-09 Rp 250 - Rp 325 Juta Cicilan : Rp 5,7 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store