• Wishlist

Lima Kelebihan Yamaha MT09 SP

Lima Kelebihan Yamaha MT09 SP

Akhirnya Yamaha MT09 SP versi produksi dijual di Jepang. Kuda besi ini dibanderol 1.112.400 JPY atau setara Rp 143 jutaan. Bila masuk Indonesia melalui jalur impor, tentu harganya lebih mahal lagi karena pajak.



Dengan embel-embel SP di belakang namanya, MT09 menjadi motor istimewa. Yamaha mengklaim performanya saat diajak berkendara semakin menyenangkan, meski dari sektor mesin tidak berubah. Masih mengandalkan konfigurasi tiga silinder segaris 845 cc DOHC, dengan torsi puncak 87 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 116 PS pada 10.000 rpm.


Lalu di mana letak perbedaannya? Ternyata ada lima komponen baru yang disematkan Yamaha, sehingga membedakan dengan MT09 versi standar. Simak bahasan berikut:


1. Suspensi Belakang Ohlins


suspensi ohlins


Yamaha sengaja memberikan monoshock jenis tabung dari Ohlins untuk motor sport 845 cc ini. Kelebihannya bisa diatur dengan sangat mudah sesuai preferensi pribadi. Tak butuh alat khusus, karena Ohlins menyediakan remote adjuster untuk menyesuaikan peredaman.


2. Suspensi Depan KYB


Pabrikan garputala mendatangkan suspensi upside down dari KYB di depan. Tujuannya tidak lain agar mampu menyeimbangkan Ohlins di belakang, serta meningkatkan kenyamanan berkendara di kondisi jalan yang beragam.


"Baik saat berada di kecepatan tinggi atau berkendara pelan, kemampuannya sangat baik untuk meredam gelombang di permukaan jalan. Bisa juga diatur sesuai keinginan," seperti dikutip dari rilis resmi Yamaha Motor Company, beberapa waktu lalu.


3. Panel Instrumen Negatif



Dengan warna hitam sebagai latar dan informasi ditampilkan dalam wujud putih, keterbacaan oleh pengendara semakin mudah. Yamaha juga mengklaim sosok negatif ini menambah kesan serius di MT09 SP.


Informasi mulai dari konsumsi bahan bakar rata-rata, trip meter, posisi gigi transmisi, putaran mesin, mode berkendara, kendali traksi dapat terlihat di sini. Tipe full LCD yang digunakan, juga meningkatkan aura modern.


4. Pewarnaan Mirip MT10 SP



Layaknya sang kakak, motor ini mendapat skema dwiwarna: hitam dan silver. Cat hitam membalut bagian tangki atas, sepatbor dan buntut. Sementara kelir silver berada di tangki tengah dan bawah jok.


Kesan mewah juga muncul lewat kemunculan aksen biru di tangki dan pelek. Tidak ketinggalan tulisan MT09 SP warna silver metallic yang bersinar kontras sebagai identitas. Di bagian pelek identitas juga dimunculkan.


5. Jok Spesial



Pola jahitannya dibuat ganda dengan warna biru agar kesan sportif lebih terlihat. Digabungkan dengan material jok yang nyaman dan bentuknya mampu menopang tubuh dengan baik, semakin meningkatkan kenyamanan berkendara bersama MT09 SP. (Lod/Odi)


Baca Juga: Naik Rp 2 jutaan, Yamaha XMax Tetap Dijual Via Online

Jelajahi Yamaha MT-09

Yamaha MT-09 Rp 250 - Rp 325 Juta Cicilan : Rp 5,7 Juta

Bandingkan & Rekomendasi