jakarta-selatan
Bahasa en | id

BMW F 850 GS

Ubah Motor
Rp 559 Juta
Harga F 850 GS
Harga OFR di Jakarta Selatan
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat Promo
Spesifikasi F 850 GS
Kapasitas 853 cc
Tenaga Maksimal 95 hp
Opsi start Electric
Panel Instrumen Digital
Indikator Bbm Digital
Jenis Transmisi Manual

F 850 GS : Dari Para Ahli

Kelebihan F 850 GS
  • Desain gagah ala motor adventure
  • Peningkatan tenaga yang signifikan berkat desain ulang mesin
  • Punya rem ABS dan pengendali traksi sebagai fitur standar
Kekurangan F 850 GS
  • Terlalu banyak opsional, fitur standar jadi terlihat biasa
  • Risiko postur jangkung, jok tinggi untuk ukuran orang Asia

Daftar Harga F 850 GS

Varian Harga Spesifikasi  
Standard Rp 559 Juta*
Harga OFR
853 cc, 95 hp, Electric, Bensin
Punya pertanyaan tentang F 850 GS?

Tanyakan pada sesama pengguna F 850 GS atau tim ahli Oto kami

Informasi Personal*
+62 -
Klik gambar untuk memuat ulang
Login/Daftar
Hanya nama Anda yang akan ditampilkan. Email dan nomor HP tidak akan ditampilkan
Terima kasih telah bertanya pertanyaan
Pertanyaan Anda menjadi masukan yang berguna bagi kami

Jutaan orang akan sangat terbantu memilih motor berkat kontribusi Anda

Cinta dengan kendaraan Anda? Ceritakan kisahnya kepada dunia

Review Anda akan membantu pembeli lainnya menentukan pilihan!

Tulis Review

Harga BMW F 850 GS di Kota Populer

Gambar BMW F 850 GS

Mau beli F 850 GS cash?
Harga Cash Promo Rp 559 Juta

Video BMW F 850 GS

Lihat video terbaru BMW F 850 GS untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Bandingkan BMW F 850 GS Dengan Motor Sejenis

Review F 850 GS

  • Overview
  • Fitur
  • Desain
  • Pengendalian & Pengendaraan
  • Mesin & Konsumsi BBM

Overview

BMW F850GS, motor adventure menengah yang berhadapan langsung dengan Triumph Tiger dan Honda Africa Twin. Motor ini menggantikan F800GS, muncul menjelang akhir 2018 lalu.

Sebagai motor baru, tentu ada beragam peningkatan yang dilakukan. Mulai dari kapasitas mesin, kinerja suspensi, hingga pilihan fitur. Mesinnya dibuat oleh Loncin di Cina, dirakit di Jerman. Rangka model bridge frame dengan material baja, menggantikan bentuk teralis. Ini memungkinkan mesin duduk lebih tinggi dari sebelumnya, menghasilkan ground clearance hingga 248 mm. Tapi patut diperhatikan, BMW meminimalisir penggunaan alumunium. Alasannya, motor ini banyak berhadapan dengan medan berat, perlu material yang sanggup untuk mengimbanginya.

Tingginya motor juga didukung suspensi upside down di depan dengan diameter 43 mm. Anehnya, BMW malah menurunkan jarak main suspensi depan menjadi 203 mm, dari sebelumnya 231 mm. Sementara monoshock di belakang punya travel 218 mm. BMW memberikan opsi peredaman yang canggih melalui paket Premium Package, di dalamnya memiliki sederet pengaturan kekerasan yang bisa membaca kondisi berkendara.

Mesinnya tidak mengandalkan konfigurasi silinder tidur (boxer), tapi tegak. Jumlah silinder ada dua, dengan kapasitas 853 cc. Tenaganya mencapai 96 ps dengan torsi puncak 85,4 Nm. Transmisi manual 6-speed jadi pengantar daya ke roda belakang dengan memanfaatkan rantai, bukan as kopel seperti biasa BMW.

Fitur

BMW memberi banyak fitur di motor ini. Sayangnya, sebagian besar opsional. Contohnya, layar informasi TFT berukuran 6,5 inci. Layar ini juga bisa tersambung dengan handphone untuk berbagai hal, termasuk menghubungi layanan darurat melalui fitur eCall.

Fitur bantu berkendara standar termasuk ABS dan ASC, serta mode berkendara Rain (hujan) atau Road. Nah, opsionalnya, ada tambahan mode Dynamic, Enduro, Enduro Pro untuk mode peredaman (dijelaskan di bawah). Itu belum termasuk Dynamic Traction Control (DTC) yang menjaga agar motor tidak selip.

Desain

Seperti layaknya motor tualang, F850GS punya postur tinggi. Jarak jok ke tanah, dalam kondisi suspensi standar 861 mm. Tapi kalau merasa terlalu tinggi, ada opsi suspensi dan jok yang lebih rendah, membuat jarak tadi berkurang jadi 851 mm saja. Tangki BBM lebih besar dari sebelumnya, dengan kapasitas 23 liter, yang posisinya kini lebih tinggi.

Tampilan lampu depannya mencirikan motor adventure dengan bentuk asimetris. Jujur saja, kami tidak mengerti kenapa motor seperti ini bentuk lampunya harus aneh begitu. Bukan cuma F850GS, coba lihat Honda Africa Twin.

Tampilan ‘siap tempur’ didukung crash bar, stang lebar dengan imbuhan hand guard. Windshield yang lebih besar bisa diatur posisinya, tidak lupa dudukan kaki yang lebar. Selain itu, untuk mendukung kenyamanan, diberikan juga tuas rem dan pemindah gigi yang bisa diatur posisinya. Sebagai standar, ban jalanan aspal yang terpasang. Tentunya, untuk medan berat sangat disarankan menggunakan ban off road.

Secara selera, mungkin tampilan F800GS lebih menarik dengan terakis yang dibiarkan terlihat. Tapi F850GS terlihat lebih modern dan rapi. Yang disayangkan, perubahan tata letak khas BMW terlihat absen, menjadikannya seperti motor kebanyakan. Ini berkaitan dengan posisi knalpot dan rantai motor. Pada F800 GS, posisi knalpot ada di sebelah kiri dan rantai (atau kopel) di kanan. Kini kebalikannya. Bukan masalah memang, hanya saja seperti ada yang hilang.

Pengendalian & Pengendaraan

Beberapa hal yang patut dijadikan sorotan, BMW mengubah banyak hal untuk meningkatkan kualitas pengendaraan. Salah satunya mengoptimalkan geometri suspensi agar kualitas peredaman dan kestabilan meningkat.

Di bagian ini juga sama. Banyak fitur opsionalnya. Mulai dari pilihan shock belakang yang lebih pendek dan juga sistem pengaturan kekerasan elektrik bernama ESA (Electronic Suspension Adjusment).

ESA memiliki mode Dynamic, Enduro, Enduro Pro yang terkoneksi dengan rem ABS, ASC dan DTC. Tergantung bagaimana medan yang dilalui dan bagaimana motor diperlakukan, sensornya bisa membuat suspensi lebih keras atau lembut, sesuai kondisi saat itu. Canggih, ya?

Mesin & Konsumsi BBM

Mesin 2-silinder paralel mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jeroan mesinnya berubah banyak. Salah satu yang menonjol, perubahan geometri kruk as dan penggunaan balancer yang lebih presisi di ujungnya. Manfaatnya, selain tenaga bertambah, getaran mesin berkurang secara signifikan.

Hasil penyegaran mesin ini menghasilkan tenaga 95 ps (naik 5 ps dari F800GS) pada putaran 8.250 rpm dengan torsi tertinggi 92 Nm pada 6.250 rpm. Transmisi 6-speed dengan kopling basah jadi penyalur tenaga ke roda belakang. Fitur opsionalnya, ada Shift Assistant Pro, yang memungkinkan proses pindah gigi tanpa perlu menarik handle kopling.

Pertanyaan seputar BMW F 850 GS

  • Apa saja fitur keselamatan yang ada pada BMW F 850 GS?

    Fitur keselamatan BMW F 850 GS

    Feature Value
    ABS Ya
    Dimmer Switch Ya
    Reflektor samping Ya
    Wheel lock depan/belakang Tidak
    Penutup lubang kunci Tidak
    Fitur keselamatan DTC Pro, Dynamic ESA, Anti-Hoping Clutch and Shift Assist Pro
    Mode Berkendara Rain, Road, Dynamic, Enduro, Enduro Pro
    Stability Control Ya
    Engine Check Warning Ya
    Sandaran kursi Tidak
    Leg Guards Tidak
  • Apakah BMW F 850 GS tersedia dalam opsi mesin Elektrik?
  • Varian BMW F 850 GS mana yang paling tinggi?

Dealer BMW Terdekat

Dealer BMW di Kota Populer

Berita BMW F 850 GS

Bocor Sosok BMW F850GS Adventure, Lebih Nyaman Untuk Perjalanan Jauh!
Bocor Sosok BMW F850GS Adventure, Lebih Nyaman Untuk Perjalanan Jauh!

BMW Motorrad bersiap meluncurkan varian anyar yang lebih nyaman diajak perjalanan jauh. Motor tersebut bernama F850GS Adventure. Embel-embel adventure di...

Motor BMW Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
Dapatkan penawaran pertukaran terbaik di mobil Anda
Tolong beri tahu kami tentang mobil Anda di bawah ini dan kami akan menghubungkan Anda dengan mitra dealer kami.
Hanya 1 langkah dari penawaran terbaik. Harap masukkan detail kontak Anda
+62 -
Hampir Selesai

Mohon masukkan kode OTP 4 digit yang dikirim ke nomor Whatsapp/SMS Anda

Terima kasih