Bikin Ramai Pasar Motor Gaya Retro, Kawasaki Resmi Kenalkan Z650RS

Bikin Ramai Pasar Motor Gaya Retro, Kawasaki Resmi Kenalkan Z650RS

Setelah menggoda pecinta roda dua melalui teaser yang disebar pada Agustus 2021, Kawasaki akhirnya mengungkapkan Z650RS. Ia disebut sebagai Retrovolution atau evolusi motor retro. Bergabung dengan motor berpenampilan klasik lainnya, dia juga sekaligus melengkapi trio moge motor kelas menengah Kawasaki. Z650RS bakal tersedia di Eropa pada November 2021.

Tanpa ragu Kawasaki memastikan kalau 2022 adalah tahun “Retrovolution”. Z650RS diakui bakal menjadi pelopor moge kelas menengah berperawakan retro. Unit baru ini memiliki keunggulan unik. Khusus pada tampilannya, ia mendapat warisan dari keluarga Z yang sudah ada sejak 50 tahun silam. Desainnya pun didasari dari “son of Z1” Z650-B1 yang lahir pada 1977.

Z650RS baru mengambil semua isyarat retro yang diambil dari Z900RS. Memadukan kesan klasik ke dalam model naked bike yang mudah diakses. Secara dimensi ditargetkan untuk pengendara muda. Ukurannya 2.065 x 800 x 1.115 mm (PxLxT), wheelbase 1.405 mm, ground clearance 125 mm. Mengingat kesamaan antara Z650 dan Z650RS, tidak mengherankan kalau keduanya memiliki bobot yang hampir sama. 187kg untuk RS dan 188kg untuk Z650 reguler - lengkap dengan bahan bakar.

Kawasaki Z650RS

Hadir sebagai pendatang baru, ada perbedaan sedikit antara Z650RS dengan Z650 biasa. Utamanya pada bagian sasis. Menggunakan rangka dengan tipe teralis tubular baru. Memberikan respons ringan, gesit dan handling yang meyakinkan. Kemudian kapasitas tangki bahan bakar sedikit lebih rendah dari Z650. Pada Z650RS hanya membawa 12 liter. Sedang saudaranya 15 liter. Desain ramping juga memungkinkan kaki pengendara dengan mudah menapak tanah. Untuk versi Eropa memiliki tinggi jok 820 mm dengan opsi lowering kit menjadi 800 mm.

Baca juga: Kawasaki Vulcan S MY 2022 Punya Warna Baru, Pakai Gradasi Menarik

Kesan retro sangat kentara mulai dari desain headlamp hingga bagian buritan. Kian terpancar dari penggunaan LED bulat. Dan tidak ketinggalan lampu diode horizontal pada bagian tengah lampu utama, buat berikan kesan modern. Ia datang dengan model tangki teardrop yang sangat ikonik dan juga bodi bagian belakang minimalis.

Sementara panel meter berbentuk “artillery shell” dengan gaya analog ganda dan tetap menghadirkan layar digital di tengah. Sektor penampilan juga semakin menarik berkat mengadopsi pelek tipe multi spoke berwarna keemasan. Serta spion bulat dan sepatbor mungil di belakang.

Kawasaki Z650RS

Salah satu warna spesialnya membangkitkan banyak kenangan tentang Z650-B1. Cat dan grafisnya merupakan reproduksi hijau Kawasaki yang ikonik. Warna bagian ekor belakang kursi dan panel samping dibuat selaras untuk memberi penghormatan kepada seri Z yang lahir pada 1977. Bahkan jok dan pola jahitannya dirancang dengan cermat dan detail oleh stylist Kawasaki.

Selaras dengan jenis naked bike, pada bagain mesin benar-benar terekspos. Bersemayam jantung mekanis berkapasitas 649 cc dua silinder DOHC, 8 katup berpendingin cairan. Mesin yang sama dengan Z650 dan Ninja 650 saat ini. Racikan diameter dan langkah pistonnya pun serupa yakni 83 x 60 mm, dengan rasio kompresi 10,8:1.

Dapur pacu disetel untuk mendapat respons maksimal di putaran rendah dan menengah, ditambah karakteristik kinerja putaran tinggi yang menyegarkan. Mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 64 Nm di 6.700 rpm. Gearbox juga identik dengan Z650, dengan enam speed dan penggerak akhir rantai.

Kawasaki Z650RS

Spesifikasi untuk pengereman dan suspensi sebetulnya belum dikonfirmasi. Bisa diasumsikan Z650RS masih membawa beberapa komponen yang sama dengan saudaranya. Itu berarti peredam kejut mengandalkan garpu konvensional berdiamter 41 mm dan suspensi belakang backlink horizontal yang bekerja maksimal terhadap guncangan serta dapat disesuaikan untuk preloadnya.

Sedang sektor pengereman dilengkapi dengan cakram ganda pada bagian depan berdiameter 300 mm bergaya retro (bukan wave disc). Buat belakang cakram dengan diameter 200 mm dan semuanya sudah menggunakan sistem ABS dari Bosch. Kemudian untuk silencer knalpot tetap menggunakan underbelly exhaust layaknya Kawasaki Z650 2022.

Kawasaki Motors menghadirkan tiga varian warna. Buat cat andalan ada Candy Emerald Green yang muncul dengan hijau ikonik dan sentuhan emas pada bagian velg. Sisanya tersedia Metallic Spark Black yang serbahitam dengan dibubuhi striping khusus dan juga Metallic Moondust Gray/Ebony. Untuk harga Kawasaki Z650RS 2022 paling murah dijual sebesar 7.549 Pounds atau sekitar Rp 147,64 jutaan. Namun sejauh ini belum ada indikasi apakah ia diboyong ke Indonesia. (Bgx/Tom)

Sumber: Bennetts, Paultan

Baca juga: Kawasaki ER-6N Bekas, Moge Pilihan Buat Naik Kelas Seharga Motor Sport 250 cc

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor