Benelli TRK 800 Debut di EICMA 2021, Performanya Kalahkan Yamaha Tenere 700

Benelli TRK 800 Debut di EICMA 2021, Performanya Kalahkan Yamaha Tenere 700

Benelli baru saja memperluas jajaran keluarga TRK dengan memperkenalkan TRK 800 di EICMA 2021. Model anyar ini menawarkan mesin bergaya modern yang ditenagai oleh powerplant 754cc. Ia tergolong kuda besi adventure kelas menengah yang memiliki roda depan 19 inci dengan ban off-road yang tepat. Sepeda motor tualang andalan Benelli ini kemungkinan mulai mengaspal pada akhir 2022 atau awal 2023.

Kedatangan TRK 800 sebetulnya sudah diketahui sejak tahun lalu. Bermula saat akun resmi QJ Motor merilis video motor adventure sedang diuji pada trek tanah. Meski tak menyebut nama sama sekali, diduga kuat ialah TRK 800. Di lain sisi, kita juga tidak bisa melupakan TRK 702 yang pernah didaftarkan di Departemen Perhubungan Cina. Keduanya disinyalir bakal dihadirkan Benelli untuk pasar Eropa dan Tiongkok. Hanya saja TRK yang mengambil basis dari Leoncino 800 lebih dulu meluncur.

TRK 800

TRK 800 lahir di Benelli Style Center dan dikembangkan oleh departemen R&D House of the Leoncino di Pesaro, di mana kantor pusat dan jantung perusahaan berada. Menjaga nuansa keluarga dari jajaran TRK, model baru ini berbagi elemen gaya, seperti fascia agresif, spatbor depan dan lampu depan ganda berteknologi full LED dan lengkap dengan DRL.

Baca juga: Benelli TRK 702 Terungkap, Siap Bersaing dengan Yamaha Tenere 700 dan BMW F800GS

Ini tentu sebuah langkah maju dalam hal penampilan. Meski mesinnya lebih besar dari TRK 502, ia berhasil terlihat lebih ramping dan lebih seimbang. Bagian hidung seperti paruh yang menyatu dengan tangki bahan bakar 21 liter, memberikan beberapa asupan udara yang terintegrasi dengan baik di sepanjang jalan.

Mengingat bahwa Benelli dimiliki oleh perusahaan Qianjiang, TRK 800 diproduksi di China bersama dengan model yang lebih kecil. Jadi tidak mengherankan jika motor ini terkait erat dengan motor petualangan SRT750 dari QJMotor.

TRK 800

Sasis didasarkan pada rangka teralis tubular dengan pelat baja berkekuatan tinggi. Tampak identik dengan QJMotor dan Benelli Leoncino 800. Dirancang untuk menawarkan pengendaraan, penanganan dan kenyamanan yang lebih baik saat dibawa jalan jauh. Menurut Benelli, ergonominya telah dipertimbangkan dengan cermat hingga ke detail terkecil. Tujuannya untuk mengakomodir pengendara dan penumpang agar mendapat posisi berkendara yang nyaman dan intuitif.

Bermodalkan mesin 754cc dua silinder, empat langkah berpendingin cairan. Serupa dengan Leoncino 800. Tenaga yang dihasilkan 76,2 Hp (56 kW) yang mencapai puncak 8.500 rpm, dengan torsi 67 Nm (49,4 ft-lbs) pada 6.500 rpm. Mesin dikawinkan dengan gearbox 6-percepatan yang dipasangkan dengan kopling slip-and-assist. Sayangnya, tidak ada paket elektronik mewah dengan sepedanya. Meski begitu, dalam hal performa ia mampu mengalahkan Yamaha Tenere 700 yang tercatat punya output 72 Hp.

TRK 800

TRK 800 duduk di atas garpu terbalik Marzocchi berdiameter 50 mm, dengan rebound, kompresi, dan preload pegas yang dapat disesuaikan. Jarak mainnya cukup tinggi, yakni 6,7 inci (170 mm). Di bagian belakang, ia menggunakan lengan ayun aluminium dengan monoshock yang dapat disesuaikan untuk preload dan redaman rebound dengan wheel travel 6,7 inci (171mm).

Dalam hal pengereman, bagian depan disuplai oleh sistem pengereman Brembo yang menampilkan cakram ganda 320 mm dengan kaliper empat piston. Belakangnya cakram 260 mm dengan kaliper piston tunggal. Rodanya pakai pelek aluminium alloy depan 19 inci dan belakang 17 inci, masing-masing dipasangi ban off-road berukuran 110/80-19 dan 150/70-17.

TRK 800

Untuk perlindungan angin, TRK 800 dilengkapi dengan fairing besar, windscreen tinggi yang dapat disesuaikan dan pelindung tangan. Fasilitas lain yang menonjol ada kursi ramping dan luas, pegangan penumpang kokoh, dan stand tengah.

Tidak ada kabar detail mengenai fitur lainnya. Tapi yang bisa dipastikan kalau dirinya dilengkapi dasbor intuitif yang mudah digunakan, dengan layar TFT berwarna 7 inci beresolusi tinggi. Dan banyak yang berharap ia telah dipasangkan konektivitas dan navigasi Bluetooth.

TRK 800

Hal lain yang masih menjadi pertanyaan adalah harga. TRK 502 Benelli masih memimpin dalam grafik penjualan sepeda motor Italia tahun ini, bahkan mengungguli BMW R1250 GS yang biasanya dominan. Semua itu lantaran berkat harga yang menggoda. Jika Benelli dapat mencapai kombinasi biaya dan peralatan yang sama menariknya untuk TRK 800, kemungkinan ia bisa mendulang sukses seperti saudaranya. (Bgx/Tom)

Sumber: Bennetts, Zigwheels

Baca juga: GIIAS 2021: Keeway SCR250 Bermesin V-Twin Resmi Mengaspal, Harga Rp 57,3 Juta

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor