• Wishlist

Benarkah Kawasaki Rancang KLX 700?

Benarkah Kawasaki Rancang KLX 700?

Kawasaki dikabarkan sedang mengerjakan motor tualang 700 cc. Produk barunya itu diberi aksara KLX. Tidak seperti keluarga trail lain, konon ia menggunakan mesin dua silinder pararel. Seolah disiapkan untuk menantang Yamaha Tenere 700.


Motor Baru Kawasaki KLX 700


Sepeda motor jenis Adventure memang sedang laku di pasaran. Hampir semua pabrikan punya, khususnya yang berkubikasi besar. Namun, sejak memberhentikan KLR 650, pabrikan 'geng hijau’ tidak lagi punya model sejenis. Namun sebaran render ini menyiratkan bakal adanya penerus si KLR.


Jika dilihat dari gambar, sekilas bagian depannya mirip Versys 250. Ramping dan simple. Sesuai dengan konsep motor tualang, di atas lampu sudah terpasang windshield kecil. Bisa berfungsi sebagai pembelah angin dan juga melindungi dada sang rider dari kerikil. Ada pula hand guard untuk melindungi tangan pengendara. Lampu utama, shroud dan bahkan bagian tangki jua mirip dengan Versys 250.


Hal menarik lain, ada sajian dua motor dengan warna berbeda. Diprediksi pabrikan menyediakan varian untuk produknya tersebut. Terlihat kedua kuda besi punya tipe rangka berbeda. Bodi putih gunakan frame serupa Versys 650, sementara yang hijau pakai rangka KLX SE. Kendati begitu tampangnya indentik satu sama lain. Apalagi bila menyasar ke area jok, kental aura KLX. Ini pula yang menguatkan tebakan soal kelahiran KLX terbaru.


Soal ground clearance, sudah pasti tinggi. Apalagi dia menggunakan roda depan-belakang belang, dibalut ban bertipe dual purpose dengan pelek tipe ruji serta kelengkapan cakram. Tak lupa pula peredam kejut tipe upside down. Namun perbedaan rangka tadi membuat struktur suspensi belakang keduanya jadi beda.


Baca juga: Mau Cicil Yamaha NMax Connected ABS? Mulai Rp 800 Ribuan Perbulan


Ada kemungkinan, mesin yang digunakan mengambil basis dari Versys 650. Bila ditarik data kepunyaannya, jantung pacu 649 cc twin-silinder sanggup menghasilkan daya 69 Hp/8.500 rpm dan torsi 64 Nm/7.500 rpm. Jelas masih kalah bila ingin menduelkannya dengan Tenere 700. Motor berlambang garputala punya kesanggupan hingga 72 Hp. Tapi bisa saja Kawasaki menyetel ulang basis tadi agar lebih mumpuni.


Bagaimana dengan beratnya? Kalau mengambil dari Versys 650, ia bakal memiliki bobot 214 kg dan tangki bahan bakar 21 liter. Sementara kompetitornya Tenere 700 punya berat basah 204 kg dengan penampung BBM 16 liter. Agak sanksi bila Kawasaki menerapkan rangka serupa Versys. Jadi, untuk penggunaan offroad, Kawasaki harusnya memakai frame asal klannya (KLX series). Sehingga turunnya bobot menjadikan motor ini kompetitif. Tangki bahan bakar juga harusnya memiliki 20 liter. Dengan ukuran segitu, motor dapat menempuh jarak lebih dari 300 km.


Jika benar Kawasaki akan meluncurkan KLX 700, maka persaingan di segmen motor tualang kelas menengah makin menarik. Selain Tenere 700, ada pula Suzuki V-Strom 650 dan paling mahal ada KTM 790 Adventure serta BMW F 850 GS.


Meski belum ada informasi lebih mengenai data spesifikasinya, penampakan yang tersiar bisa menjadi salah satu strategi Kawasaki mempertahankan line-up jualannya. Apalagi kendaraan semacam dual-purpose akhir-akhir ini sedang digandrungi. Tentunya bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk bikers yang gemar bertualang. (Bgx/Ano)


Sumber: Omnimoto


Baca juga: Pemerintah Canangkan Aturan Konversi Motor Tua jadi Tenaga Listrik